Wajib Tahu! 10 Makanan-Minuman yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Organ Vital Wanita
Health

Makanan dapat mempengaruhi kesehatan organ vital wanita, lho. Ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan ada yang harus dihindari. Ayo simak di bawah ini.

WowKeren - Kesehatan organ intim merupakan sesuatu yang penting bagi seorang wanita. Pasalnya, organ satu ini berperan sebagai sistem reproduksi yang selayaknya harus sehat dan stabil.

Banyak wanita yang masih melupakan perawatan khusus dan kesehatan bagi organ intimnya. Kebanyakan malah memperhatikan kecantikan kulit wajah. Meski tak terlihat, kalian wajib memperhatikan kesehatan organ vital, ya.


Menjaga kesehatan organ vital dapat melalui beragam cara. Mulai dari jangan menahan kencing, jangan gunakan sabun mandi biasa untuk membersihkannya, jaga vagina tetap kering dan masih banyak lagi. Untuk selengkapnya, kalian bisa simak di sini.

Selain itu, makanan juga dapat mempengaruhi kesehatan organ vital wanita, lho. Ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan ada yang harus dihindari.

Nah, berikut 10 makanan yang baik dan buruk dikonsumsi untuk kesehatan organ vital wanita. Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Bawang Putih dapat Menjaga Kesehatan Organ Vital


Bawang Putih dapat Menjaga Kesehatan Organ Vital

Siapa di antara kalian yang tidak menyukai bawang putih karena baunya yang tidak sedap? Perlu kalian tahu bahwa bawang putih memiliki manfaat yang sangat besar. Mulai dari untuk penderita kolesterol tinggi, mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko kanker dan lainnya. Kalian dapat melihat manfaat selengkapnya di sini.

Selain itu, bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan organ vital wanita. Peneliti menemukan, ternyata bumbu dapur ini dapat melawan pertumbuhan jamur Candida. Maka, mengonsumsi bawang putih dapat menjauhkan kalian dari resiko keputihan dan infeksi pada vagina.

2. Konsumsi Tahu dan Tempe untuk Kesehatan Vagina


Konsumsi Tahu dan Tempe untuk Kesehatan Vagina

Buat yang tidak menyukai bawang putih, tahu dan tempe bisa jadi pilihan yang tepat. Tahu dan tempe akan membuat kelembapan vagina berada di tingkat yang pas. Tingkat kelembapan vagina yang pas merupakan dampak dari tingkat estrogen dalam tubuh, membantu menjaga vagina lebih elastis dan dilumuri dengan kadar cairan yang tidak berlebihan.

Perlu kalian tahu bahwa tahu dan tempe mengandung isovlafin yang perannya menyerupai estrogen. Olahan kacang kedelai ini juga bersifat hidrofilik yang berarti memberi banyak kadar air untuk vagina dan mencegahnya menjadi kering.

3. Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Organ Intim Wanita


Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Organ intim wanita yang dijaga kesehatannya merupakan tempat yang baik untuk lactobacillus. Bakteri baik ini akan menjaga kadar pH di sekitar organ intim tetap seimbang. Nah, kalian dapat mengonsumsi yogurt untuk memasok adanya bakteri baik.

Konsumsi probiotik, termasuk yogurt telah terbukti dapat membantu wanita yang menderita vaginitis kronis atau kondisi ketidaknyamanan pada vagina dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks. Yogurt paling baik adalah yang tidak memiliki pemanis di dalamnya, ya.

4. Ikan Seperti Salmon dan Tuna


Ikan Seperti Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna memiliki asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut akan mengurangi respon inflamasi sehingga mampu meringankan rasa kram saat menstruasi. Selain itu, omega-3 akan mengurangi kekeringan pada organ intim.

Cara terbaik untuk mengolah salmon adalah dengan memanggangnya dengan sedikit minyak. Kalian bisa menambahkan sayuran seperti bayam atau brokoli sebagai makanan pendamping. Selain itu, kalian dapat memasukkan salmon pada salah sayuran.

5. Jaga Kesehatan Vagina dengan Konsumsi Kacang-Kacangan


Jaga Kesehatan Vagina dengan Konsumsi Kacang-Kacangan

Makanan selanjutnya yang dapat membantu menjaga kesehatan vagina adalah kacang-kacangan. Lemak sehat yang ada di dalam kacang-kacangan dapat mengatur kolesterol, menjaga kadar estrogen tetap seimbang dan kemudian akan menciptakan lapisan mukosa yang sehat yang dapat membantu menangkal infeksi.

6. Minum Teh Hijau dapat Atasi Infeksi Saluran Kemih


Minum Teh Hijau dapat Atasi Infeksi Saluran Kemih

Teh hijau umumnya dikonsumsi orang-orang yang tengah diet. Teh hijau dapat membakar lemak perut, mengatasi masuk angin, mengeluarkan racun dari tubuh dan masih banyak lagi.

Kalian juga dapat memanfaatkan teh hijau untuk menjaga kesehatan vagina. Kandungan katekin di dalamnya mampu membantu mengatasi infeksi saluran kemih. Vagina akan aman dari infeksi sehingga membuat kalian bebas beraktivitas. Simak bahan alami lainnya yang dapat mengatasi infeksi saluran kemih di sini.

7. Hindari Makanan dan Minuman Manis


Hindari Makanan dan Minuman Manis

Selanjutnya kita beralih pada makanan dan minuman yang buruk bagi kesehatan vagina. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat merusak atau membunuh bakteri penting pada vagina.

Nah, jika tidak ada bakteri baik yang melindungi, akan terdapat meningkatkan resiko infeksi jamur, nyeri dan iritasi. Maka dari itu, sebaiknya jangan konsumsi makanan manis berlebihan meski kalian sangat menyukainya, ya.

8. Jangan Konsumsi Alkohol


Jangan Konsumsi Alkohol

Minuman selanjutnya adalah alkohol. Minuman ini akan menyebabkan vagina terkena dehidrasi sehingga cairan dalam tubuh bisa berkurang drastis. Tak hanya itu, alkohol memiliki banyak dampak buruk untuk tubuh. Kalian sebaiknya menghindari minuman ini atau bahkan tidak mengonsumsinya sama sekali.

9. Jangan Makan Keju Berlebihan


Jangan Makan Keju Berlebihan

Keju merupakan makanan olahan susu yang memiliki banyak penggemar. Namun, mengonsumsi keju berlebihan dapat menyebabkan bakteri bersarang di organ vital wanita.

Hal ini lantaran keju dapat mengganggu pH seimbang vagina sehingga banyak bakteri patogen dan jamur tumbuh subur di pH yang tidak sesuai. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi keju secukupnya saja, ya.

10. Konsumsi Daging Merah Bikin Vagina Bau


Konsumsi Daging Merah Bikin Vagina Bau

Kalian mungkin tidak tahu bahwa daging merah dapat membuat vagina mengeluarkan bau tidak sedap. Daging merah bisa meningkatkan produksi keringat pada tubuh semakin bertambah sekaligus berbau.

Selain itu, mengonsumsi daging merah juga dapat mempengaruhi pH pada vagina. Kalian tidak mau vagina berbau, bukan? Imbangi makan daging merah dengan buah dan sayuran, ya.

Masalah pada organ vital wanita sangat beragam, salah satunya adalah keputihan. Nah, simak penyebab keputihan yang perlu kalian waspadai di sini. Selain itu, ketahui cara mengatasi keputihan secara alami di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait