Sering Sedih? Intip 8 Kegiatan Sederhana Yang Ampuh Banget Untuk Tingkatkan Mood
Lifestyle

Enggak perlu mahal, ada beberapa kegiatan sederhana yang dijamin bisa tingkatkan mood kalian loh. Kegiatan sederhana ini bakal membuat kalian lebih bahagia.

WowKeren - Setiap orang pasti pernah mengalami bad mood. Bad mood biasanya ditandai dengan suasana hati yang buruk, mudah sekali marah, dan juga galau tanpa sebab. Salah satu penyebab bad mood adalah bekerja terlalu keras atau terlalu lelah.

Jangan disepelekan, saat bad mood banyak orang yang akan merasakan sedih berkepanjangan. Nah untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat aga bisa melupakan masalah-masalah yang kalian alami.


Enggak perlu mahal, ada beberapa kegiatan sederhana yang dijamin bisa tingkatkan mood kalian loh. Kegiatan sederhana ini bakal membuat kalian lebih bahagia, tak hanya itu beberapa kegiatan ini juga bagus untuk kesehatan fisik kalian loh.

Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 kegiatan sederhana yang bisa tingkatkan mood kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Berjalan-jalan Di Alam Terbuka Bisa Membuat Hati Kita Menjadi Tenang


Berjalan-jalan Di Alam Terbuka Bisa Membuat Hati Kita Menjadi Tenang

Saat kalian merasa mood sedang buruk, ada baiknya kalian berjalan-jalan di alam terbuka dan tidak mengurung diri di kamar saja. Ada sebuah penelitian yang menjadikan 123 partisipan sebagai sampel penelitian ini menemukan bahwa dengan duduk di alam terbuka selama 5 menit maka mood seseorang bisa baik lagi.

Para partisipan yang ikut dalam penelitian ini diminta untuk mematikan gadget mereka. Tujuannya adalah supaya mereka dapat fokus dengan suasana hati mereka sendiri. Hasilnya, saat partisipan berada di taman kampus yang diibaratkan sebagai lokasi outdoor, mood mereka jadi jauh lebih baik dibanding saat mereka ada di laboratorium loh.

2. Istirahat Cukup Bisa Jadi Obat Ampuh Naikkan Mood


Istirahat Cukup Bisa Jadi Obat Ampuh Naikkan Mood

Bukan rahasia lagi jika tidur dan istirahat yang cukup bisa membuat mood kita membaik. Penelitian dari Journal of Sleep Research menemukan bahwa orang yang kurang tidur jadi lebih sering mood-nya turun dibanding orang yang jam tidurnya cukup.

Selain itu, The National Sleep Foundation (NSF) mengatakan bahwa tidur siang singkat dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati, kewaspadaan, dan semangat kerja pada orang dewasa. NSF menyarankan, bila kalian ingin meningkatkan mood, tidurlah selama 20-30 menit di siang hari. Waktu tersebut cukup untuk mengusir kantuk dan memunculkan kembali mood yang ceria kalian.

3. Kalau Sedang Bad Mood, Lebih Baik Mendengarkan Musik Saja


Kalau Sedang Bad Mood, Lebih Baik Mendengarkan Musik Saja

Benar faktanya jika musik mampu memperbaiki mood seseorang yang mendengarkannya. Dalam jurnal yang berjudul Nature Neuroscience, dibuktikan bahwa mendengarkan musik yang kalian sukai dapat menenangkan jiwa kita dan membuat perasaan menjadi lebih baik.

Selain itu, penelitan di Universitas Yale yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran menunjukkan adanya pengurangan tingkat stress pada pasien yang akan di operasi jika mendengarkan musik. Pasien menjadi lebih santai dan kecemasan berkurang. Selain itu, lirik-lirik lagu yang positif pun bisa mengembalikkan semangat kalian kan?

4. Sedang Bad Mood Dan Ingin Bercerita? Menulis Buku Harian Jawabannya!


Sedang Bad Mood Dan Ingin Bercerita? Menulis Buku Harian Jawabannya!

Jika sedang sedih, kalian cenderung ingin menuangkan perasaan pada seseorang. Namun jika tak ada siapapun yang bisa diajak bicara, buku harian bisa menyelamatkan loh. Menurut Dr. James Pennebaker, seorang psikolog mengatakan bahwa menulis buku harian juga telah terbukti menurunkan depresi, kecemasan, peningkatan mood yang positif, dan keterlibatan sosial.

Menulis memang menggunakan otak kiri yang pada dasarnya berfungsi sebagai analisis dan rasional, sementara saat otak kiri kamu sibuk, otak kanan kamu akan sibuk mengendalikan emosi dan berimajinasi. Dengan cara ini, menulis memungkinkan kita menggunakan lebih banyak kekuatan otak kalian untuk lebih memahami diri dan dunia di sekitar.

5. Bertemu Dengan Teman Atau Orang Tersayang Bisa Bantu Mood Naik


Bertemu Dengan Teman Atau Orang Tersayang Bisa Bantu Mood Naik

Interaksi dengan teman atau sekedar berbicara atau berbagi cerita bisa membuat hati kalian jadi lebih lega.Terlebih teman yang jenaka dan berhasil membuat tertawa. Selain itu, kalian bisa bertemu pacar, adik, kakak, sahabat atau bahkan orangtua untuk mengusir bad mood yang melanda.

Menemui orang yang disayang bisa jadi mood booster tersendiri, lho, sama seperti halnya berpelukan. Ini karena endhorpin yang ada dalam tubuh, bisa dikeluarkan dengan cepat sehingga menimbulkan kegembiraan dan perasaan kita pun menjadi lebih baik. Tersenyum dan berbicaralah kepada seseorang yang membuat kalian bahagia.

6. Makan Makanan Enak Dijamin Bakal Bikin Kalian Bahagia


Makan Makanan Enak Dijamin Bakal Bikin Kalian Bahagia

Makan makanan enak memang sering dijadikan mood booster bagi orang yang sedang bad mood. Untuk membantu meningkatkan suasana hati, kalian bisa makan cokelat, sayur, dan buah. Kandungan dalam cokelat dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin.

Nah kedua hormon ini akan mengurangi kecemasan dan stres, serta membantu suasana hati agar jauh lebih baik. Selain itu, makan buah dan sayuran juga bisa menyehatkan tubuh dan pikiran loh. Sebuah penelitian terbaru pada 3.500 orang yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychiatry menunjukkan bahwa orang yang makan sayuran lebih jarang terkena depresi.

7. Olahraga Bisa Bikin Mood Kalian Naik Sekaligus Sehat


Olahraga Bisa Bikin Mood Kalian Naik Sekaligus Sehat

Tak hanya sehat bagi fisik, berolahraga ternyata juga bisa menyehatkan secara mental loh. Dengan kita berolahraga seperti lari, renang, bersepeda atau olahraga lainnya dapat memicu pelepasan endhorpin. Seperti yang disebutkan sebelumnya hormon endhorpin membantu kita untuk mengurangi kecemasan dan stres.

Profesor Daniel M. Landers dari Universitas Arizona membuktikan dengan kita berolahraga dapat mengurangi ketegangan saat stress dan bisa meredam emosi. Peningkatan mood terjadi secara signifikan setelah kita berolahraga 30 sampai 45 menit. Jadi jangan ragu untuk berolahraga jika sedang bad mood.

8. Mempelajari Hal Baru Bisa Bikin Kalian Melupakan Bad Mood


Mempelajari Hal Baru Bisa Bikin Kalian Melupakan Bad Mood

Jika sedang bad mood cobalah untuk melupakan masalah kalian dengan melakukan hal-hal baru. Pilih subyek yang memancing rasa ingin tahu kalian dan manfaatkan waktu 15 menit saja untuk mencari informasi di internet dan nikmati waktu untuk membaca.

Selain itu kalian bisa mencoba pergi ke toko buku dan membeli buku yang bisa memuaskan rasa ingin tahu kalian. Pilihlah topik yang kalian sukai dan dirasa menyenangkan. Hindari untuk pilih kalian butuhkan atau harus kalian ketahui. Simak juga manfaat musik bagi kesehatan di sini. Intip juga makanan yang ampuh bikin mood naik di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru