Penyebab Umum Metabolisme Menurun
pexels/Olya Kobruseva
Health

Proses penurunan berat badan umumnya sangat erat kaitannya dengan metabolisme. Karena itulah, Velda Masli mengajak para pejuang diet mengenali tanda-tanda metabolisme menurun serta cara memperbaikinya. Bagaimana?

WowKeren - Saat menjalankan diet, metabolisme yang bagus juga disebut dapat membantu proses penurunan berat badan. Meski demikian, tak jarang metabolisme justru menurun saat proses diet sedang berlangsung. Hal ini biasanya diakibatkan karena seseorang terlalu berlebihan mengurangi porsi makannya. Akibatnya, tubuh jadi kehilangan bahan bakar dan metabolisme jadi melambat.

"Sebenarnya penyebab metabolisme menurun itu kurang lebih 80% dari makanan. Pertama, makan yang terlalu sedikit. Banyak orang yang menerapkan defisit kalori dengan makan terlalu sedikit atau makan dikurangi berlebihan. Akibatnya, badan jadi enggak dapat asupan, dan akhirnya jadi low power," jelas Velda. "Ibaratnya, untuk si 'mobil' bisa jalan, butuh 10 liter bensin. Tapi, kita cuma isi 8 liter bensin."

Tak hanya porsi makan yang kurang, Velda juga mengungkap bahwa kesalahan pemilihan makanan juga dapat membuat metabolisme menurun. "Selain itu, pemilihan makanan juga berpengaruh karena ada beberapa makanan yang kalorinya sama, tapi nutrisinya berbeda. Misalnya, snack kemasan dengan Fitbar, kalorinya sama-sama 100. Tapi di perbandingan nutrisinya, Fitbar mengandung serat dan protein, sedangkan snack kandungan karbohidrat dan sodiumnya tinggi," sambung Velda. "Ibarat mobil tadi, kalau misalnya enggak dikasih yang terbaik, jadi larinya enggak kencang."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru