'Reputation' Dinobatkan Jadi Album Terbesar Tahun Ini, Taylor Swift Samai Rekor Adele
Getty Images/Cameron Spencer
Musik

Hasil ini menandai ketiga kalinya Taylor meraih prestasi serupa, menyusul album '1989' dan 'Fearless'.

WowKeren - Tampaknya tak berlebihan jika 2018 disebut sebagai tahun tersukses bagi Taylor Swift. Pasalnya, album terbarunya yakni "Reputation" serta tur pendukungnya berhasil memecahkan banyak rekor. Dan kini, "Reputation" juga berhasil menyabet predikat chart-topping serta dinobatkan sebagai album terbesar tahun ini oleh Billboard.

"Reputation" tercatat berhasil mengambil keuntungan penuh dari grafik tahun 2018. Album ini memulai debutnya di peringkat pertama Billboard 200 sejak dirilis pada tahun 2017 lalu, dan bertahan selama empat minggu di posisi puncak. Tak hanya itu, "Reputation" juga bertahan di 40 besar selama 48 minggu. Hasil ini menandai ketiga kalinya pelantun "Look What You Made Me Do" tersebut menguasai grafik, setelah album "1989" dan "Fearless".


Dengan itu, Taylor juga menjadi musisi kedua yang memiliki album terbesar sepanjang tahun. Kekasih Joe Alwyn ini menyamai rekor Adele, yang meraih prestasi serupa pada tahun 2015 dengan albumnya "25", serta pada tahun 2011 dan 2012 lewat album "21".

Lihat postingan ini di Instagram

#Reputation is the No. 1 #billboard200 album of the year. Link in bio for all year-end charts. #yearinmusic

Sebuah kiriman dibagikan oleh Billboard (@billboard) pada

Mengekor di belakang Taylor, ada album "Scorpion" milik Drake. Album yang memecahkan banyak rekot ini telah merajai puncak chart Billboard 200 pada 14 Juli dan menghabiskan lima minggu pertama di peringkat pertama. Meskipun album ini tidak lagi berkuasa di chart mingguan, "Scorpion" masih masuk dalam sepuluh besar sampai sekarang.

Selanjutnya, ada Post Malone yang tak segan mencatat rekor baru lantaran dua albumnya, "Beerbongs & Bentleys" dan "Stoney", masing-masing menempati peringkat tiga dan delapan. Tentunya ini menjadi pertama kalinya seorang musisi mencantumkan dua albumnya sekaligus dalam peringkat sepuluh besar chart, setelah Justin Bieber dan Taylor melakukannya pada tahun 2010 silam. Album lain yang berhasil mencapai lima besar adalah album soundtrack "The Greatest Showman" dan album milik Ed Sheeran, "Divide".

Album debut Cardi B, yakni "Invasion of Privacy" mengambil posisi keenam. Sedangkan "Astroworld" milik Travis Scott (II) bertengger di peringkat tujuh. Kemudian "?" milik mendiang XXXTentacion berhasil meraih posisi sembilan, dengan "Culture II" milik Migos sebagai penutup daftar ini.

You can share this post!

Related Posts