7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Solo Traveling Menyenangkan dan Tetap Aman
Travel

Pertama kali ingin mencoba perjalanan seorang diri? Jangan lupa untuk menerapkan tips-tips penting ini, ya.

WowKeren - Pernah mendengar istilah solo traveling? Solo traveling adalah perjalanan yang dilakukan sendirian saja. Pelakunya, yakni solo traveler, merupakan orang-orang yang menikmati melakukan perjalanan sendirian tanpa harus ada yang menemani.

Tipe pelancong memang banyak, sebagian orang mengaku senang melakukan perjalanan jika beramai-ramai, namun tak sedikit juga orang yang lebih menikmati me time mereka dengan memilih melakukan perjalanan sendirian. Eits, tapi jangan salah sangka dulu, ya. Meski melakukan perjalanan sendirian, beberapa orang menyatakan bahwa pilihan solo traveling ini begitu menyenangkan. Bagaimana tidak, kamu bisa bebas memilih destinasi wisatamu sendiri, tidak perlu repot memikirkan pendapat banyak orang dan bisa melenggang sesuka hati.


Meskipun demikian, saat memilih melakukan solo traveling, kamu tetap harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah keamanan. Ya, melakukan perjalanan sendirian agaknya memang menuntutmu untuk lebih waspada. Akan tetapi, jangan lantas terlalu khawatir karena semua itu bisa disiasati.

Lalu apa saja hal yang harus kamu lakukan untuk perjalanan solo traveling yang aman, tapi tetap menyenangkan? Simak tipsnya berikut ini.

(wk/silm)

1. 1. Siapkan Tempat Tujuan Liburan


1. Siapkan Tempat Tujuan Liburan

Pertama-tama, hal yang harus kamu siapkan sebelum melakukan perjalanan sendirian adalah menentukan tujuan liburan. Baca beberapa ulasan mengenai tempat-tempat tujuan wisata yang akan kamu datangi.

Setelah menentukan beberapa tempat tujuan, jangan lupa juga untuk membaca ulasan-ulasan mengenai bagaimana keadaan sekitar tempat wisata pilihanmu. Misalnya, bagaimana cara mencapainya dengan kendaraan umum hingga harga tiket masuk dan jam buka.

Hal itu akan sangat membantumu saat melakukan perjalanan nantinya. Dengan segala persiapan matang di awalnya, maka kamu tidak harus merasa panik saat harus datang sendirian ke tempat pilihanmu.

Berbeda dengan saat kamu bersama teman-teman, saat solo traveling kamu harus menentukan segalanya sendiri. Jadi, persiapan matang di awal sangatlah berguna. Oiya, jangan lupa juga untuk menyusun perjalanan wisatamu dalam sebuah daftar khusus atau itinerary.

2. 2. Pilih Penginapan yang Ramah Bagi Solo Traveler


2. Pilih Penginapan yang Ramah Bagi Solo Traveler

Hal kedua yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan perjalanan solo traveling yang aman dan menyenangkan adalah dengan memilih penginapan yang sesuai. Sebelum melakukan perjalan sendirian, pastikan kamu sudah mendapatkan penginapan yang sesuai, jika kamu memang berencana untuk menginap di kota tujuan wisatamu. Penginapan yang aman dan nyaman akan membuat perjalanmu semakin menyenangkan.

Kamu bisa memesan kamar di penginapan-penginapan yang akrab dengan para solo traveler. Kamu bisa memesan kamar di sebuah homestay, B&B, ataupun penginapan kecil yang memang banyak digunakan untuk para solo traveler. Jangan lupa untuk membaca ulasan-ulasan mengenai penginapan tersebut.

Beberapa penginapan memang sengaja dibuat untuk para solo traveler maupun backpacker. Carilah penginapan seperti itu dan kamu akan merasa aman dan nyaman karena lingkungan mereka sudah terbiasa dengan pejalan jenis ini. Jangan lupa untuk bersosialisasi dengan para pejalan lain nantinya, siapa tahu kamu akan menambah teman dan terlibat percakapan yang menyenangkan dengan sesama solo traveler.

3. 3. Minimalkan Barang Bawaan dan Jangan Lupa Bawa Identitas Penting


3. Minimalkan Barang Bawaan dan Jangan Lupa Bawa Identitas Penting

Jika semua persiapan sudah lengkap, kini saatnya kamu menyiapkan barang-barang bawaan. Berjalan sendirian berarti tidak akan ada yang membantumu membawakan barang-barang. Jadi, usahakan untuk mengemas barang-barang seminimal mungkin. Dengan membawa jumlah barang yang sedikit akan memudahkanmu untuk bergerak bebas menikmati liburan. Kamu juga tidak perlu merasa terganggung dan repot mengurus barang-barang bawaanmu.

Kendati demikian, jangan lupakan identitas-identitas penting milikmu, ya. Jangan lupa untuk memasukkan dokumen-dokumen penting seperti KTP, Paspor, dan juga tiket kendaraan umum. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor-nomor penting yang bisa kamu hubungi saat keadaan darurat.

4. 4. Kenali Lingkungan dan Jangan Segan Bertanya


4. Kenali Lingkungan dan Jangan Segan Bertanya

Sesampainya di tempat tujuan, kamu mungkin akan sedikit merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun, jangan lantas panik. Cobalah tenang dan amati keadaan sekitar.

Jika kamu tidak yakin akan suatu hal, misalnya arah menuju ke penginapan atau tempat tujuanmu, jangan segan untuk bertanya kepada orang-orang yang bertanggung jawab. Jika lama berdiam diri dengan pandangan kosong, kamu bisa saja dimanfaatkan oleh beberapa orang jahat. Jadi, tersenyum dan bertanyalah pada beberapa orang yang kamu yakin bisa memberimu bantuan.

Saat sampai di tempat tujuan, kamu juga harus mengaktifkan kepekaanmu akan arah jalan. Tandai tempat-tempat yang penting, misalnya beberapa patung atau bangunan-bangunan penanda arah yang bisa kamu ingat. Jangan lupa juga untuk tidak memakai pakaian atau perhiasan yang mencolok. Hal itu akan membantumu terhindar dari orang-orang yang berniat jahat.

5. 5. Tetap Berhubungan dengan Orang-orang di Rumah


5. Tetap Berhubungan dengan Orang-orang di Rumah

Meski sedang melakukan perjalanan liburan, tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, terutama orang-orang di rumah, adalah hal penting. Jangan buat mereka khawatir dengan keadaanmu.

Usahakan untuk tetap mengabarkan keadaanmu saat berangkat, di tempat tujuan, hingga saat pulang kembali. Hal itu juga akan sekaligus memantau keadaanmu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. 6. Live Like Local


6. Live Like Local

Bukan hanya saat melakukan solo traveling, live like local harus selalu coba kamu terapkan setiap melakukan perjalanan ke tempat yang baru. Ya, mencoba beberapa hal yang dilakukan orang-orang lokal di tempat tujuanmu akan membuat liburan semakin menyenangkan.

Pelajari beberapa bahasa dan kebudayaan mereka, atau mungkin juga kuliner khas di sana, maka kamu akan mendapatkan pengalaman menyenangkan selama melakukan perjalanan. Jangan segan untuk bergabung dengan beberapa penduduk lokal dan mulai percakapan yang menyenangkan.

Siapa tahu hal itu akan sangat menguntungkan bagimu di kemudian hari. Inti dari solo traveling adalah jangan takut untuk melakukan beberapa hal baru, termasuk berkomunikasi dan mempelajari budaya baru baik dari orang-orang lokal maupun sesama pelancong lain.

7. 7. Nikmati Setiap Momen


7. Nikmati Setiap Momen

Menikmati setiap momen adalah kunci liburan yang menyenangkan. Mengambil foto memang menjadi hal yang penting saat sedang liburan. Akan tetapi, jangan sampai gara-gara terlalu banyak mengambil foto, kamu justru melewatkan banyak hal. Ambil beberapa foto untuk kenangan dan lebih banyak nikmati suasana baru di tempat liburan dengan kedua matamu secara langsung akan lebih menyenangkan.

Menikmati setiap momen juga akan membuat perjalananmu semakin berkesan. Misalnya, saat harus berjalan kaki jauh atau salah naik kendaraan umum, buat hal tersebut menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan memandangnya dari sudut pandang lain. Dijamin deh kamu bakal ketagihan melakukan solo traveling yang kini digemari banyak orang dan sedang menjadi tren ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait