Langsung Tidur Setelah Makan
Instagram/asepfitcoach_
Health

Sesaat setelah makan merupakan waktu krusial tubuh untuk mencerna makanan. Karena itulah, Asep Supriatna menguak beberapa kebiasaan yang wajib dihindari dilakukan setelah makan. Apa saja?

WowKeren - Tak hanya mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, langsung memutuskan untuk tidur setelah makan juga merupakan kebiasaan yang harus dihindari. Hal ini disebabkan karena posisi terlentang setelah makan dapat membuat makanan naik dan kembali ke kerongkongan. Akibatnya, asam lambung akan meningkat sehingga menyebabkan sendawa, mual hingga mulas.

"Selanjutnya, kebiasaan yang tidak boleh kita lakukan setelah makan adalah tidur. Sama seperti merokok dan mandi, proses pencernaan bisa terganggu. Dalam keadaan terlentang, makanan yang seharusnya bisa dialirkan sempurna sampai ke usus, balik lagi. Karena itu, jangan heran kalau habis makan dan langsung tidur jadi sering mulas, sendawa, atau asam lambungnya tinggi," terang Asep. "Kedua, itu sangat berhubungan erat sekali dengan proses penurunan berat badan, bisa menyebabkan obesitas."

Asep juga menyebut bahwa langsung tidur setelah makan dapat berpotensi meningkatkan risiko obesitas. Terlebih, apabila seseorang memiliki kebiasaan yang dianggap sepele seperti makan makanan tinggi gula dan lemak. Karena itulah, hindari konsumsi makanan tinggi gula pada malam hari agar tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Sebaiknya, beri jeda waktu sekitar 2-3 jam jika ingin tidur setelah makan.

Agar tak berlebihan saat makan, Asep juga mengingatkan agar seseorang tak melonggarkan ikat pinggang setelah makan. Pasalnya, hal tersebut akan membuat keinginan untuk menambah makanan semakin besar. Jika keinginan tersebut terus diikuti, maka seseorang jadi lebih susah untuk menurunkan berat badan.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel