Mau Jalan-Jalan Sendirian? 7 Kota di Indonesia Ini Cocok untuk Solo Traveling
neolimastrans.com
Travel

Banyak orang yang tertarik melakukan solo traveling namun bingung ingin kemana. Kalian bisa kunjungi 7 kota ini.

WowKeren - Apa kalian pernah melakukan solo traveling? Kegiatan ini banyak diminati orang lantaran terkesan tidak merepotkan. Seperti diketahui, jika traveling bersama-sama, kalian akan mengalami banyak kesulitan tak terduga.

Solo traveling sendiri memiliki banyak manfaat, lho. Mulai dari dapat mengenal diri sendiri, kalian dapat menikmati hari, biaya juga lebih hemat, kalian juga akan banyak belajar banyak hal baru dan lainnya.


Nah, banyak orang yang tertarik melakukan solo traveling namun bingung ingin kemana. Enggak perlu ke luar negeri, kok. Banyak kota di Indonesia yang cocok buat solo traveling.

Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Yogyakarta Bisa Jadi Destinasi untuk Solo Traveling


Yogyakarta Bisa Jadi Destinasi untuk Solo Traveling

Destinasi pertama yang dapat kalian kunjungi adalah Yogyakarta. Kota satu ini merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota yang kerap disebut Jogja ini adalah salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia dan juga Asing. Jogja memiliki daya tarik sendiri dengan sejarah, budaya dan wisata alam yang tak ada habisnya.

Kalian pasti sudah pernah mengunjungi Jogja beberapa kali, kan? Mungkin ini saatnya kalian keliling Jogja sendirian. Salah satu alasan Jogja cocok untuk solo traveling adalah transportasi publik yang sangat ramah. Jogja memiliki transportasi umum berupa bus Trans Jogja yang sudah aktif dan menjangkau banyak kawasan. Jadi, untuk menuju lokasi wisata sangat mudah.

Lantaran diminati wisatawan, banyak penyedia persewaan motor di Jogja. Buat yang ingin menuju lokasi wisata terpencil, kalian dapat mencobanya. Tarifnya pun sangat murah, lho. Selain itu, setiap sudut kota Jogja pasti memiliki penginapan nan murah. Untuk solo traveling, penginapan tak perlu yang mewah, kan? yang penting nyaman untuk istirahat setelah seharian berjalan-jalan.

Kalian juga bisa melihat pagelaran seni dan budaya yang banyak digelar. Belajar membatik juga jadi pilihan yang cocok, nih. Untuk masalah makanan, kalian juga enggak perlu khawatir. Makanan di Jogja dapat terbilang murah. Kalian juga dapat mencoba banyak kuliner tradisional yang masih dipertahankan keasliannya. Atau mencoba angkringan asik di sana. Menarik, bukan?

2. Berkunjung ke Solo Sendirian


Berkunjung ke Solo Sendirian

Kota selanjutnya yang tidak jauh dari Yogyakarta adalah Surakarta alias Solo. Kota ini dikenal dengan slogan "The Spirit of Java" yang menggambarkan semangat dan antusiasme masyarakat Kota Solo yang besar dalam mewariskan kebudayaan Jawa Kuno secara turun menurun.

Solo merupakan kota yang cocok untuk kalian yang ingin solo traveling demi mencari ketenangan. Akses menuju Solo sudah sangat mudah. Kalian dapat menggunakan bus antarkota, kereta api, pesawat maupun mobil pribadi. Selain itu, transportasi di Solo juga enggak kalah dari Jogja, lho. Solo memiliki Batik Trans Solo yang dapat kalian gunakan untuk bepergian dan keliling kota.

Berkunjung ke Solo, kalian wajib mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kalian dapat merasakan suasana kerajaan yang kental dan melihat benda-benda koleksi kerajaan yang sangat bersejarah. Selain itu, ada Taman Sriwedari yang memiliki beberapa fasilitas hiburan baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Kalian juga dapat mengunjungi banyak museum seperti, Museum Batik Danar Hadi dan Museum Radya Pustaka. Nikmati kesendirian kalian untuk mengenal banyak hal baru di Solo.

3. Kunjungi Bali Sendirian Asyik Juga


Kunjungi Bali Sendirian Asyik Juga

Umumnya, berlibur ke Bali pasti beramai-ramai. Namun, bagaimana rasanya jika mengelilingi Pulau Dewata sendirian, ya? Bali merupakan destinasi wisata yang indah dan terbilang sangat ramai. Setiap harinya, pulau ini tak pernah sepi pengunjung, mulai dari wisatawan lokal hingga asing.

Solo traveling ke Bali juga dapat dikatakan aman lantaran ramai wisatawan. Jika memutuskan berkunjung ke Bali sendirian, kalian dapat melakukan cafe hopping di Seminyak. Banyak kafe unik nan asik yang cocok untuk menghabiskan waktu dan mengisi feeds akun Instagram kalian.

Tak hanya itu, pantai dan belanja tentu enggak boleh terlewatkan jika ke Bali. Kalian dapat berkunjung ke beberapa pantai yang masih sepi di Bali, simak di sini. Buat yang ingin melihat barang-barang unik dan tradisional, coba kunjungi pasar Pasar Seni Sukowati dan Pasar Seni Ubud (Ubud Art Market).

4. Main-Main ke Lombok Sendirian juga Asik


Main-Main ke Lombok Sendirian juga Asik

Buat yang bosan ke Bali, Lombok mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Pulau ini menyimpan sejuta keindahan yang tidak kalah dari Bali. Salah satu kelebihannya, Lombok sudah memiliki label halal yang ramah buat kalian para turis muslim.

Berkunjung ke Lombok, tentu enggak lengkap jika kalian tidak menyaksikan langsung keindahan pantai di Lombok. Beberapa pantai seperti Pantai Sungkun, Tanjung Bloam, Gili Peletu, Pantai Surga dan masih banyak lagi menyajikan panorama yang tidak bisa kalian dapatkan di tempat lain. Kalian bisa simak selengkapnya pantai indah Lombok di sini.

Tak hanya pantai, Lombok memiliki wisata lain yang dapat kalian kunjungi. Sebut saja Rumah Pohon Gangga, Bukit Selong, Air Terjun Madu dan Air Nyet Sesaot cocok untuk yang ingin menikmati bukit hijau nan indah. Nah, bagaimana menurut kalian? Jadi pengen main-main ke Lombok, ya.

5. Solo Traveling Flores Tak Ada Salahnya


Solo Traveling Flores Tak Ada Salahnya

Solo traveling ke Flores mungkin enggak mudah. Kalian juga membutuhkan banyak biaya yang tidak sedikit lantaran lokasinya yang jauh dan belum semudah Pulau Jawa. Namun, biaya dan usaha yang kalian keluarkan dijamin worth it banget!

Nah, jika berkunjung ke Flores, kalian sebaiknya tidak malu untuk bertanya. Tenang saja, masyarakat Flores dikenal ramah, kok. Kalian bakal mendapat banyak bantuan dari mereka. Selain itu, untuk transportasi lebih baik berhati-hati lantaran banyak lokasi wisata yang harus melewati jalur licin, berliku-liku dan berbukit. Jadi, sebaiknya gunakan ojek yang lebih mengenal jalur di sana dari pada menyewa kendaraan.

Lokasi wisata di Flores memang lebih banyak berada di pelosok. Kalian bisa berkunjung ke danau Kelimutu yakni Danau 3 warna, berkunjung ke desa unik Wae Rebo dan wisata lainnya yang lokasinya cukup jauh. Tapi, kalian enggak bakal rugi deh!

6. Solo Traveling ke Batu, Malang


Solo Traveling ke Batu, Malang

Kota selanjutnya yang dapat kalian kunjungi adalah Malang, tepatnya Batu. Kalian pasti sudah tidak asing dengan kota satu ini, kan. Batu, Malang merupakan destinasi wisata yang sudah sangat terkenal. Kota ini punya banyak destinasi wisata yang enggak membosankan.

Batu, Malang memiliki wisata yang terbilang lengkap banget. Mulai dari yang punya wahana seperti Jatim Park dan Batu Night Spectacular, wisata alam, yakni Coban Talun dan Omah Kayu. Selain itu, ada beberapa museum yang patut kalian kunjungi, Omah Munir, Museum Malang Tempo Doeloe, Museum Musik Indonesia, Museum Angkut dan lainnya.

Saat berada di Malang, kalian juga dapat berkunjung ke banyak tempat makan dan kafe asyik. Salah satunya toko es krim tua yang sangat terkenal yang bernama Toko Oen. Yuk Solo traveling ke Malang.

7. Traveling ke Bandung Sendirian Bakal Asyik Banget


Traveling ke Bandung Sendirian Bakal Asyik Banget

Nah, kota selanjutnya adalah Bandung. Kota satu ini kita tengah banyak terdapat pembangunan dimana-mana. Kota ini tidak hanya nyaman untuk masyarakat setempat namun juga wisatawan.

Berkunjung ke Bandung, kalian enggak perlu mengeluarkan uang banyak untuk ke tempat wisata. Kalian dapat menelusuri banyak taman menarik dengan tema-tema khusus, seperti Taman Film, Taman Lansia, Taman Musik Centrum, Taman Fotografi, Taman Jomblo, Taman Pustaka Bunga, dan Taman Persib, bahkan Alun-alun Kota Bandung pun kini udah keren banget, lho.

Selain itu, kalian tidak boleh melewatkan wisata di Lembang seperti Farm Hous Susu, De' Ranch, Gunung Putri Lembang, Floating Market dan Mini Town dan masih banyak lagi. Eit, jangan lupa main-main ke Gedung Sate dan Kota Tua, ya.

Berikut terdapat tips agar solo traveling tetap menyenangkan, simak di sini. Nah, buat yang ingin tahu cara traveling asyik dan hemat dengan uang pas-pasan, yuk baca di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait