Patahkan 'Kutukan' Wamil, Lee Jong Suk dan Sederet Aktor ini Buktikan Tetap Bersinar Pasca Comeback
pexels/Specna Arms
Selebriti

Wamil adalah hal yang harus dilakukan para pria di Korea. Meski harus vakum selama sekian tahun, deretan aktor Korea ini berhasil pertahankan eksistensinya dengan patahkan "kutukan" wamil pasca comeback. Siapa saja?

WowKeren - Wajib militer atau yang lebih dikenal dengan sebutan wamil merupakan sebuah kewajiban yang umumnya dijalankan warga negara pria untuk mengikuti pendidikan militer. Pada dasarnya, tujuan pelaksanaan wamil adalah untuk meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan warga negara itu sendiri. Korea Selatan adalah satu negara yang menerapkan kebijakan wamil bagi para warga negara prianya.

Sebagai sebuah kewajiban, wamil harus dijalankan oleh para pria yang sudah memenuhi syarat. Tak terkecuali para idol dan aktor-aktor populer. Tak jarang, beberapa aktor bahkan rela vakum sementara dari dunia hiburan saat panggilan wamil sudah datang. Umumnya, periode wamil di Korea sekitar 20 bulan atau hampir 2 tahun.


Vakum untuk waktu yang cukup lama di tengah masa kejayaan karier memang bukanlah pilihan yang mudah. Pasalnya, para aktor harus menanggung risiko akan "dilupakan" oleh para penggemar. Hal ini disebabkan karena gempuran aktor-aktor pendatang baru makin deras sehingga berpotensi akan mencuri perhatian penggemar. Keadaan inilah yang melahirkan sebuah "kutukan" bahwa aktor yang wamil akan meredup dan perlahan dilupakan.

Meski demikian, "kutukan" wamil ini rupaya tidak berlaku untuk deretan aktor-aktor ini. Pasalnya, mereka justru berhasil membuktikan bahwa nama besarnya masih bisa eksis bahkan makin bersinar sepulang dari wamil. Siapa saja deratan aktor-aktor tersebut? Ini dia rangkuman khusus tim WowKeren selengkapnya!

(wk/yoan)

1. Lee Jong Suk


Lee Jong Suk
Instagram/jongsuk0206

"Romance is A Bonus Book" menjadi drama terakhir yang dibintangi Lee Jong Suk sesaat sebelum menjalankan wamil. Ia kemudian bergabung dengan militer pada tahun 2019. Pada 2 Januari 2021, Lee Jong Suk akhirnya resmi menyelesaikan kewajiban militernya. Namun alih-alih namanya meredup, aktor kelahiran 14 September 1989 ini justru makin banjir tawaran akting sepulang dari wamil.

Lee Jong Suk akhirnya menandai comeback akting pada film "Decibel" di tahun yang sama dengan kepulangannya dari wamil. Aktor yang baru genap berusia 33 tahun (usia internasional) ini juga dikabarkan akan membintangi film "The Witch: Part 2 The Other One". Di layar drama, Lee Jong Suk baru-baru ini juga menuai sukses besar lewat karakter pengacara yang diperankan dalam drama yang dibintanginya bersama Yoona SNSD, "Big Mouth".

2. Lee Min Ho


Lee Min Ho
Instagram/actorleeminho

Lahir pada 22 Juni 1987, Lee Min Ho menjalankan panggilan wajib militer pada Mei 2017 lalu. Bintang drama legendaris "Boys Overs Flowers" ini pun akhirnya menyelesaikan wamil pada April 2019. Lee Min Ho akhirnya kembali ke layar drama dengan membintangi "The King: Eternal Monarch" pada tahun 2020 lalu.

Memiliki genre fantasi, drama yang juga dibintangi Kim Go Eun ini bercerita tantang kisah cinta dua sejoli yang berasal dari dua dimensi yang berbeda. Dengan kemampuan aktingnya, Lee Min Ho masih bisa menjaga eksistensinya di dunia hiburan. Selanjutnya, aktor yang kini berusia 35 tahun ini pun melanjutkan karier aktingnya dengan membintangi serial "Panchiko"di 2022 dan "Ask the Star" yang direncanakan tayang pada 2023 mendatang.

3. Kim Soo Hyun


Kim Soo Hyun
Instagram/soohyun_k216

Menjalankan kewajiban militer mulai tahun 2017, Kim Soo Hyun akhirnya resmi menyelesaikannya pada Juli 2019. Sepulang dari wamil, aktor kelahiran 16 Februari 1988 ini tak langsung terburu-buru untuk kembali menghiasi dunia akting. Meski demikian, popularitas bintang "My Love From the Star" ini tak bisa diragukan. Pasalnya, drama comeback-nya yang tayang pada tahun 2020 berjudul "Its Okay to Not Be Okay" mendapatkan respon luar biasa, khususnya dari penonton internasional.

"Its Okay to Not Be Okay" sendiri merupakan drama bertema psikologi yang banyak menyentil keadaan mental. Aktor yang kini berusia 34 tahun ini berhasil membawakan karaker Moon Kang Tae yang memiliki masa lalu yang kelam. Setelah sukses dengan drama tersebut, Kim Soo Hyun kembali eksis di layar drama dengan membintangi "One Ordinary Day". Pada drama ini, ia juga sukses mendalami karakter seorang mahasiswa yang terpaksa harus menjadi tersangka pembunuhan.

4. Kim Bum


Kim Bum
Instagram/k.kbeom

Seangkatan dengan Lee Min Ho dalam drama fenomenal "Boys Over Flowers", Kim Bum rupanya juga masih menjaga eksistensinya di dunia hiburan. Memulai kewajiban militer pada April 2018, aktor yang punya senyum manis yang khas ini resmi menyelesaikannya pada Maret 2020 lalu. Tak butuh waktu lama, di tahun yang sama ia langsung membintangi drama berjudul "Tale of The Nine Tailed". Drama bergenre fantasi ini berkisah tentang seorang rubah berekor sembilan berwujud manusia yang bertugas membasmi roh-roh jahat.

Meski lama vakum berakting, aktor kelahiran 7 Juli 1989 ini berhasil membuktikan kemampuannya. Terbukti, "Tale of The Nine Tailed" akhirnya berlanjut pada pembuatan sekuel yang direncanakan tayang pada 2023 mendatang. Selain fantasi, Kim Bum juga sempat membintangi drama bertema kriminal "Law School" hingga medis bertajuk "Ghost Doctor"

5. Lee Seung Gi


Lee Seung Gi
Instagram/leeseunggi.official

Lee Seung Gi memutuskan untuk masuk militer pada Februari 2016 dan selesai pada Oktober di tahun berikutnya. Seolah benar-benar merindukan dunia akting, ia lantas tak menunggu waktu lama untuk membintangi drama baru. Di tahun yang sama, ia langsung menjelma sebagai siluman kera dalam drama yang diadaptasi dari Cina berjudul, "A Korean Odyssey".

Eksistensinya di dunia hiburan rupanya tak berhenti sampai di situ. Pada tahun 2019, pria kelahiran 13 Januari 1987 ini menantang kemampuan akting dengan membintangi drama action bertajuk "VEGABOND". Dalam drama yang juga dibintangi Suzy ini, ia berperan sebagai seorang korban yang mencari keadilan dibalik kecelakaan pesawat yang mencurigakan. Selanjutnya, ia makin membuktikan sinarnya setelah sukses membawakan karakter psikopat dalam drama "Mouse".

6. Song Joong Ki


Song Joong Ki
Instagram/hi_songjoongki

Lahir pada 19 September 1985, Song Joong Ki akhirnya menyelesaikan kewajiban militernya pada 2015 lalu. Dengan ilmu yang didapat selama hampir dua tahun menjalankan kewajiban, ia lantas didapuk menjadi pemeran utama dalam drama militer romantis legendaris berjudul "Descendant of The Sun" yang bercerita tentang kisah cinta seorang tentara dengan dokter di medan perang.

Kesuksesan drama yang lebih akrab disebut dengan DOTS ini akhirnya membawa nama Song Joong Ki makin dikenal oleh kalangan penggemar internasional. Selanjutnya, mantan suami Song Hye Kyo ini pun pindah haluan dengan meramaikan layar lebar lewat film berjudul "The Battleship Island". Tak hanya itu saja, ia juga dipercaya sebagai pemeran utama dalam drama fantasi yang menelan biaya produksi fantastis berjudul "Arthdal Chronicles" serta drama bertema mafia "Vincenzo".

7. Lee Jun Ki


Lee Jun Ki
Instagram/actor_jg

Melaksanakan wajib militer pada tahun 2010, Lee Jun Ki resmi menyelesaikannya pada Februari 2012. Sempat khawatir kariernya meredup pasca wamil, pria yang lahir pada 17 April 1991 ini akhirnya kembali eksis lewat drama "Two Weeks" pada tahun 2013 dan "Gunman in Joseon" pada 2014. Lee Jun Ki kemudian kembali didapuk untuk membintangi drama bertabur bintang bertajuk "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo" pada 2016.

Drama bergenre fantasi bertema kerajaan ini berkisah tentang perebutan tahta hingga kisah cinta dari para calon pewaris perusahaan. Dibintangi beberapa aktor dan idol ternama seperti Nam Joo Hyuk, Jisoo, Kang Ha Neul, IU hingga Baekhyun EXO, drama ini pun menjadi populer di kalangan penggemar internasional. Selanjutnya, ia pun dipercaya untuk membintangi beragam drama bertema hukum dan kriminal seperti "Criminal Mind", "Lawless Lawyer" hingga "Flowers of Evil".

8. Park Hyung Sik


Park Hyung Sik
Instagram/phs1116

Aktor lain yang masih bersinar pasca wamil adalah Park Hyung Sik. Sahabat dekat Park Seo Joon dan V BTS ini baru menyelesaikan kewajiban militernya pada Januari 2021 lalu. Tak menunggu waktu lama, ia langsung membintangi drama thriller fantasi berjudul "Happiness". Drama yang juga dibintangi oleh Han Hyo Joo ini berkisah tentang perjuangan bertahan hidup ditengah virus zombie yang menyerang tiba-tiba. Tak hanya itu saja, baru-baru ini pria yang lahir pada 16 November 1991 ini juga dipercaya untuk membintangi web drama romantis berjudul "Soundtrack 1".

Nah, itu tadi adalah para aktor yang masih tetap mempertahankan eksistensinya di dunia akting bahkan setelah vakum untuk menjalankan kewajiban militernya. Dari dafter tersebut, yang mana nih aktor favorit dan kesayanganmu?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru