7 Cara Menghilangkan Nyeri Perut Saat Menstruasi Tanpa Obat-Obatan
Lifestyle

Mengapa menggunakan obat-obatan jika banyak cara untuk mengatasi rasa nyeri saat haid? Penasaran?

WowKeren - Haid atau menstruasi merupakan tamu yang datang pada wanita setiap bulannya. Tak jarang kedatangan tamu tersebut membawa perasaan nyeri di bagian perut, pinggang hingga selangkangan. Bentuk rasa sakitnya pun beragam, bisa berupa kram, mual, muntah, sakit kepala hingga diare.

Sebagian wanita terkadang tidak bisa menahan sakitnya. Banyak cara yang mereka lakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Yang paling instan adalah dengan meminum obat-obatan penghilang nyeri haid. Namun penggunaan jangka panjang tentunya enggak baik, lho.


Masih banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan rasa nyeri itu. Tentunya cara tersebut aman dan tradisional banget. Yuk simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Olahraga Ringan untuk Mengurangi Nyeri Menstruasi


Olahraga Ringan untuk Mengurangi Nyeri Menstruasi

Saat sedang haid mungkin kalian tidak akan nyaman untuk melakukan olahraga. Namun, coba lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki untuk mengurangi rasa sakitnya. Dengan berjalan kaki, kalian dapat melancarkan sirkulasi darah serta mengendurkan otot-otot.

Olahraga ringan juga akan memproduksi endorfin yang dapat mengubah cara kerja otak dalam memproses rasa sakit. Olahraga ringan secara rutin juga dapat menurunkan resiko nyeri menstruasi setiap bulannya, lho.

2. Atasi Nyeri Haid dengan ‌Minum Jamu Kunyit Asam


Atasi Nyeri Haid dengan ‌Minum Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam dianggap sebagai ramuan yang ampuh untuk mengatasi rasa nyeri saat sedang menstruasi. Kunyit asam mengandung sifat anti-inflamasi tinggi yang baik dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh. Karena hal itu anti-inflamasi dipercaya mampu menghilangkan nyeri dan menyembuhkan luka.

Meskipun kini banyak produk minuman yang memanfaatkan kunyit asam, sebaiknya kalian membuatnya sendiri di rumah. Jamu ini bisa dikonsumsi 2 hari atau satu minggu sebelum masa menstruasi untuk mengurangi rasa sakit nantinya.

3. Saat Nyeri Haid, Coba untuk Berbaring


Saat Nyeri Haid, Coba untuk Berbaring

Berbaring adalah langkah yang tepat saat kalian merasakan nyeri karena haid. Gunakan bantal di bawah lutut agar kedua kaki lebih tinggi. Jika masih belum nyaman, ubah posisi di mana kalian tidak merasakan nyeri lagi.

Namun, hindari berbaring dengan posisi tengkurap, ya. Kondisi tersebut akan memperparah rasa nyeri lantaran tekanan pada bagian perut akan semakin besar. Darah yang dikeluarkan pun akan semakin banyak.

4. Kompres dengan Air Hangat untuk Mengurangi Rasa Nyeri Haid


Kompres dengan Air Hangat untuk Mengurangi Rasa Nyeri Haid

Cara yang paling sering digunakan untuk meredakan rasa nyeri karena haid adalah mengompres perut dengan air hangat. Hal itu dapat membantu kontraksi otot yang terjadi selama menstruasi menjadi lebih tenang. Suhu hangat dari air juga memperlancar peredaran darah.

Kalian cukup mengisi botol dengan air hangat. Jika masih terlalu panas, coba lapisi dengan handuk dan tempelkan pada area yang nyeri. Dijamin beberapa saat kemudian rasa nyeri akan mulai mereda.

5. Posisi Menungging dapat Menghilangkan Rasa Nyeri saat Menstruasi


Posisi Menungging dapat Menghilangkan Rasa Nyeri saat Menstruasi

Ketika merasa nyeri saat menstruasi sudah tidak bisa ditahan lagi, kalian bisa melakukan posisi menungging. Posisi ini dapat membuat rahim menjadi tergantung ke arah bawah. Hal tersebut membuat proses peluruhan yang terjadi dengan kontraksi otot menjadi lebih rileks dan rasa nyeri dapat berkurang.

6. Lakukan Pijatan Lembut di Bagian Nyeri Haid


Lakukan Pijatan Lembut di Bagian Nyeri Haid

Salah satu cara untuk membuat otot-otot pada tubuh rileks adalah dengan pijatan. Berikan pijatan halus di daerah perut bagian bawah. Lalukan gerakan memutar menggunakan jari jemari. Kalian harus melakukannya dengan hati-hati dan lembut. Karena pijatan yang terlalu keras dapat menimbulkan efek samping lain.

7. Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Mengonsumsi Makanan yang Penuh Gizi


Mengurangi Nyeri Menstruasi dengan Mengonsumsi Makanan yang Penuh Gizi

Makanan yang baik tentu akan membuat kondisi kita fit juga. Saat nyeri menstruasi melanda, sebaiknya kalian mengonsumsi makanan yang penuh dengan asupan bergizi seperti kalsium, zat besi dan mangan.

Zat besi merupakan salah satu komponen yang hilang saat menstruasi. Maka kalian harus mengembalikannya dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, ayam dan ikan. Sementara kalsium yang terdapat di susu dan makanan lainnya membantu mengurangi otot saat menstruasi. Sementara mangan terkandung kacang-kacangan seperti walnut, almond dan biji labu.

You can share this post!

Related Posts