Kenapa Tidak Makan Nasi Putih Saat Diet?
TikTok/ifasyarifah97
Health

Meski tidak dilarang, ada kondisi khusus dimana seseorang dianjurkan mengurangi konsumsi nasi putih saat diet. Lantas, bagaimana cara Ifa Syarifah mengatur pola makan diet tanpa nasi putih namun tetap bernutrisi seimbang?

WowKeren - Kondisi khusus yang dianjurkan untuk mengurangi konsumsi nasi putih saat diet adalah para penderita diabetes. Seperti diketahui, diebetes merupakan sebuah penyakit kronis yang diakibatkan karena tingginya kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah ini ternyata juga dipengaruhi oleh makanan-makanan yang dikonsumsi.

"Buat yang mau diet tanpa makan nasi putih, enggak usah khawatir karena itu aman asalkan tidak skip karbohidrat. Bukan karena nasi putih itu jahat. Cuma kalau kalian sudah punya riwayat diabetes, (ada baiknya) untuk mengganti (nasi putih) dengan sumber karbohidrat lainnya," ujar Ifa. "Kalian kalau (punya riwayat diabetes) juga harus rajin cek laboratorium seperti kolestrol, gula darah dan asam urat setiap 6 bulan sekali. Kalau aku kan setiap 6 bulan sekali cek, selama ini alhamdulillah aman."

Tak hanya diabetes, Ifa juga mengungkapkan bahwa kondisi berat badan berlebih (obesitas) juga dianjurkan untuk mengurangi bahkan menghindari konsumsi nasi putih. "Selain itu, kondisi yang sudah obesitas. Kalau sudah begitu, dihindari dulu nasi putihnya (sementara). Karena bagian yang membuat kenaikan berat badan itu gula, sedangkan nasi kadar gulanya cukup tinggi," lanjut Ifa.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru