Tidur dalam Ruangan Gelap
Google
Lifestyle

Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan, kamu bisa menghindarinya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini.

WowKeren - Untuk mencegah terkena penyakit kanker, kamu bisa melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana seperti mematikan lampu saat tidur. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa paparan cahaya saat kita tidur bisa meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker seperti kanker ovarium dan payudara.

Cahaya yang dihasilkan lampu mampu menekan produksi normal dari melatonin. Zat tersebut merupakan zat kimia otak berfungsi untuk mengatur siklus bangun dan tidur kita. Menurunnya produksi melatonin mampu meningkatkan pelepasan sel kanker yang dipicu oleh estrogen.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa para wanita yang menyalakan lampu saat tidur berisiko tinggi terkena kanker payudara. Selain itu, para wanita yang tidak tidur di saat kadar melatonin mereka paling tinggi juga menunjukkan risiko yang sama.

Satu lagi penelitian dari International Journal of Health Geographics terkait faktor lampu ini. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa kanker payudara lebih banyak menjangkit wanita yang tinggal di daerah yang memiliki banyak lampu di jalan raya.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait