8 Kebiasaan Mudah Ini Ternyata Bisa Cegah Penyakit Kanker
Google
Lifestyle

Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan, kamu bisa menghindarinya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini.

WowKeren - Kanker menjadi penyakit yang banyak ditakuti. Banyak penelitian coba menemukan obat yang cocok untuk mengatasi salah satu penyakit mematikan tersebut.

Berbagai hal dikemukakan menjadi penyebab kanker. Namun, satu hal yang banyak dibahas mengenai penyebab kanker adalah soal gaya hidup. Ya, perubahan sedikit saja gaya hidup ternyata bisa mencegah kita terjangkit penyakit kanker.


Untuk melakukan kegiatan pencegahan yang besar, kita ternyata tidak harus melakukan hal yang rumit. Lewat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup, kita ternyata sudah melakukan pencegahan penyakit kanker.

Apa saja kebiasaan sederhana yang ternyata bisa menghindarkan kita dari penyakit kanker? Simak ulasannya berikut ini. Jangan lupa diterapkan, ya.

1. Tidur dalam Ruangan Gelap


Tidur dalam Ruangan Gelap
Google

Untuk mencegah terkena penyakit kanker, kamu bisa melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana seperti mematikan lampu saat tidur. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa paparan cahaya saat kita tidur bisa meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker seperti kanker ovarium dan payudara.

Cahaya yang dihasilkan lampu mampu menekan produksi normal dari melatonin. Zat tersebut merupakan zat kimia otak berfungsi untuk mengatur siklus bangun dan tidur kita. Menurunnya produksi melatonin mampu meningkatkan pelepasan sel kanker yang dipicu oleh estrogen.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa para wanita yang menyalakan lampu saat tidur berisiko tinggi terkena kanker payudara. Selain itu, para wanita yang tidak tidur di saat kadar melatonin mereka paling tinggi juga menunjukkan risiko yang sama.

Satu lagi penelitian dari International Journal of Health Geographics terkait faktor lampu ini. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa kanker payudara lebih banyak menjangkit wanita yang tinggal di daerah yang memiliki banyak lampu di jalan raya.

2. Kenali Tubuhmu Sendiri


Kenali Tubuhmu Sendiri
Google

Kebiasaan mudah lain yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyakit kanker adalah dengan mengenali tubuhmu sendiri. Melalui hal ini, kamu akan lebih peka terhadap perubahan-perubahan kecil yang tak semestinya ada pada tubuhmu.

Tanda-tanda awal kanker seringkali berhasil dideteksi awal pada orang-orang yang mengenal dengan baik tubuhnya sendiri. Beberapa benjolan kecil yang tiba-tiba ada pada beberapa anggota tubuh bisa menjadi awal kanker. Ingat, semakin awal kanker dideteksi, semakin banyak peluangnya untuk segera ditangani medis.

3. Hindari Makan Daging Olahan


Hindari Makan Daging Olahan
Google

Berbagai produk daging olahan memang terasa sangat lezat dikonsumsi. Namun, dengan mengurangi mengonsumsi berbagai produk daging olahan dalam kehidupan sehari-hari, bisa mencegahmu terkena penyakit kanker yang mematikan.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa mengonsumsi daging olahan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker. Hal itu disebabkan karena kandungan beberapa bahan yang sengaja ditambahkan untuk pengawet daging.

Jenis-jenis daging olahan seperti bacon, sosis, daging ham, daging kaleng dan sebagainya patut dihindari atau dikurangi konsumsinya mulai dari sekarang. Sementara itu, daging merah juga dikategorikan sebagai bahan yang kemungkinan bisa menyebabkan penyakit kanker. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang kerap mengonsumsi daging olahan terkena penyakit seperti kanker lambung, esofagus, dan juga kanker usus.

4. Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat


Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat
Google

Mencukupi kebutuhan serat tak hanya baik untuk kesehatan secara umum. Dengan rajin mengonsumsi makanan tinggi serat, kamu juga sekaligus telah melakukan perubahan gaya hidup yang mencegah kanker.

Makanan-makanan tinggi serat kerap kali dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit kanker usus besar. Makanan tinggi serat sendiri juga bisa kamu temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Sereal gandum, kacang polong dan juga berbagai jenis sayuran dan buah akan ampuh memerangi kanker. 10 porsi buah dan sayuran setiap hari akan menjauhkanmu dari risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

5. Batasi Mengonsumsi Makanan yang Dibakar


Batasi Mengonsumsi Makanan yang Dibakar
Google

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa arang yang dijadikan bahan untuk membakar beberapa jenis makanan bisa menyalurkan karsinogen ke dalam tubuh. Karsinogen merupakan zat-zat pemicu kanker. Zat tersebut mengubah DNA dalam sel-sel tubuh sehingga mengganggu proses-prose biologis.

Ketika makanan kita dipanaskan pada suhu yang tinggi, akan terbentuk formasi mutagenik zat kimia HCA (heterocyclic amines) dan juga PAH (polucyclic aromatic hydrocarbons). Zat-zat tersebut dapat menyebabkan berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, hati, usus besar, kulit, paru-paru, dan juga kanker prostat. Selain itu, risiko terkena leukimia juga meningkat akibat kadar HCA dan PAH yang terlalu tinggi.

6. Banyak Berjalan, Kurangi Duduk


Banyak Berjalan, Kurangi Duduk
Google

Berdasarkan penelitian Fred Hutchinson Cancer Research Center, wanita yang aktif atau melakukan olahraga akan lebih sedikit terkena penyakit kanker. Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa menurunkan kadar esterogen yang memicu kanker payudara dalam darah.

Tak perlu olahraga yang rumit, cukup dengan berjalan kaki, kamu sudah bisa mencegah terjangkit penyakit kanker. Selain itu, mengurangi durasi duduk juga bisa membantumu terhindar dari berbagai risiko terkena penyakit kanker.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan sebagian besar hari mereka dengan duduk memiliki risiko tinggi terkena kanker usus besar dan endometrium. Penelitian lain juga mengungkap bahwa orang yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan TV memiliki risiko terkena kanker usus besar hingga 54 persen. Untuk itu, mulai sekarang, mulailah membiasakan diri untuk lebih banyak berjalan kaki, ya.

7. Makan Brokoli yang Dikukus


Makan Brokoli yang Dikukus
Google

Berbagai makanan disebut-sebut bisa mencegah kita terjangkit penyakit kanker. Namun, ada satu sayuran yang dipercaya ampuh mencegah penyakit kanker. Sayuran tersebut adalah Brokoli.

Brokoli merupakan salah satu sayur yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi yang ingin mencegah kanker. Namun, ada satu cara mengonsumsi brokoli yang dipercaya lebih ampuh dalam mencegah kanker. Penelitian di Italia menyebutkan bahwa brokoli yang dikukus mengandung lebih banyak glukosinat, yakni komponen sehat dari sayuran. Nutrisi tersebut akan sangat ampuh untuk memberikan kebugaran sekaligus mencegah tubuh terkena kanker.

8. Hindari Lampu Pengering Ultraviolet di Salon Kuku


Hindari Lampu Pengering Ultraviolet di Salon Kuku
Google

Bagi kamu yang suka melakukan perawatan kuku di salon, tahap ini pasti sudah sangat akrab bagimu. Namun ternyata, tahapan tersebut bisa mengantarkanmu pada risiko terkena penyakit kanker.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Georgia Regents University, alat pengering kuku memancarkan radiasi sinar UVA yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Pancaran sinar tersebut juga bisa membuat DNA rusak dan memicu timbulnya penyakit kanker.

Oleh sebab itu, kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan tabir surya sebelum melakukan perawatan. Cara lain yang lebih aman adalah dengan membiarkan kukumu kering secara alami.

You can share this post!

Related Posts
Loading...