Raja Charles III Naik Tahta, Begini Profil dan 7 Potretnya Saat Lakukan Kunjungan Kerja
Instagram/theroyalfamily
Dunia

Pangeran Charles selaku anak tertua Ratu Elizabeth II akan naik tahta menjadi raja baru Inggris di usianya yang ke-73 usai kepergian sang ibunda pada Kamis (8/9).

WowKeren - Ratu Elizabeth II dilaporkan meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia pada Kamis (8/9) waktu setempat. Adapun Pangeran Charles yang merupakan putra sulungnya pun naik takhta pada usia 73 tahun. Hal ini juga telah disuratkan secara langsung oleh situs resmi kerajaan bahwa raja Inggris yang baru nantinya dikenal sebagai Raja Charles III.

Meski telah naik takhta, perubahan gelar dari Pangeran ke Raja bagi Charles masih membutuhkan waktu selama berbulan-bulan. Hal serupa juga dialami oleh Ratu Elizabeth II yang penobatannya baru digelar pada 2 Juni 1953 atau 16 bulan setelah aksesinya pada 6 Februari 1952, saat ayahnya, Raja George VI tutup usia.

Adapun Charles dinobatkan sebagai Pangeran Wales pada 26 Juli 1958. Namun, pelantikan resminya diselenggarakan pada 1 Juli 1969 ketika ia dimahkotai oleh sang ibu di Kastil Caernarfon. Sejak saat itu, Charles mulai menjalankan tugas publik. Salah satunya Charles mendirikan The Prince's Trust, sebuah yayasan amal untuk membantu para pemuda pada tahun 1976. Ia juga memulai kunjungan resmi ke Amerika Serikat pada tahun 1981. Lantas, seperti apa Charles ketika menjalankan tugasnya sebagai Pangeran Wales? SImak potretnya di bawah inI!

(wk/raud)

1. Persiapan Birmingham 2022 Commonwealth Games


Persiapan Birmingham 2022 Commonwealth Games
Instagram/clarencehouse

Charles rupanya ikut serta mengawasi persiapan Birmingham 2022 Commonwealth Games. Pasalnya, olimpiade ini bertujuan untuk menyatukan keluarga Persemakmuran dan menginspirasi atlet kelas dunia untuk bersaing dalam semangat persahabatan dan bersikap sportif. Apalagi pertandingan olahraga ini didukung oleh nilai-nilai kemanusiaan serta kesetaraan,

Perlu diketahui bahwa Birmingham 2022 Commonwealth Games adalah kali pertama West Midlands menjadi tuan rumah. Oleh karena itu Pangeran Wales terlihat mengunjungi lokasi pertandingan, salah satunya Athletes Village. Charles pun bertemu dengan atlet, panitia, penonton, hingga sukarelawan dari olimpiade tersebut.

2. Kunjungan Kerja Bersama Sang Istri


Kunjungan Kerja Bersama Sang Istri
Instagram/clarencehouse

Kisah asmara Charles juga menarik perhatian publik. Ia diketahui menikah dengan Diana Spencer alias Lady Diana pada tahun 1981. Melalui pernikahan itu, Charles dan Diana dikaruniai dua putra, yakni Pangeran William dan Pangeran Harry. Pernikahan mereka berakhir di perceraian pada tahun 1996.

Charles kemudian menikah dengan Camilla Parker pada tahun 2005. Camilia pun memiliki gelar istri putra mahkota sekaligus calon permaisuri Britania Raya. Ia terlihat selalu mendampingi Pangeran Wales dalam tugas resmi. Pada potret di atas, terlihat Charles dan Camilla menghadiri Pertunjukan Bunga Sandringham ke-139 di Sandringham, Norfolk.

3. Rayakan 300 Tahun Kuda Clydesdale


Rayakan 300 Tahun Kuda Clydesdale
Instagram/clarencehouse

Beberapa waktu lalu, Charles sempat menghadiri perayaan 300 tahun Kuda Clydesdale di Lanark, Inggris dengan anggota Clydesdale Horse Society. Sang pangeran juga melihat patung yang baru dipasang di pasar. Perlu diketahui bahwa New Lanark adalah salah satu dari hanya enam situs Warisan Dunia UNESCO di Skotlandia. Itu adalah sesa pabrik abad ke-18 yang dibangun khusus dengan proses konservasi dan rehabilitasi yang berlangsung hampir setengah abad.

4. Hadiri COP26


Hadiri COP26
Instagram/clarencehouse

Raja baru Britania Raya dan sang istri tampak menghadiri Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2021 alias COP26 pada 21 November 2021 di Glasgow, Skotlandia. Charles bahkan sempat mengadakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin setelah upacara pembukaan. Mereka adalah Perdana Menteri India, Presiden Kolombia, Presiden Slovakia, Presiden Prancis, serta Perdana Menteri Barbados.

5. Apresiasi Kepada Relawan NHS


Apresiasi Kepada Relawan NHS
Instagram/clarencehouse

Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) adalah sebuah program layanan kesehatan masyarakat di Britania Raya. Charles pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua staf maupun sukarelawan NHS di seluruh negeri atas dedikasi mereka di #ThankYouDay.

Charles bahkan merekam program khusus untuk Radio Rumah Sakit sebagai penghormatan kepada para sukarelawan rumah sakit atas kerja kerasnya dalam menjaga komunitas tetap terhubung dan pasien tetap terhibur selama pandemi Coronavirus. Progra, itu disebut telah disiarkan di 180 stasiun radio yang menjadi anggota Asosiasi Penyiaran Rumah Sakit.

6. Kunjungi Barak Militer


Kunjungi Barak Militer
Instagram/clarencehouse

Mengikuti tradisi keluarga, Charles pun bergabung ke angkatan udara dan laut. Ia disebut mendapat pelatihan di Royal Air Force (Angkatan Udara Britania Raya). Charles juga bergabung di Royal Air Force College Cranwell untuk berlatih menjadi pilot pesawat jet pada 8 Maret 1971. Pangeran Wales juga telah menjadi Kolonel Pengawal Welsh sejak tahun 1975.

Sementara itu, Charles sempat mengunjungi Resimen di barak Windsor pada bulan Mei 2021. Hal ini diduga sebagai bentuk apresiasi karena Pengawal Welsh termasuk yang pertama menguji coba pengujian Covid-19 di Inggris.

7. Mengunjungi Negara Wales


Mengunjungi Negara Wales
Instagram/clarencehouse

Adapun Charles sempat melakukan kunjungan ke Wales. Ia juga sempat memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang lulus Universitas Wales Trinity St David sekaligus para penerima beasiswa dari St Vincent dan Grenadines. Charles juga mengunjungi Kastil Hay akan dibuka untuk umum untuk pertama kalinya dalam 900 tahun.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait