Hargai Privasi Dan Kenyamanan Penumpang Lain Dengan Patuhi 7 Etika Saat Naik Pesawat Ini
Travel

Sebelum naik pesawat, kalian harus paham betul soal etika di dalam pesawat. Beberapa etika ini difungsikan untuk menghargai privasi dan kenyamanan penumpang lain.

WowKeren - Traveling saat ini sudah menjadi aktivitas yang paling ditunggu-tunggu. Hidup di jaman milenial saat ini membuat banyak orang jadi mudah jenuh dan stres karena banyak sebab. Nah kalau sudah begitu, tandanya kalian membutuhkan traveling.

Untuk traveling sendiri juga sudah dimudahkan dengan berbagai fasilitas transportasi. Salah satu alat transportasi yang paling menjadi favorit adalah pesawat terbang. Meskipun memerlukan biaya yang cukup mahal, namun dengan durasi yang cepat dan fasilitas yang memadai, rasanya sangat sepadan.

Namun sebelum naik pesawat, kalian harus paham betul soal etika di dalam pesawat. Beberapa etika ini difungsikan untuk menghargai privasi dan kenyamanan penumpang lain. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 etika saat naik pesawat yang wajib kalian taati.

(wk/putr)

1. Usahakan Jangan Menyimpan Terlalu Banyak Barang di Bagasi Kabin


Usahakan Jangan Menyimpan Terlalu Banyak Barang di Bagasi Kabin

Banyak maskapai mengenakan biaya tambahan untuk bagasi pesawat dan membatasi barang bawaan ke kabin berdasarkan berat dan ukuran. Hal ini membuat banyak orang mencoba membawa banyak barang ke kabin, mengisi bagasi kabin dan memaksa orang lain untuk menyimpan barang-barang di bawah kursi mereka.

Nah sebaiknya kalian menghindari hal ini bila tidak ingin mempersulit orang lain. Perkirakan jumlah dan besar barang bawaan yang ingin kalian taruh di bagasi kabin. Kadang barang bawaan penumpang sampai mengambil seluruh tempat bagasi yang harusnya untuk penumpang lainnya. Alhasil penumpang yang datang paling belakangan, harus menaruh bagasi kabin jauh dari tempatnya duduk karena barang bawaan orang lain.

2. Selalu Perhatikan Petugas Keamanan


Selalu Perhatikan Petugas Keamanan

Hal ini nampaknya sangat sepele namun memiliki dampak yang luar biasa untuk keselamatan kalian. Banyak penumpang yang kurang memperhatikan instruksi keamanan yang biasa pramugari peragakan, padahal hal ini sangat penting banget untuk diperhatikan.

Agar cepat tanggap kalau pesawat mengalami gangguan dan harus melakukan pendaratan darurat, kalian harus memperhatikan instruksi yang diperagakan oleh pramugari. Kalian juga bisa membaca buku panduan yang diletakkan di dalam kantong kursi di depanmu.

3. Hindari Membantah Pramugari Karena Itu Semua Demi Keselamatan


Hindari Membantah Pramugari Karena Itu Semua Demi Keselamatan

Pramugari biasanya akan berkeliling pesawat untuk memastikan keadaan sekitar tetap aman dan nyaman. Tak jarang kalian akan kena tegur karena melakukan sesuatu yang bisa membahayakan penumpang, seperti menyalakan handphone.

Kalau sudah begini jangan tersulut emosi dan membantahnya. Meskipun bagi kalian terdengar tidak masuk akal, namun semua arahan dari pramugari tersebut dilakukan demi keselamatan kalian dan penumpang lain. Perlu diingat jika pramugari adalah tenaga profesional yang telah dilatih, jadi kalian wajib mematuhi arahan mereka ya.

4. Meski Duduk Sebelahan Tetap Hormati Privasi Penumpang Lain


Meski Duduk Sebelahan Tetap Hormati Privasi Penumpang Lain

Ada banyak kejadian ketika penumpang di sebelah tidak menghormati penumpang lain. Seperti menyerobot agar bisa keluar pesawat lebih dahulu, membawa kucing padahal orang alergi, dan mengambil makanan penumpang lain. Jarak antar bangku yang sangat sempit membuat privasi jadi tidak begitu diperhatikan saat di pesawat. Namun penting untuk tetap menghormati privasi orang lain.

Intip juga yuk beberapa etika yang harus kalian taati saat mendaki gunung di sini. Intip juga tips traveling aman naik pesawat untuk ibu hamil di sini.

5. Jangan Memaksa Orang Lain Menjadi Teman Ngobrol


Jangan Memaksa Orang Lain Menjadi Teman Ngobrol

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebaiknya kita menjaga privasi penumpang lain meskipun duduknya bersebelahan dengan kalian. Mengobrol dengan sesama penumpang boleh saja, namun jika orang tersebut menunjukkan sikap yang tak ingin diajak mengobrol, lebih baik berhentilah aja ngobrol.

Banyak orang yang lebih suka untuk beristirahat saat perjalanan. Bisa jadi orang yang kalian ajak ngobrol sedang merasa lelah dan sedang menempuh perjalanan yang jauh. Intinya, kalian harus bisa menempatkan diri dalam situasi apapun.

6. Jaga Suara Dan Jangan Sampai Mengganggu Penumpang Lain


Jaga Suara Dan Jangan Sampai Mengganggu Penumpang Lain

Bukan hanya suara kalian tapi juga suara lain seperti mp3 atau telepon. Saat didalam pesawat kalian memang tidak boleh menerima telepon, namun bukan berarti kalian tidak boleh menyalakan handphone. Kalian bisa saja bermain game atau mendengarkan musik untuk menghabiskan waktu.

Namun yang pasti, kalian harus pastikan suara game atau musik kalian tidak mengganggu penumpang lain. Pakailah headset setiap saat ketika naik pesawat baik untuk mendengarkan lagu atau bermain game. Jangan buat penumpang yang sedang istirahat jadi terganggu karena suara kalian ataupun gadget kalian.

7. Pastikan Pilih Kursi Sebelum Terbang Agar Mendapat Yang Ternyaman


Pastikan Pilih Kursi Sebelum Terbang Agar Mendapat Yang Ternyaman

Jika memang kalian ingin duduk berdekatan dengan keluarga atau teman, lebih baik kalian sudah memesannya sebelumnya. Usahakan juga untuk memiliki kursi ternyaman kalian sebelum jam terbang demi menghindari bertukar dengan penumpang lain.

Jangan minta pindah atau bahkan menduduki kursi orang lain. Meminta izin kepada pemiliknya juga terbilang tidak sopan, karena banyak orang tidak enak untuk menolak. Lokasi kursi pesawat kini bahkan dijual dengan beda harga oleh maskapai penerbangan. Ada usaha dan biaya yang dikeluarkan seseorang untuk memilih lokasi kursi yang diinginkan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru