Selalu Penuhi Kebutuhan Nutrisi
pexels/ROMAN ODINTSOV
Health

Meski tidak dilarang, ada kondisi khusus dimana seseorang dianjurkan mengurangi konsumsi nasi putih saat diet. Lantas, bagaimana cara Ifa Syarifah mengatur pola makan diet tanpa nasi putih namun tetap bernutrisi seimbang?

WowKeren - Setelah mengganti nasi putih dengan karbohidrat yang lebih kompleks, penuhi piring makanan dengan serat dan protein. Ifa menyebut bahwa sumber protein paling mudah didapatkan dari ayam rebus, tahu hingga tempe. Dengan menjaga pola makan dengan tetap bernutrisi seimbang, kondisi tubuh akan tetap sehat meski tak mengonsumsi nasi putih.

"Sarapan itu harus lengkap nutrisinya mulai dari karbohidrat, serat dan protein. Misalnya, jam 7-9 pagi sarapannya tahu, kentang dan jeruk. Itu kan lengkap nutrisinya, 3-3nya ada. Untuk proteinnya kita juga bisa dapat dari tahu, tempe atau ayam rebus," jelas Ifa. "Pokoknya mindset yang kalian harus tanamkan adalah harus sehat. Kasian tubuh kalau sering makan makanan yang enggak bergizi. Jadi, ayo mengubah makanan kita jadi lebih sehat."

Agar lebih mudah mengatur pola makan, Ifa menyarankan seseorang untuk membuat mealplan setiap minggu. "Siapkan terlebih dulu bahan-bahannya. Jadi, misalnya mau mulai diet besok di tanggal 1, sekarang di tanggal 30 ya harus belanja. Biasanya, setiap malam aku sibuk bikin coret-coretan buat besok kira-kira aku makan apa. Aku bikin list dulu buat hari Senin, Selasa dan Rabu. Menu-menunya harus dikreasikan biar tetap enak tapi tetap bernutrisi. Kebetulan aku juga suka masak," sambung Ifa.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel