Heboh RAVI VIXX Diduga Pakai Joki, 10 Seleb Korea Ini Juga Pernah Bikin Gempar Soal Wamil
Instagram
Selebriti

Berbicara mengenai wajib militer para artis Korea Selatan, ternyata tak sedikit dari mereka yang juga sempat menggemparkan publik karena berbagai alasan.

WowKeren - Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk warganya. Seperti sebut saja Korea Selatan. Negara ini mewajibkan pria yang berusia 18 hingga 28 tahun untuk mengikuti kegiatan wajib militer. Meski bagi perempuan hal ini tidak wajib, namun dipersilakan jika ada yang ingin mendaftar.

Sementara itu, bagi masyarakat Korea Selatan sendiri mereka pada umumnya menjalankan wajib militer ini dengan sangat serius. Pasalnya, hal itu dipandang sebagai kewajiban bagi laki-laki. Tak terkecuali bagi para selebriti Korea yang sehat secara fisik dan mental. Mereka harus bersedia untuk meninggalkan dunia hiburan selama dua tahun untuk mengabdi kepada negara.


Namun baru-baru ini, publik dikejutkan dengan pemberitaan wajib militer Ravi VIXX. Betapa tidak, ia disebut-sebut memakai jasa joki agar bisa menghindari wajib militer. Sebuah organisasi besar tengah diselidiki polisi karena membantu selebriti, atlet, serta anak-anak dari keluarga konglomerat untuk memalsukan catatan kesehatan mereka. Tentu saja, agar bisa terhindar dari wajib militer. Nama Ravi ikut terseret karena ia dianggap memiliki ciri-ciri yang cocok dengan salah satu klien organisasi tersebut.

Berbicara mengenai wajib militer para artis, ternyata tak sedikit dari mereka yang juga sempat menggemparkan publik. Alasannya pun beragam, ada yang karena kontroversi skandal maupun hal yang lainnya. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca melihat siapa saja artis yang wamil-nya sempat menggemparkan publik.

(wk/zodi)

1. BTS


BTS
NAVER Post/BIGHIT MUSIC

Beberapa waktu lalu, berita mengenai kepastian wamil BTS sempat menjadi perhatian para penggemarnya di dunia. Bahkan media asing turut memberitakan mereka, seperti media Amerika Serikat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat BTS sendiri memang tengah berada di puncak popularitas mereka.

Sebelumnya, muncul polemik apakah BTS wajib mengikuti wamil mengingat salah satu member mereka telah mencapai usai maksimal. Namun pada akhirnya, para member BTS tetap ikut wamil namun secara berurutan sesuai dengan jadwal masing-masing. Jin pun menjadi yang pertama dari mereka yang berangkat.

2. Yoo Ah In


Yoo Ah In
Instagram/hongsick

Alasan kesehatan membuat Yoo Ah In akhirnya dibebaskan dari wajib militer. Setelah menjalani sejumlah pemeriksaan, ia disebut menderita tumor sehingga terbebas dari kewajiban itu. Namun, keputusan tersebut justru menuai reaksi sinis dari para netizen. Banyak yang mengatakan jika ia sengaja menunda wamil hingga usia 31 tahun agar bisa dibebaskan.

Mereka menyayangkan bahwa ia menunda wamil lantaran lebih memilih untuk berperan dalam film dan drama. Tak tinggal diam, pihak agensinya pun segera merilis pernyataan. Mereka memastikan bahwa karena masalah kesehatan yang dideritanya sejak lama, Yoo Ah In terbebas dari wajib militer.

3. Seo In Guk


Seo In Guk
Instagram/seo_cccc

Seo In Guk sempat menjadi sorotan pada tahun 2017 lantaran kontroversi wajib militernya. Sebagaimana diketahui, ia dijadwalkan masuk wajib militer pada tahun 2017 silam. Namun karena cedera kaki, membuatnya terbebas dari wajib militer. Saat tampil di jumpa pers tahun 2018, ia pun meminta maaf akan hal itu.

"Terima kasih kepada para reporter yang menghadiri konferensi pers ini. Sebelum saya memulai, saya akan meminta maaf karena telah menyebabkan masalah sampai sekarang," katanya. Namun, alih-alih mendapat simpati ia justru ramai dicerca. Banyak yang mengira bahwa alasan itu tidak masuk akal mengingat ia berperforma baik di film aksi sebelumnya.

4. Song Seung Heon


Song Seung Heon
Instagram/songseungheon1005

Nama Song Seung Heon telah dikenal luas di dunia drama Korea. Namun, aktor yang memulai kariernya di dunia hiburan sebagai seorang model ini pernah menjadi sorotan usai terungkap bahwa ia secara ilegal menghindari wajib militer. Ia sengaja mengumpulkan sampel urine palsu sehingga membuatnya diklaim menderita diabetes akut.

Ia pun dibebaskan dari wamil namun pada tahun 2004, pemerintah akhirnya mendapati jika sampel tersebut palsu. Song Seung Heon pun dipaksa untuk menjalani wamil selama dua tahun. Meminta maaf secara terbuka, ia kemudian memulai wamilnya. Ia untuk sementara keluar dari dunia akting untuk menjalankan wajib militer hingga tahun 2006.

5. G-Dragon


G-Dragon
Instagram/xxxibgdrgn

G-Dragon resmi menyelesaikan dinas militernya pada tahun 2019 lalu. Namun, yang menjadi sorotan adalah bahwa dia disambut oleh lebih dari 3.000 penggemar yang datang dari seluruh dunia. Ia pun tak kuasa menahan air matanya karena sangat terharu. Tak pelak, kepulangan G-Dragon dari militer juga menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen.

Sebelumnya, sempat muncul dugaan adanya perlakuan istimewa yang diterima G-Dragon saat wamil. Ia disebut-sebut mendapat perlakuan istimewa selama berada di rumah sakit karena cedera pergelangan kaki. Namun, pihak militer segera memberikan klarifikasi dan membantah bahwa fasilitas yang diterima G-Dragon adalah keistimewaan.

6. MC Mong


MC Mong
YTN

Pada tahun 2010 lalu, MC Mong menjadi pusat perhatian karena terungkap jika rapper tersebut sengaja mencabut giginya yang sehat. Spekulasi pun menyebar bahwa dia sengaja membayar dokter gigi untuk melakukannya agar memenuhi syarat pembebasan militer. Meski ia membantah bahwa giginya dicabut karena alasan kesehatan namun ia terus diserang.

Pada akhirnya, ia dibebaskan dari tuduhan sengaja mencabut giginya untuk menghindari wajib militer. Namun, ia tetap dinyatakan bersalah karena sengaja menunda pendaftaran militer karena alasan yang tidak dapat dibenarkan. Sejak kontroversi itu, nama MC Mong seolah sempat tenggelam di dunia hiburan.

7. Kim Moo Yeol


Kim Moo Yeol
SBS Entertainment

Kim Moo Yeol beberapa waktu lalu sempat didakwa karena mencoba menghindari tugas militernya. Ia mulanya terdaftar sebagai rekrutan tingkat dua namun aktor tersebut terus menunda tanggal pendaftarannya dengan dalih ingin mengikuti ujian masuk PNS dan sudah diterima untuk pelatihan.

Ia kemudian menerima pemberitahuan untuk mendaftar wamil namun ia justru mengajukan permintaan perubahan status militer dengan alasan sakit pada Januari 2010. Ia juga sempat dibebastugaskan dari wamil lantaran berasal dari keluarga berpenghasilan rendah. Namun setelah mendapat tekanan dari publik ia akhirnya melaksanakan wamil dan menyelesaikannya pada 2014 lalu.

8. PSY


PSY
Instagram/42psy42

PSY dikenal oleh masyarakat dunia berkat lagunya "Gangnam Style". Penyanyi ini diketahui melakukan wajib militer sampai dua kali. Mulanya, ia memulai wajib militernya pada tahun 2003 dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 2005. Namun, ia menjadi pusat perhatian setelah Jaksa penuntut menuduh PSY mengabaikan tugas militernya.

Ia terlihat muncul di program televisi, dan mengadakan konser selama waktunya di militer. Sehingga dari situ Pengadilan Administratif Seoul segera memutuskan bahwa PSY harus ikut wajib militer lagi. Hingga pada tahun 2009 ia kembali menjalankan tugasnya sebagai warga negara dan menyelesaikannya.

9. Jang Hyuk


Jang Hyuk
iMBC

Berbicara mengenai artis yang terlibat skandal dalam wajib militer, Jang Hyuk adalah salah satunya. Ia pernah mencoba menghindari wamilnya pada akhir 2004 silam. Waktu itu, Jang Hyuk diketahui memang berada di puncak kariernya. Lambat laun diketahui bahwa ia telah berusaha menghindari wajib militer, dengan meminum obat yang bisa membuatnya gagal tes kesehatan.

Ia pun menyesalinya. "Aku sebenarnya memiliki sikap yang cukup positif terhadap kehidupan tapi aku pasif dan apatis saat itu, dan tidak bisa melihat masa depan atau harapan apapun," ujarnya sambil menangis. Ia pun merasa harus bertanggung jawab atas kesalahannya dengan mulai berlatih keras di ketentaraan. Sempat khawatir akan kehilangan keriernya, nyatanya hal itu tidak terjadi.

10. Kim Woo Joo


Kim Woo Joo
Xportsnews

Kim Woo Joo sempat dijebloskan ke penjara pada tahun 2015 lalu karena dianggap sengaja mangkir dari wajib militer. Ia mengklaim dirinya memiliki penyakit mental dan membuatnya dijatuhi hukuman penjara. "Dia menipu dengan tujuan menghindari atau mengurangi wajib militernya," kata hakim di Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Diketahui, ia telah menghindari kewajiban militernya sebanyak 42 kali dengan memalsukan gejala penyakit mental. Dokter mendiagnosis Kim Woo Joo dengan gejala halusinasi visual, setelah sebelumnya Kim Woo Joo mengklaim bahwa dia telah melihat hantu dan membuatnya syok sehingga harus dibawa ke UGD.

Nah, itulah tadi sederet selebriti Korea Selatan yang kabar wajib militernya pernah membuat gempar publik. Beberapa dari mereka pada akhirnya tetap mengikuti wamil karena tekanan publik.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait