Langkah Awal Perbaiki Metabolisme Tubuh
Instagram/veldamasli
Health

Proses penurunan berat badan umumnya sangat erat kaitannya dengan metabolisme. Karena itulah, Velda Masli mengajak para pejuang diet mengenali tanda-tanda metabolisme menurun serta cara memperbaikinya. Bagaimana?

WowKeren - Jika kalian sudah mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, jangan tunda lagi untuk segera memperbaiki. Sebagai langkah awal, pahami dulu bahwa sehat adalah segalanya. Selanjutnya, mulai evaluasi pola makan. Pastikan untuk tidak makan sampai dibawah angka BMR (basal metabolic rate). BMR sendiri merupakan jumlah minimal kebutuhan energi yang digunakan untuk proses-proses vital tubuh seperti bernafas hingga mencerna makanan.

"Banyak orang menganggap langsing segalanya sampai harus mengorbankan kesehatan. Jadi, pahami dulu bahwa sehat adalah segalanya. Kedua, pahami bahwa 80% yang memengaruhi metabolisme adalah dari pola makan. Sebetulnya, pola makan yang benar itu adalah makan setiap 3-4 jam untuk membuat kinerja pencernaan jadi jauh lebih bagus," ungkap Velda. "Untuk mendukung metabolisme, harus dihitung TDEE (jumlah kalori maksimal yang dibakar setiap hari). Kemudian, atur makanan untuk tidak lebih dari TDEE dan tidak enggak boleh di bawah kalori BMR."

Tak hanya porsi, seseorang juga wajib mulai memperhitungkan kandungan nutrisi saat memilih makanan. "Untuk sarapan, aku sarankan tidak mengonsumsi terlalu tinggi karbohidrat. Konsumsi lebih banyak protein dan siapkan buah untuk camilan. Di makan siang, penuhi nutrisi seperti karbohidrat, protein dan serat," saran Velda. "Dengan pengaturan ini, tubuh bisa tetap dalam keadaan defisit tapi tetap memenuhi keseimbangan makronutrisinya. Kalau komposisinya tercukupi itu akan mendukung metabolisme supaya lebih bagus. Semakin bagus metabolisme, penurunan berat badan juga akan semakin cepat."

(wk/yoan)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel