Jake ENHYPEN dan 9 Idol Ini Diduga Pernah Jadi Korban Rasisme
Instagram/jake_enhypen/sugaringcandy
Selebriti

Di zaman yang sudah modern ini isu rasisme masih terus bergentayangan. Hal ini bahkan dialami oleh sederetan idola K-pop. Jake ENHYPEN dan deretan idol ini diduga jadi korban.

WowKeren - Belum lama ini, Jake ENHYPEN dihadapkan pada komentar rasis selama fansign yang digelar secara online. Dalam video yang beredar, fans memberikan pujian kepada pemilik nama Sim Jaehyun itu. Namun, lama kelamaan komentar yang diterima Jake mengarah pada penilaian negatif terhadap orang Asia. Penggemar itu mengaku senang karena Jake adalah "member asing" dan tidak punya "pola pikir Asia".

Padahal, Jake adalah orang Asia yang kebetulan tumbuh dan punya kewarganegaraan Australia. Komentar tentang “member asing” dan “pola pikir Asia” kepada Jake dianggap mengabaikan identitasnya dan memojokkan orang Asia sendiri.

Di zaman yang sudah modern ini isu rasisme masih terus bergentayangan. Hal ini bahkan dialami oleh sederetan idola K-pop.  Deretan idol ini diduga menjadi korban rasisme:

(wk/rosi)

1. Jake ENHYPEN


Jake ENHYPEN
Instagram/jake_enhypen

Jake ENHYPEN berbincang dengan seorang penggemar di fansign online. Namun lama kelamaan komentar yang diterima Jake mengarah pada penilaian negatif terhadap orang Asia. Penggemar itu menyebut sang idola sebagai "member asing" padahal Jake asli Korea namun memang tumbuh dan punya kewarganegaraan Australia.

Selain itu, dang idol disebut tidak punya pola pikir Asia.  Komentar tentang “member asing” dan “pola pikir Asia” kepada Jake yang dianggap mengabaikan identitasnya dan memojokkan orang Asia sendiri.

2. Jennie BLACKPINK


Jennie BLACKPINK
Instagram/jennierubyjane

Jennie BLACKPINK diduga menjadi korban rasisme  oleh seorang DJ asal Amerika bernama Sofia Valentini pada tahun 2019 silam. Awalnya, Sofia mengunggah video menyipitkan mata dengan tangan seolah menirukan bentuk mata orang Asia Timur.

Ia mengunggah video itu sambil memutar lagu BLACKPINK yang berjudul "Kill This Love". Gerakan menyipitkan mata yang dilakukannya ini disebut-sebut agar dirinya terlihat mirip Jennie di salah satu postingan Instagram dan MV.

3. Lisa BLACKPINK


Lisa BLACKPINK
Instagram/lalalalisa_m

Latar belakang Lisa BLACKPINK yang berasal dari Thailand membuatnya menjadi korban rasisme. Berbagai komentar berbau rasis dari netizen Korea muncul menghampiri idol kelahiran tahun 1997 itu. Komentar kejam berdatangan menyebut latar belakang Lisa sebagai orang Thailand yang disebut netizen sebagai bangsa budak (seperti mereka menyebut orang dari negara-negara Asia Tenggara lainnya). Penggemar internasional tak tinggal diam, dan meyuarakan protesnya melalui tagar #RESPECTLISA.

4. Jungwoo NCT 127


Jungwoo NCT 127
Instagram/sugaringcandy

Pada tahun 2022 lalu, Jungwoo NCT diduga menjadi korban lelucon rasis yang dibuat oleh seorang komedian lokal di Santa Monica, California. Seorang netizen yang ada di lokasi kejadian menyebut Jungwoo diminta untuk berpartisipasi dalam komedi jalanan lokal.

Member NCT 127 ini pun dengan ramah setuju. Namun, setelah Jungwoo mengaku berasal dari Korea Selatan, komedian itu mengatakan, "Buatlah keributan untuk Korea Utara," yang membuat netizen tidak nyaman. 

5. Jungkook BTS


Jungkook BTS
Instagram/bts.bighitofficial

Jungkook BTS diduga mendapatkan perlakuan tidak mengenakan saat dirinya menjadi topik pembicaraan dalam episode podcast "Popcast" yang dirilis oleh The New York Times pada Jumat (1/12). Pernyataan yang dibuat mengindikasikan bahwa bintang tamu, Kara, menderita xenofobia.

Host Jon Caramanica dan Kara awalnya menyinggung tentang keterlibatan produser dari Amerika dalam pembuatan album "GOLDEN" milik Jungkook.  Menurut Kara itu pada dasarnya adalah album orang Amerika dengan wajah Korea.

Lebih jauh, Kara membandingkan maknae BTS itu dengan Justin Timberlake. Kara menambahkan bahwa mengingat Amerika sudah memiliki Justin, ia merasa tidak perlu jauh-jauh mencari pria Korea, yang dalam kasus ini adalah Jungkook.

6. Johnny NCT


Johnny NCT
Instagram/johnnyjsuh

Karena penampilannya yang menakjubkan, reporter Met Gala 2022 terus-menerus meminta Johnny NCT untuk berbalik. Namun sang idol tampaknya tidak mendengar sehingga sang reporter langsung memberikan komentar bahwa Johnny tidak mengerti sedikitpun apa yang ia katakan.

Karena Johnny tidak mendengar reporter di tengah kebisingan dan ia adalah orang Asia, sang idol dianggap tidak tahu bahasa Inggris. Padahal, idol kelahiran 9 Februari 1995 ini dibesarkan dan lahir di Chicago, Amerika Serikat dan diketahui fasih berbahasa Inggris.

Menurut penggemar, apa yang dilakukan reporter adalah asumsi yang sangat tidak sopan, yang sudah dianggap sebagai tindakan rasisme.

7. Tiffany SNSD


Tiffany SNSD
Instagram/tiffanyyoungofficial

Tiffany SNSD atau Girls' Generation concern dengan isu rasisme. Rupanya di masa lalu, ia diduga pernah menjadi korban xenofobia. Paa tahun 2012, SNSD diwawancarai oleh Kelly, dan Howie Mandel dari America's Got Talent.

Sebagian besar wawancara berjalan lancar, kecuali ketika Howie dua kali memberi tahu Tiffany bahwa bahasa Inggrisnya sangat bagus. Sang idol menanggapinya dengan tenang dan bercanda bahwa dia "belajar sangat keras" untuk mencapai level itu. Meskipun ini dimaksudkan untuk bercanda, namun lelucon seperti itu menunjukkan betapa rasisme tentang orang Asia sudah mendarah daging dan terinternalisasi.

8. BamBam GOT7


BamBam GOT7
Instagram/bambam1a

BamBam GOT7 diduga jadi korban rasisme usai mengunggah foto dirinya yang sedang melakukan pose Wakanda "Black Panther" pada tahun 2-18 silam. Salah seorang netizen berkata bahwa BamBam yang berkebangsaan Thailand tersebut tak pantas melakukan cosplay sebagai Black Panther.

9. Junghwa EXID


Junghwa EXID
Instagram/parkjjongaa

Junghwa EXID menuai banyak dukungan usai menjadi korban rasisme salah satu media Amerika Serikat, Tmz, pada 2015 lalu. Gaya bicara bahasa Inggris idol cantik itu diolok-olok oleh staf media tersebut saat menyapa para penggemar di bandara Los Angeles.

10. TXT


TXT
X/TXT_bighit

TXT tampil di ajang "2019 Wango Tango" yang digelar di Los Angeles, California. Soobin cs berpose di depan kamera layaknya event red carpet yang lain.  Namun komentar seorang fotografer membuat fans geram. Sang fotografer meminta TXT untuk berpose seperti orang Asia. Melihat grup beranggotakan 5 orang tersebut mendapat perlakuan rasis, fans menuntut permintaan maaf yang langsung ditanggapi Wango Tango lewat tweet.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru