Langsung Minum Teh atau Kopi
pexels/Mareefe
Health

Sesaat setelah makan merupakan waktu krusial tubuh untuk mencerna makanan. Karena itulah, Asep Supriatna menguak beberapa kebiasaan yang wajib dihindari dilakukan setelah makan. Apa saja?

WowKeren - Kebiasaan yang wajib dihindari dilakukan setelah makan selanjutnya adalah minum teh dan kopi. Sama seperti kebiasaan lainnya, minum kopi atau teh setelah makan dapat mengganggu proses penyerapan makanan. Karena itulah, seseorang sebaiknya memberi jeda waktu jika ingin minum teh atau kopi setelah makan. Meski demikian, Asep mengaku masih sering "kecolongan". Hal ini disebabkan karena kebiasaan minum teh atau kopi rupanya sudah mendarah daging di tengah masyarakat.

"Ini yang sering kita jumpai, yaitu minum teh atau kopi setelah makan. Meluruskan saja, kenapa tidak boleh? Menurut penelitian, saya lihat di beberapa sumber, di dalam teh itu ada zat yang asam banget. Jadi, ketika kita minum teh setelah makan, nantinya akan mengganggu proses pencernaan, penyerapan protein dan zat besi di dalam tubuh," jelas Asep.

Dibandingkan teh atau kopi, Asep lebih menganjurkan seseorang untuk minum air putih, terlebih seseorang yang tengah menjalankan diet. Dalam program diet, mencukupi kebutuhan air putih dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Meski demikian, tetap selalu perhatikan porsinya agar tidak terlalu berlebihan.

"(Kebiasaan lain juga) kadang habis makan langsung minum banyak, itu juga enggak boleh. Apalagi saat program diet, mentang-mentang disuruh minum banyak, habis makan terus minum yang terlalu banyak," lanjut Asep. "Ada yang menyampaikan bahwa konsumsi air terlalu banyak menyebabkan enzim-enzim pencernaan bekerja tidak maksimal. Jadi, sebetulnya minum air boleh tapi sewajarnya, jangan sampai berlebihan, apalagi setelah makan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru