Adele Profile
Adele Profile Photo

Adele

Profesi
Penyanyi jazz/soul
Nama Asli
Adele Laurie Blue Adkins
Tgl Lahir
May 5, 1988
Lahir di
Tottenham, London, UK
Profesi
Penyanyi jazz/soul
Populer
Merilis single "Chasing Pavements" (2008)
Tempat Lahir
Tottenham, London, UK
Tinggi Badan
175
Kewarganegaraan
Inggris
Ayah
Mark Evans
Ibu
Penny Adkins
Pekerjaan Ibu
Pembuat furnitur
Suami/Istri
Simon Konecki (pengusaha)
Anak-anak
Angelo James Konecki (laki-laki, L. 19-Okt-12)
Populer Sejak
Merilis single "Chasing Pavements" (2008)

Adele Laurie Blue Adkins atau yang lebih dikenal sebagai Adele merupakan penyanyi dan penulis lagu kelahiran Tottenham, London, UK, 5 Mei 1988. Dia adalah anak tunggal pasangan Penny Adkins dan Mark Evans. Namun sang ayah telah pergi sejak Adele berusia 2 tahun. Ia pun sempat mengaku belum bisa memaafkan sikap ayahnya itu.

Musik sudah jadi kecintaan Adele sejak usia 4 tahun. Ia sering tampil di pertunjukan yang digelar sang ibu dengan membawakan lagu-lagu milik Spice Girls. Adele pertama kali menulis lagu ciptaannya sendiri, "Hometown Glory", di usia 16 tahun.

Kecintaan Adele pada musik berlanjut hingga bangku kuliah. Selepas lulus dari The BRIT School for Performing Arts & Technology pada Mei 2006, Adele sering mengunggah lagu ciptaannya di situs PlatformsMagazine.com dan MySpace. Ia yang mulai terkenal di media online menapaki babak baru dalam karir bermusik ketika lagunya menarik perhatian XL Recordings.

Adele memulai karir profesionalnya dengan menyumbang suara di lagu "My Yvone" milik Jack Penate setelah bergabung dengan September Management dan XL Recordings di 2006. Ia kemudian merilis single perdananya, "Hometown Glory", 22 Oktober 2007.

Setahun kemudian, Adele berhasil merilis debut album "19". Lagu andalannya, "Chasing Pavements", yang dirilis pada 28 Januari 2008 berhasil meraih posisi puncak tangga lagu di Inggris dan Billboard Hot 100.

Vokal mumpuni Adele membawa album perdananya itu masuk nominasi dan mendapatkan penghargaan. "19" tercatat sebagai nominator ajang Mercury Prize 2008. Album berisi 12 lagu ini juga memborong 2 piala Grammy Awards 2009 untuk kategori Best Female Pop Vocal dan Best New Artist.

Adele kembali hadir lewat album kedua, "21", di 2011. Album ini diakui Adele terinspirasi dari kisah cintanya. Di album tersebut, Adele mencoba mengusung genre musik country yang dipadukan blues.

Lagu "Someone Like You" dari album "21" sukses ditampilkan Adele dengan gemilang di acara BRIT Awards 2011. Penampilannya itu berhasil mendongkrak penjualan album "19" dan "21". Tak hanya itu, "Someone Like You" dan "Rolling in the Deep" yang juga termasuk dalam "21" berhasil meraih posisi di 5 besar tangga lagu Inggris. Pencapaian tersebut merupakan prestasi besar menyamai rekor The Beatles di 1964.

Prestasi Adele di album kedua tak berhenti sampai di situ. "21" sukses mengalahkan catatan rekor album "Back to Black" (2006) milik Amy Winehouse sebagai album paling laris di sepanjang abad ke-21 dengan terjual sebanyak 3,4 juta copy di Inggris saja. Adele juga menjadi satu-satunya penyanyi yang berhasil membawa tiga single-nya, "Chasing Pavements", "Someone Like You" dan "Set Fire to the Rain", menempati posisi pertama tangga lagu Billboard Hot 100.

Selain itu, Adele merupakan penyanyi kedua setelah Beyonce Knowles yang membawa pulang 6 piala Grammy Awards sekaligus. Enam kategori di Grammy Awards 2012 yang dimenangkannya antara lain, Record of The Year, Album Terbaik, Lagu Terbaik, Penampilan Solo Terbaik, Album Pop Terbaik serta Video Musik Pendek Terbaik.

Penyanyi yang disebut sebagai 1 dari 100 orang berpengaruh di dunia versi majalah TIME ini kembali membuat pencapaian luar biasa, Oktober 2011. Ia tercatat sebagai satu-satunya penyanyi yang mendapatkan penghargaan Diamond Cerification dari RIAA (Asosiasi Industri Rekaman Amerika) sejak satu dekade terakhir.

Sayangnya Adele harus vakum sejenak setelah mengalami pendarahan pita suara di 2011. Akibatnya, Adele harus menjalani operasi bedah mikro di Boston dan terpaksa membatalkan 6 konser di Inggris serta 10 penampilan di Amerika.

Untungnya tak butuh waktu lama bagi Adele untuk comeback. Ia dipercaya menggarap dan menyanyikan single soundtrack film James Bond, "Skyfall", berjudul sama, yang rilis 2012. Lagu yang digarap dengan alunan musik orkestra itu sukses debut di posisi ke-8 tangga lagu Billboard Hot 100. Single tersebut juga berhasil memenangkan piala Golden Globe Award (2013) dan Academy Award (2013) kategori Best Original Song. Di tahun yang sama, Adele kembali meraih trofi Grammy Awards kategori Best Solo Pop Performance untuk lagu "Set Fire to the Rain".

Kesuksesan sebagai penyanyi membuat Adele kerap menjadi korban bullying artis lain. Ia pernah dikritik oleh desainer Jerman Karl Lagerfeld dan bintang TV Joan Rivers yang menganggapnya terlalu gemuk. Fans Lady GaGa bahkan sempat meledek penyanyi berkebangsaan Inggris itu lewat Twitter di 2011. "GaGa tidak akan memakai gaun dagingnya karena takut Adele akan memakannya," ejek seorang fans saat itu.

Namun kritikan membuat Adele tetap berkarya. Selain itu, ia juga menikmati kehidupannya sebagai seorang ibu. Adele saat ini telah dikaruniai seorang anak bernama Angelo James Konecki. Bayi yang lahir 19 Oktober 2012 ini merupakan buah cinta Adele dengan sang kekasih, Simon Konecki (sejak 2011).