8 Tips Menyamarkan Pori-Pori Besar dengan Trik Makeup, Wajib Coba!
Shutterstock
Lifestyle

Pori-pori yang besar membuat penampilan enggak flawless, ini tips mengatasinya!

WowKeren - Pori-pori merupakan jalan keluar keringat dan minyak di permukaan kulit yang kehadirannya sangat dibutuhkan. Namun, pori-pori yang membesar dapat menyebabkan masalah kulit lain. Apalagi jika kalian tidak rutin membersihkan wajah sehingga kotoran menutup pori-pori.

Pori-pori wajah yang besar juga membuat riasan tidak tampak flawless. Makeup juga tidak tahan lama karena minyak yang keluar menjadi berlebih. Bisa kebayangkan gimana penampilan kalian di hari penting jika pori-pori besar tidak di atasi?


Nah, untuk mengatasi pori-pori besar kalian dapat menggunakan trik makeup. Selain itu, ada beberapa cara alami juga, lho.

Penasaran gimana caranya? Simak di bawah ini, yuk!

(wk/nris)

1. Gunakan Primer untuk Menutup Pori-Pori


Gunakan Primer untuk Menutup Pori-Pori

Primer merupakan salah satu makeup yang berguna untuk menutup pori-pori. Saat menggunakan primer, kulit wajah akan terasa mulut sehingga makeup yang diaplikasikan juga lebih flawless. Primer juga dapat digunakan untuk meratakan warna kulit kalian. Tinggal memilih produk apa yang kalian inginkan.

Nah, untuk penggunaan primer, kalian hanya perlu mengaplikasikannya pada bagian yang terdapat pori-pori besar. Biasanya pada bagian T-zone, yakni dahi, hidung, area pipi dekat hidung dan dagu. Jangan lupa pastikan kalian memilih primer yang menahan produksi minyak.

2. Pilih Foundation yang Oil-Free dan Punya Hasil Matte


Pilih Foundation yang Oil-Free dan Punya Hasil Matte

Nah, tips selanjutnya adalah soal pemilihan foundation. Untuk menutupi pori-pori besar, kalian dapat memilih foundation yang oil free dan hasil matte. Produk tersebut akan membantu kalian mengontrol minyak berlebih. Ketika minyak terkontrol, pori-pori juga dapat tampak lebih kecil.

Selain itu, kalian harus mempertimbangkan tekstur foundation tersebut. Pilihlah foundation dengan tekstur cream atau powder. Foundation itu lebih baik dalam menyamarkan pori-pori besar daripada liquid. Pilih juga yang full coverage.

3. Gunakan Beauty Blender atau Sponge untuk Mengaplikasikan Foundation


Gunakan Beauty Blender atau Sponge untuk Mengaplikasikan Foundation

Pengaplikasian foundation juga harus kalian perhatikan. Agar pori-pori besar lebih menutup, kalian dapat menggunakan sponge atau beauty blender untuk mengaplikasikan foundation. Dengan menggunakan sponge, foundation akan lebih menyatu dan menutup.

Tips ini paling baik digunakan bagi kalian yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, sponge atau beauty blender akan memberikan hasil coverage tinggi dan menutup pori-pori lebih baik dari pada brush. Foundation juga akan lebih merata pada kulit.

4. Jangan Lupa Gunakan Bedak Tabur


Jangan Lupa Gunakan Bedak Tabur

Setelah menggunakan foundation, kalian tidak boleh lupa menggunakan bedak tabur. Bedak tabur berfungsi untuk mengunci produk liquid atau cream yang kalian gunakan. Nah, agar foundation tidak bergeser dan membuat pori-pori kembali terlihat, kalian bisa menggunakan teknik baking.

Caranya yakni mengaplikasikan bedak tabur dengan sedikit tebal pada wajah. Kemudian diamkan bedak pada wajah selama beberapa menit. Setelah itu ratakan pada kulit menggunakan kuas. Teknik baking membuat coverage yang lebih sehingga tampilan wajah lebih flawless dan tahan lama.

5. Gunakan Make up yang Mengandung Mineral


Gunakan Make up yang Mengandung Mineral

Apa kalian pernah mencoba makeup yang mengandung mineral? Produk riasan ini memang akan terasa ringan di wajah sehingga terasa seakan tidak menggunakan makeup. Namun, makeup yang mengandung mineral lebih baik bagi kalian yang memiliki pori-pori besar.

Produk makeup yang mengandung mineral tidak memiliki bahan-bahan berbahaya yang menyumbat pori-pori. Selain itu, kandungan mineral dalam produk umumnya berupa partikel kecil yang mampu mengisi pori-pori.

6. Gunakan Kertas Minyak Agar Pori-Pori Tampak Kecil


Gunakan Kertas Minyak Agar Pori-Pori Tampak Kecil

Tips riasan selanjutnya adalah menggunakan kertas minyak. Produk satu ini mampu untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah. Hal ini juga dapat membuat ukuran pori-pori mengecil tanpa membuat kulit mengering. Nah, untuk menggunakannya, kalian hanya perlu menepuk-nepukkan kertas minyak, bukan menggesernya.

7. Tren Kecantikan Es Batu untuk Mengecilkan Pori-Pori


Tren Kecantikan Es Batu untuk Mengecilkan Pori-Pori

Es batu terbukti mampu mengurangi produksi minyak di wajah. Pasalnya, es batu dapat mengecilkan pori-pori besar yang memproduksi minyak. Nah, penggunaannya mudah, kok. Kalian hanya perlu menggosokkan es batu pada seluruh area wajah. Pijat lembut hingga es batu mencair. Untuk manfaat es batu untuk kecantikan selanjutnya, simak di sini.

8. Rajin Eksfoliasi Kulit


Rajin Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit merupakan hal yang wajib dilakukan untuk merawat wajah. Selain mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi kulit wajah dapat membuat pori-pori wajah terlihat mengecil. Tapi, eksfoliasi dengan scrub tidak boleh dilakukan setiap hari. Lakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu. Kulit lebih mulus dan pori-pori juga akan mengecil.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait