Mulai Kesehatan Hingga Kecantikan, Sederet Manfaat Minum Air Perasan Lemon Tiap Bangun Tidur
Health

Apa saja manfaat minum air perasan lemon dan kenapa harus di pagi hari? Cari jawabannya di sini.

WowKeren - Membahas soal kesehatan dan kecantikan, rasanya kita tak boleh melewatkan lemon. Ya, buah yang satu ini sudah lama dikaitkan dengan beragam manfaatnya. Lemon memang terkenal dengan kegunaannya untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Rupa-rupanya, bukan cuma pada kedua ranah tersebut. Lemon pun memiliki sederet manfaat menakjubkan lainnya. Lemon di antaranya ampuh digunakan untuk membersihkan peralatan dapur hingga menjadi pengusir serangga.


Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada waktu khusus yang sangat dianjurkan bagi kita untuk meminum air perasan jeruk lemon ini? Meski disebut baik untuk diminum di sepanjang hari, para ahli menyebutkan kalau air perasan jeruk lemon akan sangat bermanfaat jika diminum pagi hari, terlebih saat kita baru bangun tidur.

Lantas apa saja manfaat meminum air putih di pagi hari? Kenapa harus pagi hari? Simak artikelnya berikut ini.

(wk/silm)

1. Manfaat Minum Air Perasan Lemon di Pagi Hari


Manfaat Minum Air Perasan Lemon di Pagi Hari

Dilansir dari Insider pada Kamis (4/10), meminum air perasan lemon di pagi hari memunculkan banyak manfaat. Kenapa di pagi hari? Para ahli menyatakan bahwa air perasan lemon tetap memberikan manfaat jika dikonsumsi setiap saat. Namun, akan menimbulkan manfaat lebih jika dikonsumsi pada pagi hari. Hal itu terjadi lebih karena manfaat meminum air putih sendiri.

Minum segelas air dapat membantu tubuh kembali terhidrasi setelah lama tidur. Hal itu juga memberikan manfaat lebih untuk mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

Jika memulai hari dengan meminum air perasan lemon, tubuhmu akan mendapatkan manfaat lebih dari sekadar minum air putih. Tubuh juga akan mendapatkan manfaat dari kandungan vitamin C yang ada pada lemon.

Rajin mengonsumsi air perasan jeruk lemon di pagi hari ini juga akan memberikanmu beragam manfaat. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan, berikut ulasannya.

2. Air Perasan Lemon Mampu Mengurangi Kulit Kusam


Air Perasan Lemon Mampu Mengurangi Kulit Kusam

Lemon mengandung antioksidan tinggi yang mampu membantu mencegah kerusakan sel dan radikal bebas. Kedua hal tersebut diketahui menjadi salah satu alasan kulit bisa keriput dan berbagai masalah penuaan lainnya.

Dengan rutin mengonsumsi air perasan jeruk lemon di pagi hari, kamu bisa merasakan manfaatnya untuk kulit. Salah satunya berupa kulit menjadi lebih cerah dan terhindar dari kusam.

3. Air Perasan Lemon untuk Memperlancar Metabolisme Tubuh


Air Perasan Lemon untuk Memperlancar Metabolisme Tubuh

Air perasan jeruk lemon, baik hangat maupun dingin benar-benar menyimpan banyak manfaat. Air perasan lemon dipercaya mampu memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Air perasan lemon yang rutin dikonsumsi setiap hari akan dapat mengurangi kembung di perut. Selain itu, para ahli juga mengatakan bahwa kandungan asam sitrat dalam lemon dapat melengkapi asam lambung alami.

Air perasan jeruk lemon juga merupakan sumber potasium yang cukup baik. Kandungan mineralnya juga membantu menjaga kadar natrium agar tetap seimbang. Setelah rutin mengonsumsi air perasan lemon ini tiap pagi, kamu bisa merasakan manfaatnya dan melihat pinggangmu berukuran lebih kecil dan sehat.

4. Air Perasan Jeruk Lemon Jadi Sumber Vitamin C untuk Cegah Flu


Air Perasan Jeruk Lemon Jadi Sumber Vitamin C untuk Cegah Flu

Sebagai sumber vitamin C, meminum air perasan jeruk lemon di pagi hari juga menyimpan manfaat kesehatan. Salah satunya adalah untuk menghindarkanmu dari penyakit seperti flu dan demam.

Air perasan jeruk lemon juga mampu menangkal masuk angin dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Manfaatnya akan semakin terasa jika dipadukan dengan bahan alami herbal lainnya, seperti madu.

5. Air Perasan Jeruk Lemon Bantu Menurunkan Berat Badan


Air Perasan Jeruk Lemon Bantu Menurunkan Berat Badan

Lemon sudah lama dipercaya ampuh menjadi salah satu bahan makanan yang membantu diet. Hal itu juga dibuktikan dengan beragam penelitian.

Sebuah studi dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menemukan bahwa polifenol pada kulit lemon dapat mencegah tikus percobaan untuk tidak mengonsumsi lemak ekstra selama 2 minggu. Sama halnya dengan rutin mengonsumsi air perasan lemon di pagi hari, hal itu juga dipercaya mampu menurunkan berat badan berlebihan akibat tumpukan lemon.

6. Air Perasan Lemon untuk Memperbaiki Kesehatan Mental


Air Perasan Lemon untuk Memperbaiki Kesehatan Mental

Rahasia lain dari rutin mengonsumsi air perasan lemon di pagi hari ternyata juga berhubungan dengan kesehatan mental. Salah satu sumber mengatakan bahwa ia merasa lebih bersemangat usai rutin mengonsumsi air perasan lemon di pagi hari.

Meskipun demikian, banyak juga yang menyebut bahwa hal itu terjadi lantaran berat badan yang turun. Bagi orang yang merasa kelebihan berat badan, bisa langsing merupakan kabar baik, bukan? Itulah mungkin yang membuat perasaanmu bisa menjadi lebih ringan.

Apa saja manfaat mengonsumsi air perasan lemon di pagi hari secara rutin mungkin masih menjadi misteri. Namun, sejauh ini, semua efek menunjukkan hal yang positif. Jadi, tunggu apa lagi, cobalah mengonsumsi air perasan lemon secara rutin saat bangun tidur dan rasakan sendiri manfaatnya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait