Wajib Tahu, 5 Tempat Ini Jadi Bagian Paling Kotor di Pesawat
SerbaSerbi

Tempat-tempat tersebut ditengarai jadi sarang kuman yang bisa membuatmu tertular berbagai penyakit, terutama penyakit flu.

WowKeren - Pesawat terbang masih menjadi transportasi primadona pilihan banyak orang. Di samping durasi perjalanan yang lebih singkat, pesawat sampai saat ini juga masih dinilai sebagai transportasi yang paling aman.

Akan tetapi, keamanan dalam berkendara rupanya tidak membuat pesawat juga menjadi tempat tersehat. Kita haru mengakui bahwa transportasi satu ini juga bisa menampung kuman di beberapa tempat.


Jika terkontaminasi dengan kuman-kuman tersebut, bukan tidak mungkin dengan segera kamu akan terserang penyakit usai naik pesawat. Tidak mau kan rencana perjalanan yang sudah tersusun rapi, durasi perjalanan yang sudah sengaja disingkat dengan menggunakan pesawat malah terancam batal? Bukannya bersenang-senang di tempat tujuan, kamu malah harus terkapar karena sakit.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mewaspadai bagian-bagian pesawat yang ditengarai menjadi sarang kuman itu. Dilansir dari Popsugar pada Selasa (19/6), ini dia 5 tempat paling kotor di pesawat yang harus segera kamu hindari agar tidak terkena penyakit menular, terutama flu.

(wk/silm)

1. Tray Table Jadi Tempat Paling Banyak Menyimpan Kuman


Tray Table Jadi Tempat Paling Banyak Menyimpan Kuman

Jika ditanya mengenai bagian mana yang paling dikuasai kuman di dalam pesawat, jawabannya adalah tray table atau meja nampan. Menurut penelitian, tempat tersebut memiliki 8 kali lebih banyak kuman dari permukaan yang lain.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan jalan menghindari kontak dengan makananmu dan meja nampan di penerbangan berikutnya. Selain itu, kamu juga tampaknya benar-benar harus menghindari meletakkan makanan apapun di meja nampan ini agar tidak terkena kuman yang bisa membuatmu sakit. Lebih baik lagi, jika kamu tidak makan apapun yang disediakan di pesawat.

"Rata-rata makanan di pesawat jauh dari kata sehat," jelas Dr Niket Sonpal, asisten profesor di Touro College of Osteopatchic Medicine. "Makanan-makanan ini menyimpan sekitar 360 hingga 400 kalori per item makanan (sekitar 1500 kalori jika ditotal) dan jumlah lemak, garam, dan gula yang tinggi.".

2. Tempat Kedua Paling Kotor adala Ventilasi Udara di Atas Kepala


Tempat Kedua Paling Kotor adala Ventilasi Udara di Atas Kepala

Tempat paling kotor selanjutnya yang harus kamu hindari saat berada di pesawat adalah ventilasi udara yang ada di atas kepala. Ventilasi udara tersebut diketahui terus-terusan terjamah oleh tangan dari para pelancong yang menggunakan pesawat. Coba perhatikan, berapa kali orang akan mencoba menyesuaikan udara pada ventilasi udara yang ada di atas kepala tersebut?

Untuk menghindari terkena kuman-kuman yang bersarang di lubang ventilasi udara ini, ahli gizi Lindsey Bristol menyarankanmu untuk melakukan pembersihan terlebih dahulu. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengelap bagian penyesuaian ventilasi sebelum dan sesudah digunakan.

3. Hindari Tombol Siram di Toilet Pesawat


Hindari Tombol Siram di Toilet Pesawat

Tidak mengagetkan jika menjadikan toilet sebagai tempat terkotor di pesawat yang menyimpan banyak kuman. Akan tetapi, sebuah penelitian mengungkapkan secara detail tempat mana yang paling harus kamu hindari.

Jika kamu bisa menahan untuk tidak pergi ke toilet selama penerbangan, maka hal itu lebih bagus. Akan tetapi, jika sudah tidak tahan untuk pergi ke toilet, setidaknya hindari memegang tombol siram di toilet. bagian itu disebut-sebut menjadi tempat paling kotor di toilet pesawat.

Eits, tapi bukan berarti kamu tidak menyiram kotoranmu, ya. Kamu hanya harus menghindari memencet tombol siram di toilet tersebut dengan tangan kosong. Gunakan tisu ataupun kertas saat memencetnya.

4. Kontak dengan Gesper Sabuk Pengaman Penuh Kuman Dapat Sebabkan Flu dan Penyakit Lain


Kontak dengan Gesper Sabuk Pengaman Penuh Kuman Dapat Sebabkan Flu dan Penyakit Lain

Gesper pada sabuk pengaman menjadi tempat selanjutnya yang selalu tersentuh oleh tangan para pelancong. Ya, oleh karena itu, bagian ini juga menjadi tempat terkotor yang ada di dalam pesawat terbang.

Heather Holmes, pendiri P2 (probiotik alami untuk pembersihan lebih dalam) mengatakan bahwa ia selalu sakit usai bepergian menggunakan pesawat. Hal itu disadari Heather setelah dirinya selalu memegang beberapa bagian penuh kuman di dalam pesawat, salah satunya adalah gesper sabuk pengaman. Untuk menghindari area ini, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu tepat setelah kamu naik pesawat, ya.

"Ketika aku terbang setiap minggu, tidak akan mungkin bagiku untuk tetap sehat. Aku selalu terkena infeksi sinus dan flu setiap saat," jelas Heather. "Apa yang aku tidak tahu adalah bahwa aku terkena infeksi bakteri dan virus dari meja nampan, gesper sabuk pengaman, dan ventilasi udara yang aku sentuh."

5. Udara Kering dalam Kabin


Udara Kering dalam Kabin

Memang tidak mungkin rasanya menghindari udara di dalam kabin. Masalahnya, udara kering di dalam sana bisa berisiko membuatmu jatuh sakit. Dr Niket mengatakan bahwa kualitas udara di pesawat meningkatkan risiko tertular penyakit. Hal itu disebabkan karena kelembaban udara di kabin bisa berkurang drastis selama penerbangan. Jika di daratan kelembapan udara sekitar 35 persen, maka di dalam pesawat hanya mencapai antara 10 hingga 15 persen. Selisih yang jauh sekali bukan?

Lalu, bagaimana caranya kita melawan udara kering di dalam pesawat? Dengan cara minum banyak air bisa menghindarkanmu dari risiko terkena penyakit selama berkendara dengan pesawat. Selain itu, usahakan tidak terjadi kontak dengan kedua matamu. Dr. Gustavo Ferre, seorang pulmonologis, juga menyarankan untuk menggunakan Saline Spray dengan xylitol untuk membantu mengatasi kekeringan pada hidung dan membantu mencegah penularan bakteri.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait