Tak Hanya Mengatasi Nyeri di Kaki, Ini 10 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
healthline.com
Health

Garam epsom populer lantaran manfaatnya untuk mengurangi rasa nyeri. Nah, ketahui manfaat lainnya di sini.

WowKeren - Garam epsom merupakan salah satu hasil bumi yang kini dikenal luas manfaatnya. Garam ini disebut juga dengan garam Inggris karena berasal dari Surrey, salah satu daerah di negara tersebut.

Mulanya dikenal, garam epsom memang digunakan untuk meredakan nyeri. Pasalnya, ia memiliki kandungan magnesium dan sulfat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Manfaatnya memang digunakan untuk obat luar bukan di makan.


Nah, selain pereda nyeri, masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, lho. Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini, ya.

1. Garam Epsom Membasmi Pegal-Pegal pada Tubuh


Garam Epsom Membasmi Pegal-Pegal pada Tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa garam epsom memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit dalam kasus kram otot dan peradangan otot. Kandungan dalam garam epsom akan terserap kulit dan membuat otot yang tegang menjadi lemak kembali.

Garam epsom cocok bagi kalian yang sering merasa pegal setelah pulang bekerja atau berolahraga. Cukup tambahkan dua cangkir garam epsom ke dalam bak mandi kemudian berendamlah selama sekitar 10 menit. Dijamin pegal-pegal pada tubuh akan segera menghilang.

2. Gunakan Garam Epsom untuk Melancarkan Sembelit


Gunakan Garam Epsom untuk Melancarkan Sembelit

Garam epsom juga cocok buat kalian yang selama ini mengalami kesulitan buat air besar alias sembelit. Efek dari garam Inggris ini juga dapat membantu membersihkan usus besar atau membantu proses detoksifikasi usus besar. Garam satu ini akan membantu tubuh meningkatkan kadar air dalam usus besar sehingga membantu proses pembuangan sisa makanan di dalamnya.

Namun, konsumsi garam epsom harus dibatasi. Kalian tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak lantaran terdapat efek samping. Selain garam epsom, banyak makanan sehat yang ampun untuk mengatasi sembelit, simak di sini.

3. Detoksifikasi Tubuh dengan Garam Epsom


Detoksifikasi Tubuh dengan Garam Epsom

Tubuh memiliki cara sendiri untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun. Namun, terkadang hal itu tidak cukup. Kita juga harus membantu agar racun tidak menumpuk dan tubuh tetap sehat. Nah, kalian dapat menggunakan garam epsom untuk mengeluarkan racun tersebut.

Caranya adalah dengan berendam menggunakan garam epsom. Penelitian telah menemukan bahwa mandi dengan garam epsom membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui proses reverse osmosis. Pegal teratasi, tubuh pun bersih dari racun. Detoksifikasi juga dapat dilakukan dengan cara-cara berikut, simak di sini.

4. Garam Epsom Memperlancar Aliran dan Mencegah Pembekuan Darah


Garam Epsom Memperlancar Aliran dan Mencegah Pembekuan Darah

Manfaat selanjutnya dari garam epsom adalah memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah penyakit kardiovaskular serius. Garam ini akan mengurangi peradangan dan melindungi elastisitas arteri. Pembuluh arteri yang lebih sehat berarti lebih sedikit resiko terjadinya penggumpalan darah, penumpukan plak dan kerusakan pada dinding arteri.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kalian juga hanya perlu berendam dalam air yang sudah dicampur dengan garam epsom sekitar tiga hingga empat kali seminggu. Tekanan darah akan turun dan jantung juga akan sehat, lho.

5. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah


Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Sebelumnya telah disebutkan bahwa garam epsom mengandung magnesium dan sulfat yang baik untuk tubuh. Kedua kandungan tersebut dapat membantu kemampuan tubuh untuk memproduksi dan memaksimalkan penggunaan insulin. Hal tersebut berpengaruh pada kadar gula dalam darah.

Asupan reguler garam epsom baik secara oral maupun transdermal sangat baik bagi penderita kencing manis lantaran kadar gula darah bisa seimbang. Garam epsom juga akan meningkatkan energi harian secara keseluruhan.

6. Meredakan Stres dan Menenangkan Suasana Hati


Meredakan Stres dan Menenangkan Suasana Hati

Merasa tertekan karena pekerjaan? Atau ingin liburan namun kerjaan masih menumpuk? Atasi rasa stres tersebut dengan garam epsom. Magnesium di dalamnya berperan meningkatkan produksi serotonin sehingga tubuh menjadi lebih santai dan tenang. Stamina juga bisa meningkat dengan garam epsom, lho.

Masih sama seperti sebelumnya, garam epsom digunakan untuk mandi atau berendam. Jangan lupa gunakan air hangat agar pikiran lebih rileks. Lebih baik lagi jika kalian menambahkan aroma terapi ke dalam air mandi.

7. Garam Epsom Akan Membuat Tidur Lebih Nyenyak


Garam Epsom Akan Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur nyenyak sangat diperlukan untuk membuat tubuh fit dalam menjalani kegiatan keesokan harinya. Manfaat garam epsom yang dapat menenangkan pikiran dan mengendurkan otot-otot yang tegang sangat baik bagi kalian yang mengalami kesulitan tidur. Coba untuk mandi air hangat yang sudah dicampur dengan garam epsom sebelum tidur.

8. Membantu Mengeluarkan Serpihan Benda yang Masuk ke Kulit


Membantu Mengeluarkan Serpihan Benda yang Masuk ke Kulit

Pernah tertusuk serpihan kayu, kan? Tentunya hal tersebut cukup menyakitkan lantaran tak mudah untuk menyingkirkannya. Namun, dengan kandungan magnesium sulfat di dalam garam epsom, peradangan di sekitar luka akan berkurang serta melunakkan serpihan. Sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

9. Menjaga Kesehatan Kaki dari Jamur dan Bakteri


Menjaga Kesehatan Kaki dari Jamur dan Bakteri

Selain mengatasi pegal pada kaki setelah berjalan kaki jauh, garam epsom juga dapat mengobati kutu air dan infeksi jamur kuku, lho. Cukup merendam kaki dalam air hangat yang telah dimasukkan garam epsom selama sekitar 30 menit atau hingga air mendingin. Rasa gatal dan terbakar pada kaki karena jamur dan bakteri akan segera teratasi.

10. Garam Epsom dapat Mengobati Asam Urat


Garam Epsom dapat Mengobati Asam Urat

Bagi kalian yang memiliki asam urat juga bisa diobati dengan garam epsom, lho. Magnesium sulfat dengan cepat masuk ke dalam sendi yang bengkak dan sakit untuk meringankan rasa sakit serta peradangan. Penggunaannya masih sama, kalian hanya perlu merendam kaki atau mandi dengan air hangat yang sudah diberi garam epsom.

Wah, ternyata manfaat garam epsom banyak banget, ya? Hanya dengan berendam saja kalian sudah bisa merasakan banyak manfaatnya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...