Fix! Film 'Ngeri-Ngeri Sedap' Terpilih Wakili Indonesia di Ajang Piala Oscar 2023
Imajinari
Film

'Ngeri-Ngeri Sedap' berhasil mewakili Indonesia dalam gelaran Piala Oscar ke-95 pada Maret 2023 mendatang. Ini kata Deddy Mizwar selaku ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

WowKeren - Film "Ngeri-Ngeri Sedap" jadi perbincangan hangat di media sosial pada hari ini, Selasa (13/9). Hal ini dikarenakan film yang disutradari oleh Bene Dion Rajagukguk tersebut resmi terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang bergengsi Piala Oscar 2023.

"Ngeri-Ngeri Sedap" akan bersaing dalam kategori Film Fitur Internasional Terbaik (Best International Feature Film). Sebelum diputuskan untuk mewakili Indonesia pada gelaran 12 Maret 2023 mendatang, film ini sudah lebih dulu diseleksi oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 sendiri beranggotakan sembilan tokoh perfilman berbagai bidang serta wartawan atau kritikus film. Dipimpin oleh Deddy Mizwar sebagai ketua, Slamet Rahardjo, Niniek L. Karim, Zairin Zain, Garin Nugroho, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Yadi Sugandi, dan Ilham Bintang.

Dalam siaran pers yang diterima oleh Kumparan, Deddy Mizwar menjelaskan ada berbagai syarat yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat bersaing di Piala Oscar. Salah satunya, film sudah pernah diputar di bioskop selama seminggu secara berturut-turut.


Untuk menentukan film mana yang cocok mewakili Indonesia di ajang bergengsi dunia tersebut, Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 memutar film-film hasil seleksi secara khusus. Kemudian berlanjut oada diskusi anggota juri.

Setelah menimbang, Deddy Mizwar cs akhirnya memutuskan film "Ngeri-Ngeri Sedap" untuk mewakili Indonesia di Piala Oscar. Sayangnya di momen penjurian itu, Garin Nugroho dan Yadi Sugandi berhalangan hadir.

"Inilah maksimal yang dihasilkan Komite Seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy Mizwar.

Diketahui, "Ngeri-Ngeri Sedap" menjadi film kedua bergenre komedi yang mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar. Sebelumnya, ada "Nagabonar" yang menjadi film Indonesia pertama yang dikirim ke ajang Piala Oscar.

"Ngeri-Ngeri Sedap" sendiri bercerita tentang kehidupan keluarga Batak yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern. Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor ternama seperti Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox hingga Indra Jegel. Film ini pun masuk kategori box office karena berhasil mengantongi jumlah penonton sebanyak 2,8 juta lebih.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait