6 Kebiasaan Sehat Ini Malah Bikin Gemuk
Health

6 kebiasaan sehat ini bisa bikin berat badan kalian bertambah, lho. Apa saja ya kira-kira?

WowKeren - Demi mendapatkan tubuh ideal, kita pasti akan melakukan beragam cara. Mulai dari menerapkan hidup sehat hingga yang instan.

Namun, sebaiknya hal-hal tersebut dilakukan dengan pemahaman yang benar. Pasalnya, 6 kebiasaan sehat ini malah dapat membuat tubuh kalian melar, lho.

Mau tahu apa saja? Yuk simak di sini.

(wk/nris)

1. Terlalu Banyak Olahraga


Terlalu Banyak Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Aktivitas ini juga dapat menghindarkan kita dari beragam penyakit.

Namun, jika kalian terlalu banyak menghabiskan waktu luang untuk berolahraga, mungkin berlari atau angkat beban, tubuh tidak punya waktu untuk pulih. Hal ini malah menghambat kemajuan proses diet kalian. Jadi, sebaiknya berikan waktu satu atau dua hari agar tubuh dapat beristirahat.

2. Minum Smoothie


Minum Smoothie

Smoothie merupakan minuman sehat yang banyak dikonsumsi saat diet. Minuman ini dapat terbuat dari bermacam buah yang enak dan tentunya sehat.

Tetapi kalian dapat meningkatkan berat badan juga, nih karena mengomsumsi smoothie. Hal itu terjadi apabila buah yang kalian gunakan tidak mengandung serat dan kurang protein.

Selain itu, banyaknya buah dalam smoothie juga bisa membuat berat badan bertambah. Jadi pastikan jumlah kalori yang terkandung tidak lebih dari yang seharusnya, ya.

3. Mengonsumsi Camilan 'Sehat'


Mengonsumsi Camilan 'Sehat'

Nyemil atau mengonsumsi camilan adalah hal yang sulit ditinggalkan. Biasanya saat sedang diet, kalian menggantinya dengan makanan ringan yang berlabel sehat.

Perlu kalian ketahui bahwa terkadang label sehatnya hanya merupakan trik produsen. Sebut saja yogurt dengan beragam rasa yang sudah mengandung pemanis dan perasa buatan. Sebaiknya kalian mengonsumsi yogurt biasa tanpa rasa.

Selain itu, camilan yang dijual di toko seperti sereal gandum utuh, kue kering atau buah kering juga tidak baik bagi yang sedang diet. Jadi, kalian harus bijak dalam memilih camilan.

4. Memakai Hand Sanitizer Terlalu Sering


Memakai Hand Sanitizer Terlalu Sering

Mungkin kalian bertanya-tanya, mengapa hand sanitizer atau antibakteri lainnya dapat menyebabkan berat badan naik. Rupanya, terdapat antibakteri sintesis yang disebut triclosan yang sering ditambahkan ke sabun.

Para peneliti menyebut kandungan itu sebagai obesogen, sebuah senyawa yang menyebabkan kenaikan berat badan dengan menggangu hormon tubuh. Mereka juga mengatakan bahwa senyawa itu dapat berdampak negatif pada tiroid yang mengontrol metabolisme.

5. Kurang Tidur Karena Olahraga Pagi


Kurang Tidur Karena Olahraga Pagi

Olahraga pagi memang menjadi kebiasaan baik untuk hidup sehat. Di pagi hari kalian dapat menikmati udara segar tanpa polusi.

Namun, kalian juga tetap harus menghitung jam tidur. Pasalnya, seseorang yang kurang tidur tubuhnya membakar kalori 5 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang cukup tidur.

6. Makan Terlalu Banyak Protein


Makan Terlalu Banyak Protein

Protein juga menjadi salah satu kandungan makanan yang banyak dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Namun, menurut sebuah penelitian mereka yang mengonsumsi lebih dari 20 persen protein saat diet terutama hewani akan mengalami kenaikan berat badan secara signifikat hingga lebih dari 10 persen.

Kandungan protein memang dapat membuat kalian kenyang lebih lama, namun jika terlalu banyak malah menambah berat badan kalian, lho. Selain itu, terlalu banyak protein juga mengacaukan kemampuan tubuh melakukan metabolisme glukosa dan menyebabkan masalah kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru