Perhatikan Pengolahan Makanan
pexels/Julia Filirovska
Health

Meski tidak dilarang, ada kondisi khusus dimana seseorang dianjurkan mengurangi konsumsi nasi putih saat diet. Lantas, bagaimana cara Ifa Syarifah mengatur pola makan diet tanpa nasi putih namun tetap bernutrisi seimbang?

WowKeren - Selain kandungan nutrisi mulai dari karbohidrat, protein hingga serat, Ifa menyebut bahwa pengolahan makanan juga penting untuk dipertimbangan. Pasalnya, pengolahan makanan yang salah berpotensi akan mengurangi nilai nutrisi pada makanan. Karena itulah, ia menganjurkan untuk mengolah makanan dengan dikukus, direbus atau dibakar dibandingkan digoreng dengan banyak minyak.

"Karena lagi diet, hindari pengolahan makanan menggunakan minyak yang berlebihan. Jadi, cukup direbus saja. Kalau bosan, dibakar juga enggak papa. Atau bisa juga digoreng pakai teflon anti lengket, itu kan sedikit minyaknya. Kalau mau bikin sambal bisa direbus (tomat dan cabai) terus terasinya dibakar dan diberi garam sedikit saja sudah enak," beber Ifa.

Selain itu, penambahan rasa dengan bumbu juga wajib diperhatikan. "Untuk bumbu, cocol pakai saus enggak papa. Bisa juga pakai penyedap atau kaldu jamur dan garam tapi jangan terlalu keasinan. Karena kalau keasinan, garam akan mengikat air jadi susah turun berat badan," lanjut Ifa. "Semua rempah-rempah seperti jahe dan lada juga aman. Terus bisa ditampah kecap, itu sudah ada rasanya. Saus tiram juga bisa, asalkan enggak terlalu banyak pakai gula."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel