Susi Pudjiastuti Tak Setuju Kapal Pencuri Ikan Dilelang: Apa Mau Jadi Dagelan Negeri Ini?
Instagram/susipudjiastuti115
Nasional

Jika kapal pencuri ikan yang berhasil ditangkap dilelang, maka tidak menutup kemungkinan akan digunakan kembali oleh pihak asing untuk mengeruk hasil laut di Indonesia.

WowKeren - Kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dinilai cukup efektif untuk memberikan efek jera. Namun, bukan berarti tak ada pihak yang kontra dengan kebijakan ini. Daripada harus ditenggelamkan, kapal-kapal tersebut bisa dilelang.

Tentu saja, usulan ini ditolak tegas oleh Susi. Ia memiliki alasan kuat mengapa enggan melelang kapal ilegal yang ditangkap di laut Indonesia.

Menurut Susi, melelang kapal pencuri ikan bukan solusi efektif untuk memberantas aksi illegal fishing. Sebab, tidak menutup kemungkinan kapal yang dijual tersebut akan dipakai lagi untuk mencuri ikan di perairan Tanah Air. Dengan kata lain, penangkapan kapal akan menjadi sia-sia.

"Kalo ikan dilelang oke lah," kata Susi di Kalimantan Barat, Sabtu (4/5). "Tapi kalau kapal yang dilelang, kita jual lagi dan dijadikan alat mencuri lagi, akhirnya kita tangkap lagi untuk kedua kali. Apa mau jadi dagelan negeri kita?"


Apa yang dikatakan Susi tak hanya sebatas opini. Sebab, selama ini itulah yang terjadi. Sering terjadi ketika kapal pencuri ikan yang ditangkap dilelang kembali, ternyata kapal tersebut dibeli oleh pihak asing dan digunakan mencuri lagi di lautan Indonesia.

Ia mencontohkan ketika Indonesia berhasil menangkap kapal seharga Rp 10 miliar. Kemudian kapal tersebut dilelang seharga Rp 1 miliar. Ironisnya, dengan kapal yang didapatkan dari hasil lelang itu, pihak asing bisa mencuri ikan dengan total nilai Rp 3 miliar sekali perjalanan.

"Tapi persoalannya kadang-kadang kita ragu, kita tidak confident," jelas Susi. "Baru dua tahun, oh kenapa enggak dilelang, kenapa enggak sayang itu barang ditenggelamkan. Sedangkan itu harga Rp 10 miliar, kalo dilelang Rp 1 miliar. Yang dicuri satu trip aja dia dapet Rp 3 miliar. Kamu sayang ga sama ikan kita? Sumber daya ekonomi kita."

Hari ini, Sabtu (4/5) Susi akan mulai menenggelamkan 26 kapal di Pontianak. Ia menegaskan bahwa penenggelaman kapal bukan murni idenya. Melainkan, ia hanya menjalankan sesuai apa yang tertulis dalam undang-undang.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait