Ada Ameena Putri Aurel Hermansyah-Atta Halilintar, 8 Potret Anak Artis Jalani Tradisi Tedak Siten
YouTube/AH
Selebriti

Tedak Siten atau turun tanah merupakan tradisi masyarakat Jawa yang dilakukan ketika bayi berusia tujuh bulan. Ameena putri Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah hingga deretan anak artis berikut ikut melakukan tradisi itu.

WowKeren - Tedak Siten merupakan bagian dari adat dan tradisi masyarakat Jawa. Upacara ini dilakukan ketika seorang bayi berusia tujuh bulan dan mulai belajar duduk dan berjalan di tanah. Secara keseluruhan, upacara ini dimaksudkan agar ia menjadi mandiri di masa depan.

Perawatan yang disiapkan biasanya berupa kurungan ayam, uang, buku, mainan, alat musik, dan lain sebagainya. Deretan artis juga mengikuti serangkaian upacara Tedak Siten di momen anak mereka memasuki usia tujuh bulan. Baru saja, Ameena Hanna Nur Atta putri dari pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah melakukan tradisi tersebut.

Tedak Siten cukup populer di kalangan selebriti. Tak hanya Aurel dan Atta yang mengadakan upacara tersebut. Deretan artis ini juga melakukan menjalani tradisi Tedak Siten untuk anak mereka. Siapa saja?

(wk/rosi)

1. Raden Erlangga Danendra Brotoseno Anak Tata Janeeta


Raden Erlangga Danendra Brotoseno Anak Tata Janeeta
Instagram/tatajaneetaofficial

Tata Janeeta melahirkan seorang putra pada 25 Juni 2021 dan diberi nama Raden Erlangga Danendra Brotoseno. Memasuki usia yang cukup, ia dan sang suami menggelar acara Tedak Siten untuk Erlangga. Acara yang digelar pun berlangsung dengan sakral dan kental dengan adat Jawa. Pasangan ini begitu bahagia dan bersahaja ketika mengenakan busana khas Jawa.

2. Anara Langit Adria Respati Anak Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika


Anara Langit Adria Respati Anak Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika
Instagram/ardinarasti6

Pasangan selebriti Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika menggelar prosesi Tedak Siten anak pertamanya, Anara Langit Adria Respati, pada Juli 2019 lalu. Tampak nuansa adat Jawa kental dalam prosesi Tedak Siten dan akikah Anara. Keluarga Rasti juga kompak mengenakan pakaian adat Jawa berwarna biru. Terdapat peristiwa unik selama prosesi yakni Rasti yang ikut masuk ke dalam kurungan ayam menemani Anara.

3. Abercio Mikaelmoza Samudra Anak Momo Geisha


Abercio Mikaelmoza Samudra Anak Momo Geisha
YouTube/Momo Youtube Channel

Momo Geisha mengadakan upacara Tedak Siten untuk anak kedua meeka yang diberi nama Abercio Mikaelmoza Samudra di tahun 2021 lalu. Manatan vokalis Geisha itu tak banyak undang tamu di acara tersebut. Akan tetapi acara Tedak Siten sang putra berjalan dengan lansar dan khidmat. Acara itu juga digelar secara mewah dilengkapi hiasan bunga yang meriah abis.

4. Aqila Dewi Humairah Anak Ayu Dewi


Aqila Dewi Humairah Anak Ayu Dewi
YouTube/Netmediatama

Pada tahun 2013 lalu, Ayu Dewi menggelar Tedak Siten untuk putrinya, Aqila Dewi Humairah di hotel Grand Hyatt, Jakarta. Host tersebut menjelaskan bahwa menggelar acara Tedak Siten di hotel mewah karena ingin menciptakan suasana baru.

5. Ameena Hanna Nur Atta Anak Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah


Ameena Hanna Nur Atta Anak Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah
YouTube/AH

Aurel dan Atta secara live menyiarkan momen Tedak Siten aby Ameena di YouTube. Tampak dekorasi acara dihias dengan mewah sekaligus meriah. Atta bersama keluarga kecilnya memakai pakaian Jawa warna pink. Acara ini berjalan dengan seru dipadu oleh Irfan Hakim dan Indra Bekti.

6. Arsy Hermansyah Anak Ashanty dan Anang Hermansyah


Arsy Hermansyah Anak Ashanty dan Anang Hermansyah
YouTube/Rosiana Y Sasmita

Ibu sambung Aurel, Ashanty juga sempat mengadakan Tedak Siten untuk putranya dengan Anang Hermansyah, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah pada Agustus 2015 lalu. Acara syukuran tersebut dilakukan oleh pasangan tersebut sebagai doa untuk Arsy tapi juga untuk melestarikan adat istiadat Jawa. Kini acara tersebut juga digelar oleh Aurel sang putri.

7. Bhaskara Deva Purnomo Djokosoetono Anak Titi Rajo Bintang


Bhaskara Deva Purnomo Djokosoetono Anak Titi Rajo Bintang
Instagram/titiradjopadmaja

Titi Rajo Bintang dan sang suami menggelar prosesi tedhak siten ini untuk anak kedua mereka, yakni Bhaskara Deva Purnomo Djokosoetono pada Juni 2021 lalu. Titi dan keluarga kecilnya kompak mengenakan atasan putih dan bawahan batik Tumurun. Titi bersama suami terlihat bahagia mendampingi Bhaskara di momen Tedak Siten.

8. Seraphina Rose Anak Yasmine Wildblood


 Seraphina Rose Anak Yasmine Wildblood
Instagram/yaswildblood

Yasmine Wildblood dan sang suami, Abi Yapto baru saja menggelar upacara Tedak Siten untuk putri semata wayang mereka, Seraphina Rose pada Juni 2017 lalu. Yasmine dan baby Seraphine kompak mengenakan kebaya kuning dipadukan dengan bawahan batik sementara Abi memakai beskap lengkap. Di beberapa foto yang diposting terlihat baby Seraphine itu begitu gembira menjalani upacara Tedak Siten bersama sang orangtua.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru