Jenazah Ratu Elizabeth II Akan Disemayamkan di Holyroodhouse, Begini Proses Pemakaman
AFP/John MacDougall
Dunia

Ratu Elizabeth II meninggal dunia setelah memimpin takhta selama 70 tahun. Ratu Elizabeth II meninggal di Balmoral, Skotlandia, setelah kondisinya sempat memburuk.

WowKeren - Dunia saat ini tengah berduka. Dunia kehilangan sosok pemimpin Kerajaan Inggris yang dikenal sebagai pribadi yang hangat. Ratu Elizabeth II diketahui telah meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, setelah memimpin takhta selama 70 tahun.

Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II di Skotlandia, maka Operasi Unicorn juga mulai berlaku. Di samping itu, Parlemen Skotlandia ditangguhkan dan jenazahnya diketahui akan disemayamkan di Holyroodhouse, yakni Istana Kerajaan di Edinburgh.

Nantinya, jenazah Ratu Elizabeth II kemudian akan dibawa ke Katedral St Giles di Royal Mile sebelum naik Kereta Kerajaan dan melakukan perjalanan ke London. Selain itu, pada pukul 10 pagi satu hari setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, anggota Dewan Penasehat akan mengumumkan Pangeran Charles sebagai Raja baru.

Hal tersebut juga akan mencakup Perdana Menteri. Sementara parlemen diketahui juga akan menyetujui pesan belasungkawa dan kemudian tugas akan ditangguhkan selama 10 hari.


Adapun proses umum yang akan digelar setelah Ratu Elizabeth II meninggal adalah empat hari setelahnya, peti mati Ratu akan dibawa pada prosesi militer dari Istana Buckingham ke Westminster Hall.

Acara tersebut nantinya akan diikuti oleh anggota Keluarga Kerajaan seperti halnya yang terjadi pada Putri Diana 25 tahun silam. Dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II nantinya diketahui akan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury dalam kebaktian singkat.

Selanjutnya, jenazah Ratu Elizabeth II akan berbaring selama 10 hari, yang mana artinya masa berkabung akan berlangsung selama 10 hari. Lalu Westminster Hall akan dibuka untuk umum.

Meninggalnya Ratu Elizabeth II ini disebut memicu "kaskade panggilan" segera. Di mana, Sekretaris Kabinet, Simon Case menyampaikan kepada Perdana Menteri Baru Inggris Liz Truss, sebelum kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II diumumkan kepada publik melalui pernyataan dari Istana Buckingham.

Setelah kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II diumumkan, bendera di Whitehall pun diturunkan menjadi setengah tiang dalam beberapa menit. Kemudian ribuan masyarakat di seluruh London berbondong-bondong datang ke Istana Buckingham, dengan membawa dan meletakkan bunga, serta meninggalkan pesan belasungkawa.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru