Kondisi Fisik Penanda Metabolisme Menurun
pexels/RODNAE Productions
Health

Proses penurunan berat badan umumnya sangat erat kaitannya dengan metabolisme. Karena itulah, Velda Masli mengajak para pejuang diet mengenali tanda-tanda metabolisme menurun serta cara memperbaikinya. Bagaimana?

WowKeren - Saat proses penurunan berat badan, Velda menyebut bahwa seseorang membutuhkan waktu sekitar 20-30 hari untuk melihat dampak dietnya pada metabolisme tubuh. Jika dalam waktu tersebut tidak ada tanda-tanda kerontokan rambut, maka proses diet tidak mengganggu metabolisme tubuh. Sebaliknya, jika dalam proses diet terjadi kerontokan rambut cukup parah, diperlukan adanya evaluasi menyeluruh terhadap pola makan dietnya.

"Saya pernah diet yang keliru cuma satu minggu. Jadi dalam waktu satu minggu itu masih belum signifikan terlihat (perubahan pada metabolisme tubuh). Umumnya, metabolisme melambat atau tidak setelah diet bisa dilihat 20-30 hari kalau konsisten," terang Velda. "Untuk melihat dietnya sudah benar atau tidak, lihat rambut. Kalau rambutnya enggak rontok, tandanya dietnya sehat karena nutrisinya terpenuhi. Dan itu salah satu tanda metabolisme membaik."

Selain kerontokan rambut, kondisi fisik lain yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui metabolisme tubuh menurun atau tidak adalah stamina olahraga. Pada seseorang yang metabolismenya bagus, stamina olahraganya akan membara meskipun ia tengah menjalankan program diet.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel