Musisi Legendaris, 8 Momen Iwan Fals Kolaborasi Bareng Penyanyi Beda Generasi
Instagram/iwanfals
Selebriti

Virgiawan Liestanto alias Iwan Fals merupakan salah satu musisi legendaris Indonesia. Aktif berkarya, pelantun 'Bento' ini juga berkolaborasi dengan penyanyi muda yang berbeda generasi dengannya.

WowKeren - Virgiawan Liestanto alias Iwan Fals merupakan salah satu musisi legendaris Indonesia. Karya-karyanya menginspirasi penggemar hingga sesama musisi lainnya. Menjadi legenda musik Tanah Air, Iwan masuk ke dalam daftar The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Lagu-lagu Iwan Fals sendiri kental menyuarakan isu kemanusiaanm bernuansakan kritik hingga menceritakan kisah di era orde baru. Di sisi lain, Iwan ters berkrya sebagai seorng musisi hingga usianya saat ini.

Selain itu, Iwan juga berkolaborasi dengan penyanyi muda yang berbeda generasi dengannya. Hal ini membuktikan bahwa pamor Iwan di dunia musik sama sekali tak luntur. Iwan melakukan kolaborasi maupun duet bersama-musisi muda berikut ini:

(wk/rosi)

1. Kolaborasi dengan Nadin Amizah


Kolaborasi dengan Nadin Amizah
Instagram/iwanfals

Iwan Fals berkolaborasi dengan Nadin Amizah lewat single "Untukmu". Lagu ini mengisahkan tentang makna di balik keberadaan manusia di dunia. anak-anak kecil sebagai tokoh utama. Mereka ditampilkan sebagai seseorang yang polos, lugu, dan bebas. Sementara Iwan muncul dengan gitarnya yang khas sementara Nadin berbalut busana nuansa putih di video klip.

2. Joget Bareng JKT48 di Perayaan HUT ke-32 SCTV


Joget Bareng JKT48 di Perayaan HUT ke-32 SCTV
Instagram/iwanfals

Pada puncak perayaan HUT ke-32 SCTV, Iwan Fals berkolaborasi dengan JKT48. Meski memiliki latar belakang musik yang berbeda, namun hal tersebut rupanya tidak menjadi permasalahan bagi pelantun "Bento" ini. Keduanya sukses mengguncang panggung ketika melantunkan lagu "Aitakatta (Ingin Bertemu)". Penampilan mereka bahkan ramai dipuji powerful dan berkelas.

3. Duet dengan Rara 'LIDA'


Duet dengan Rara 'LIDA'
Instagram/iwanfals

Iwan Fals berduet dengan Rara "LIDA" di Konser Kemenangan D'Star Indosiar melantunkan tembang "Ibu". Usut punya usut Rara adalah penggemar berat dari Iwan Fals. Aksi panggung keduanya begitu syahdu bahkan Soimah ikutan menitikkan air mata.

4. Kolaborasi dengan D'Masiv.


Kolaborasi dengan D'Masiv.
Instagram/iwanfals

"Satu-satunya" merupakan lagu kolaborasi Iwan Fals dengan D'Masiv. Lagu ini mengusung konsep penuh warna di mana sangat cocok untuk pendengar yang mengungkapkan rasa kepada pujaan hati. Kolaborasi ini sendiri dikatakan Iwan sebagai wadah bertukar ilmu dengan D Masiv. Sementar itu, vokalis D'Masiv, Rian Ekky Pradipta sendiri mengaku senang bisa berkolaborasi dengan musisi legendaris satu ini.

5. Kolaborasi dengan Jason Ranty, Fiersa Besari, dan Fourtwnty


Kolaborasi dengan Jason Ranty, Fiersa Besari, dan Fourtwnty
Instagram/fiersabesari

Iwan Fals juga membawa kan lagu untuk soundtrack-soundtrack film. Ia berkolaborasi dengan Jason Ranty, Fiersa Besari, dan Fourtwnty menghasilkan lagu bertajuk "Pelukku Untuk Pelikku" yang kemudian dijadikan soundtrack film "Imperfect" tahun 2019. Iwan juga berkolaborasi dengan Fiersa dan Once Mekel untuk soundtrack film "Bumi Manusia" yang bertajuk "Ibu Pertiwi".

6. Kolaborasi dengan Hindia, Rendy Pandugo, Petra Sihombing


Kolaborasi dengan Hindia, Rendy Pandugo, Petra Sihombing
Instagram/rendypandugo

Dalam proyek IM3 Ooredoo, Iwan Fals berkolaborasi dengan penyanyi muda Hindia, Rendy Pandugo, Petra Sihombing menghasilkan proyek yang diberi judul "Satu-Satu: Bersatu untuk Merdeka". Pada kolaborasi tersebut, mereka serentak menyanyikan tembang hit Iwan Fals yang telah dirilis sejak tahun 1992, "Satu-Satu". Video klip sendiri dapat disaksikan lewat kanal YouTube IM3 Ooredoo.

7. Kolaborasi dengan Armada Band


Kolaborasi dengan Armada Band
Instagram/iwanfals

Dalam peralatan mega konser "Akhir Kisah Cinta Si Doel" Iwan Fals berkolaborasi dengan Armada Band membawakan lagu "Si Doel Anak Betawi". Di sisi lain Mandra sempat mengutarakan perasaannya ketika melihat Iwan Fals melantunkan tembang tersebut. Ia mengaku tak percaya lantara mengetahui Iwan identik membawakan lagu bertema politik serta kemanusiaan.

8. Kolaborasi dengan Geisha


Kolaborasi dengan Geisha
Instagram/iwanfals

"Tak Seimbang" merupakan single kolaborasi Iwan Fals bersama grup band Geisha. Iwan dan Momo Geisha sukses membuat kolaborasi yang epik. Lagu in dirilis tahun 2015 dan ditulis oleh Roby Satria saat adiknya meninggal, mengisahkan tentang beratnya kehidupan setelah ditinggal seseorang yang terkasih.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait