Sehidup Semati, Ini Perjalanan Cinta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Selama 7 Dekade
Instagram/theroyalfamily
Dunia

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip hidup harmonis. Di mata Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip adalah sumber kekuatannya sehingga dia bisa bertahan selama itu.

WowKeren - Salah satu sosok pemimpin besar dunia, Ratu Elizabeth II telah berpulang. Penguasa Inggris Raya tersebut mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9) di Balmoral, Skotlandia. Sebelum kepergiannya, Ratu Elizabeth II diketahui memang telah berjuang dengan masalah kesehatannya yang belakangan menjadi sorotan.

Ratu Elizabeth II merupakan penguasa Inggris yang paling lama berkuasa yakni selama 70 tahun. Di sampingnya, ada Pangeran Philip yang setia menemani dan mendukungnya di setiap kesempatan. Namun sayangnya, Pangeran Philip telah lebih dulu berpulang pada April 2021 lalu.

Hal itu menyebabkan Ratu Elizabeth II dirundung kesedihan. Meski begitu, Ratu Elizabeth II tetap berusaha menjalankan tugas-tugas negara meski tanpa kehadiran sang suami di sisinya. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip sendiri telah menikah selama tujuh dekade. Keduanya terus mempertahankan kehidupan pernikahan hingga ajal memisahkan mereka.


Keduanya hidup harmonis, dengan Ratu Elizabeth II sendiri kerap memuji sang suami di beberapa kesempatan. Di mata Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip adalah sumber kekuatannya sehingga dia bisa bertahan selama itu.

Dalam sejarah Keluarga Kerajaan Inggris sendiri, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip adalah pasangan terlama. Cinta mereka yang kuat satu sama lain telah berhasil melalui ujian waktu demi waktu. Keduanya disebut-sebut memiliki ikatan yang sangat erat sehingga mampu memberikan dukungan satu sama lain.

Kehidupan cinta mereka juga kerap menjadi sorotan publik, bukan karena hal negatif namun untuk dipuji. Oleh sebab itu, melalui artikel ini tim WowKeren ingin mengajak para pembaca untuk mengetahui lebih dalam perjalanan cinta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip selama tujuh dekade. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Pertama Kali Bertemu pada Tahun 1934


Pertama Kali Bertemu pada Tahun 1934
Instagram/theroyalfamily

Perjalanan panjang kehidupan romansa Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip dimulai pada tahun 1934. Itu adalah saat pertama kali mereka bertemu. Keduanya adalah sepupu jauh dan sama-sama cicit dari Ratu Victoria. Mereka bertemu untuk pertama kalinya di pernikahan sepupu Pangeran Philip, Putri Marina dari Yunani dan Denmark dengan paman Elizabeth, Pangeran George, Duke of Kent. Pada saat itu, Elizabeth berusia 8 tahun.

Keduanya bertemu kembali pada tahun 1939 ketika Ratu Elizabeth II berusia 13 tahun dan Pangeran Philip berusia 18 tahun, saat keluarga ratu berkunjung ke Royal Naval College. Dari sinilah cinta pada pandangan pertama muncul. "Dia (Ratu Elizabeth II) tidak pernah mengalihkan pandangan darinya," kata Pengasuh sang ratu pada saat itu, Marion Crawford.

2. Bertunangan 8 Tahun Kemudian


Bertunangan 8 Tahun Kemudian
Instagram/theroyalfamily

Pada 9 Juli 1947, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip mengumumkan pertunangan mereka. Pangeran Philip telah melamar Ratu Elizabeth II pada musim panas sebelumnya. Ayah Elizabeth II, King George VI pun menyetujui proposal itu dengan syarat bahwa pertunangan akan diumumkan setelah ulang tahun Elizabeth yang ke-21.

Meski pada umumnya pernikahan keluarga kerajaan diatur dalam perjodohan, namun pertunangan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip dari Yunani adalah atas dasar pilihan masing-masing. Pilihan itu pun terbukti tepat dengan kehidupan pernikahan yang langgeng hingga kematian memisahkan mereka.

3. Menikah pada Tahun 1947


Menikah pada Tahun 1947
Instagram/theroyalfamily

Di tahun yang sama, sebuah kabar gembira datang bagi warga Inggris Raya. Pasangan kerajaan itu saling mengikat janji suci di Westminster Abbey pada 20 November 1947. Pernikahan itu berlangsung pasca perang, sekaligus merupakan acara besar pertama setelah Perang Dunia II.

Oleh sebab itu, sang raja bersikeras untuk menggelar pesta pernikahan yang sederhana. Pesta pernikahan hanya digelar dengan mengundang 150 orang tamu. Upacara itu kemudian diikuti dengan makan siang di Istana Buckingham. Setelah menikah, mereka berbulan madu di tanah kerajaan Skotlandia Balmoral.

4. Pangeran Charles, Putra Pertama Lahir Setahun Kemudian


Pangeran Charles, Putra Pertama Lahir Setahun Kemudian
Instagram/theroyalfamily

Setahun setelah pernikahan, kebahagiaan mereka disempurnakan dengan kelahiran putra pertama, Pangeran Charles. Charles Philip Arthur George lahir pada 14 November 1948, tepat sebelum keduanya merayakan ulang tahun pernikahan mereka. Tak sampai dua tahun kemudian, pasangan itu menyambut kelahiran anak kedua mereka, Putri Anne.

Anne Elizabeth Alice Louise lahir pada 15 Agustus 1950. Selama kehidupan pernikahan mereka, pasangan ini telah dikaruniai empat orang anak. Andrew Albert Christian Edward lahir pada 19 Februari 1960 dan putra ketiga sekaligus anak terakhir mereka, Edward Antony Richard Louis, lahir pada 10 Maret 1964.

5. Elizabeth II Dinobatkan Jadi Ratu Setelah King George VI Meninggal


Elizabeth II Dinobatkan Jadi Ratu Setelah King George VI Meninggal
Instagram/theroyalfamily

Setelah King George VI meninggal dalam tidurnya pada 6 Februari 1952, Ratu Elizabeth II yang merupakan pewaris takhta Inggris diangkat menjadi ratu. Kabar duka tersebut datang ketika dia dan Pangeran Philip tengah berkunjung ke Kenya. Ratu Elizabeth II segera kembali ke London dan dinyatakan sebagai Ratu dan Kepala Persemakmuran dan Pembela Iman.

Penobatan Ratu Elizabeth II digelar pada 2 Juni 1953, yang disaksikan oleh lebih dari 8.000 tamu di Westminster Abbey dan 20 juta orang yang menonton di seluruh dunia. Saat dinobatkan, Ratu Elizabeth II baru berusia 25 tahun. Selama penobatan berlangsung, Pangeran Philip berlutut untuk bersumpah menjadi pendamping seumur hidup Elizabeth II.

6. Berbahagia Menyambut Cucu Pertama dari Putri Anne


Berbahagia Menyambut Cucu Pertama dari Putri Anne
Instagram/theroyalfamily

Pada 15 November 1977, pasangan itu kembali berbahagia dengan kelahiran cucu pertama mereka. Putri Anne dan suaminya, Mark Phillips, menyambut putra pertama mereka, Peter Mark Andrew Phillips. Putri Anne menolak tawaran Ratu Elizabeth II untuk memberikan gelar kerajaan pada anak-anaknya sehingga Peter tidak mendapatkan gelar semacam itu.

Langkah itu diambil Annie dengan harapan bisa memberi anak-anaknya kehidupan normal. Sementara itu, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip sendiri telah memiliki 12 orang cucu, termasuk Pangeran William, Pangeran Harry, Putri Beatrice, dan Putri Eugenie.

7. Merayakan Golden Anniversary di Tahun 1997


Merayakan Golden Anniversary di Tahun 1997
Instagram/theroyalfamily

Kehidupan pernikahan mereka berjalan langgeng dan harmonis. Hingga pada tahun 1997, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip merayakan 50 tahun pernikahan mereka. Perayaan itu dilakukan dengan acara makan siang di Banqueting House di London. Ratu Elizabeth II memuji suaminya yang senantiasa memberikan dukungan.

Dalam kesempatan itu, Pangeran Philip juga sempat berpidato mengenai pentingnya toleransi dalam sebuah pernikahan. "Saya pikir pelajaran utama yang telah kita pelajari adalah bahwa toleransi adalah salah satu unsur penting dalam setiap pernikahan yang bahagia. Ratu memiliki kualitas toleransi yang berlimpah," ujarnya memuji sang istri.

8. Elizabeth II Memuji Philip di Peringatan Golden Jubilee 2002


Elizabeth II Memuji Philip di Peringatan Golden Jubilee 2002
Instagram/theroyalfamily

Seiring berjalannya waktu, tak terasa Ratu Elizabeth II telah berkuasa selama 50 tahun di Kerajaan Inggris. Pada tahun 2002, sang ratu merayakan ulang tahun yang ke-50 penobatannya sebagai penguasa Inggris Raya. Tampaknya, sang Ratu memang suka memuji sang suami. Dalam pidatonya di perayaan tersebut, dia kembali mengungkap kontribusi Pangeran Philip.

Di matanya, Duke of Edinburgh adalah sosok yang menjadi sumber kekuatannya. "Duke of Edinburgh telah memberikan kontribusi yang tak ternilai bagi hidup saya selama lima puluh tahun terakhir ini, dan dia telah terlibat dengan begitu banyak badan amal dan organisasi," ungkapnya.

9. Merayakan 70 Tahun Pernikahan pada 2017


Merayakan 70 Tahun Pernikahan pada 2017
Twitter/RoyalFamily

Tujuh puluh tahun telah berlalu sejak pertama kali mereka mengikat janji suci pernikahan pada tahun 1947 silam. Pada tahun 2017, keduanya merayakan pernikahan mereka yang ke-70 tahun. Untuk memperingati momen spesial tersebut, Kerajaan Inggris merilis foto baru dari pasangan itu secara publik.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menjadi satu-satunya pasangan kerajaan dalam sejarah Inggris yang pernah mencapai ulang tahun pernikahan platinum. Adapun perayaan pernikahan platinum ini terjadi hanya beberapa bulan setelah Pangeran Philip resign dari tugas Kerajaan. Tugas Kerajaan terakhirnya adalah pada 2 Agustus 2017 ketika menghadiri parade Istana Buckingham untuk menghormati Marinir Kerajaan.

10. Pangeran Philip Meninggal di Usia 99 Tahun


Pangeran Philip Meninggal di Usia 99 Tahun
Instagram/theroyalfamily

Pada 9 April 2021, seluruh Kerajaan Inggris berduka dengan kabar kematian Duke of Edinburgh. Suami Ratu Elizabeth II meninggal di usia 99 tahun di Windsor Castle. Peristiwa ini sangat menjadi pukulan bagi Ratu Elizabeth II. Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Pangeran Philip sempat menjalani perawatan karena infeksi setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit King Edward VII pada Februari 2021.

25 Desember 2021 menjadi perayaan Natal pertama Ratu Elizabeth II tanpa Pangeran Philip. "Meskipun ini adalah saat yang penuh kebahagiaan dan keceriaan bagi banyak orang, Natal bisa jadi sulit bagi mereka yang kehilangan orang yang dicintai. Tahun ini, khususnya, saya mengerti alasannya," kata Ratu Elizabeth II tahun lalu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait