Atur dan Perbaiki Pola Makan
TikTok/septriandivasaras
Health

Perjalanan diet rupanya tak lantas berakhir setelah angka timbangan mengalami penurunan, lho. Lantas, bagaimana cara Diva mempertahankan berat badannya agar tetap ideal? Simak trik selengkapnya di sini!

WowKeren - Kepada WowKeren, Diva mengungkapkan bahwa mempertahankan berat badan jauh lebih susah dibanding menurunkan. "Saat mempertahankan hidup sehat, 80%-nya dari pola makan. Tapi, siapa yang enggak tergoda dengan makanan? Itulah kenapa mempertahankan berat badan itu lebih susah dibandingkan menaikkan atau menurunkan berat badan," ungkap Diva. Meskipun susah, namun mempertahankan berat badan bukan hal yang tidak mungkin dilakukan.

Dalam pengaturan pola makan, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara menurunkan dan mempertahankan berat badan. Saat menurunkan berat badan, seseorang wajib menjaga asupan makanannya agar tubuh dalam kondisi defisit kalori. Sedangkan saat mempertahankan, tubuh harus berada dalam kondisi kalori maintenance. Artinya, asupan makanan pun harus ditambah dari defisit menjadi maintenance namun tidak sampai berlebihan.

"Untuk memperbaiki pola makan, coba mulai yang tadinya sedikit, perlahan-lahan dinaikkan jadi di kalori maintenance. Tapi yang harus diperhatikan juga adalah isi (nutrisi) makanan kita apa saja," beber Diva. "Yang penting dalam satu piring ini mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein dan serat. Kalau bisa, proteinnya ditambah. Protein itu ada dua, nabati dan hewani."

(wk/Indr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel