Ingin Coba Cari Jodoh Lewat Aplikasi? Yuk Intip 8 Tips Aman Bermain Dating App
Tekno

Beberapa pengguna aplikasi ini bisa berlanjut menuju pelaminan loh. Namun meskipun menawarkan kemudahan, bukan berarti aplikasi ini bebas dari penyalahgunaan loh, tak sedikit juga kasus yang tak menyenangkan terjadi.

WowKeren - Di jaman milenial ini, kegiatan apapun sudah didukung dengan kemajuan teknologi, termasuk urusan mencari jodoh. Saat ini sudah banyak aplikasi pencarian jodoh yang memudahkan para penggunanya untuk bertemu dengan orang asing dan berbagi satu sama lain sehingga menimbulkan rasa cocok.

Tak main-main, sudah banyak testimoni yang menyebutkan bahwa dating app ini benar-benar bisa membuat penggunanya menemukan pasangan. Bahkan beberapa penggunanya bisa berlanjut menuju pelaminan loh.


Namun meskipun menawarkan kemudahan, bukan berarti aplikasi ini bebas dari penyalahgunaan loh. Tak sedikit juga kasus yang tak menyenangkan terjadi mulai dari ringan hingga kasus besar seperti penculikan.

Untuk itu, kalian tetap harus bijaksana memakai aplikasi ini. Jika benar menggunakannya, bukan tak mungkin kalian bisa mendapatkan jodoh lewat aplikasi tersebut. Penasaran bagaimana? Berikut tim WowKeren rangkum 8 tips aman bermain dating app agar kalian terhindar dari kejadian buruk dan sukses dapat jodoh. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pastikan Untuk Selalu Download Aplikasi Yang Terpercaya


Pastikan Untuk Selalu Download Aplikasi Yang Terpercaya
Getty Images/Leon Neal

Langkah pertama agar aman bermain dating app adalah kalian harus benar-benar memilah aplikasi tersebut. Ada berbagai aplikasi kencan online yang tersedia, mulai dari yang bersifat umum hingga khusus misalnya berdasarkan agama, dan sebagainya. Nah kalian kalian sebaiknya menggunakan satu aplikasi yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pastikan developer aplikasi itu terpercaya dan bukan developer ecek-ecek. Hal ini karena kalian akan memasukkan banyak data diri dalam aplikasi tersebut, jadi pastikan jika aplikasi itu memiliki keamanan untuk diri kalian serta data diri. Kalian juga sebaiknya membaca satu persatu ketentuan aplikasi yang ada dan membaca penilaian orang lain terhadap aplikasi tersebut.

2. Hati-hati Memberikan Data Pribadi, Jangan Sampai Terlalu Detail


Hati-hati Memberikan Data Pribadi, Jangan Sampai Terlalu Detail

Saat kalian mendaftar dalam aplikasi pencarian jodoh, kalian pasti akan memasukkan beberapa data pribadi seperti nama, kota asal, serta tanggal lahir. Meskipun terkesan masuk akal bagi fungsi aplikasi, namun usahakan untuk memilih aplikasi yang tak begitu banyak memerlukan data diri kalian sebagai antisipasi privasi.

Selain itu, saat sudah bertemu dengan calon jodoh pun jangan sampai terlalu lepas dengan memberikan data diri secara detail. Jangan sebutkan alamat rumah dan tempat bekerja, maupun nama orangtua, khususnya ibu. Hal itu biasanya menjadi kata kunci untuk berbagai layanan perbankan, dikhawatirkan akan terjadi kejahatan dengan memanfaatkan identitas yang kalian bagikan.

3. Ingat! Jangan Gampang Percaya Dengan Foto Profil Semata


 Ingat! Jangan Gampang Percaya Dengan Foto Profil Semata
http://lifetolauren.com/

Zaman sekarang, dengan canggihnya fitur kamera serta editing foto, seringkali kita tertipu oleh penampilan aslinya. Enggak jarang banyak juga yang terperangkap oleh foto profil yang ternyata beda dari aslinya. Untuk itu, saat memilih teman di aplikasi kencan online pastikan data yang ditampilkan benar. Terlebih lagi jika sosok yang ditampilkan aplikasi terlihat nyaris sempurna, kalian patut waspada.

Kalian bisa coba ketik namanya di mesin pencari untuk mengumpulkan informasi tentang orang tersebut. Jika nama yang dituliskan tak menunjukkan hasil apapun, maka ada baiknya untuk tidak melanjutkan perkenalan. Selain itu, tampan atau cantik bukan berarti orang baik. Kalian perlu mengenalnya terlebih dahulu baru bisa memutuskan untuk berlanjut atau cukup hanya sebatas chat saja.

4. Jika Berniat Ingin Bertemu, Mintalah Bertemu Di Tempat Ramai


Jika Berniat Ingin Bertemu, Mintalah Bertemu Di Tempat Ramai
Unsplash/Toa Heftiba

Jika kalian sudah merasa nyaman dengan seseorang, enggak ada salahnya untuk bertemu jika dia memintanya. Namun harus diperhatikan jika kalian harus bertemu di tempat yang ramai. Jika kalian pendatang dan belum mengetahui dengan baik situasi di kota tersebut, kalian bisa mengumpulkan informasi terlebih dahulu.

Mengetahui lokasi dan mempelajari rute di sekitar tempat pertemuan, bisa membuat kalian siap menghadapi berbagai situasi. Lalu jika dia meminta untuk bertemu di tempat yang enggak kamu hafal, terlalu jauh, atau ditempat yang sepi, cobalah untuk menghindar dan mengajaknya ke tempat yang kamu hafal dan lebih ramai. Jika perlu, mintalah temanmu atau orang terdekatmu untuk mengawasi kalian jika dikhawatirkan terjadi hal yang enggak diinginkan.

5. Jangan Pernah Mau Jika Di Ajak Bertemu Di Rumahnya


Jangan Pernah Mau Jika Di Ajak Bertemu Di Rumahnya

Seberapapun kalian percaya dan merasa nyaman dengan calon jodoh, kalian harus tetap tau batasan saat bertemu. Jangan pernah mau jika diajak untuk datang ke tempat atau bahkan rumahnya. Hal ini membuat kalian tak punya kendali jika nantinya terjadi hal-hal yang tak diinginkan., apalagi dia adalah orang asing yang belum kita kenal pasti.

Jika tempat yang kalian berdua datangi terasa kurang nyaman, sebaiknya pilih tempat lain yang ramai dan berlokasi di wilayah yang dikenali. Dengan begitu, kalian juga bisa mengandalkan intuisi saat berada di situasi ini, serta jangan ragu untuk menghubungi kerabat sambil membagikan lokasi kalian secara live.

6. Hati-hati Dalam Berkomunikasi, Jangan Bahas Hal-hal Privat


Hati-hati Dalam Berkomunikasi, Jangan Bahas Hal-hal Privat

Saat pertemuan pertama, ada baiknya kalian hanya membahas topik yang umum saja seperti hobi kegiatan di waktu luang. Hindari obrolan dengan topik yang bersifat privat, misalnya sakit yang diderita, harta pribadi, keluarga, dan sebagainya. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga keamanan berhubungan dengan orang baru yang belum pasti dapat dipercaya atau tidak.

Selain itu, gunakan bahasa percakapan yang sopan serta jangan menggunakan bahasa atau gaya bertutur yang memungkinkan terjadi hal-hal di luar keinginan. Misalnya, berkata kasar, genit, dan sebagainya. Berkomunikasi dengan cara yang wajar dan umum merupakan langkah antisipasi terhadap kejahatan yang tidak diinginkan.

7. Jika Bertemu, Usahakan Untuk Makan dan Minum Pesanan Sendiri


Jika Bertemu, Usahakan Untuk Makan dan Minum Pesanan Sendiri

Saat kalian bertemu di restoran, cafe maupun bar sebaiknya usahakan untuk hanya meminum minuman yang kalian pesan. Jika si calon jodoh ini menawarkan minuman, kalian bisa menolak dengan halus, baik dengan alasan ingin mencoba minuman lain atau memiliki selera sendiri.

Ada banyak alasan masuk akal yang bisa kalian gunakan untuk selamat dari situasi yang canggung semacam ini. Bukannya ingin menuduh, tapi lebih baik kalian mengantisipasi hal tersebut demi keselamatan diri sendiri. Sekali lagi, kalian sedang bertemu dengan orang asing yang belum dikenal lebih dekat kan?

8. Selalu Hati-hati dan Jangan Buru-buru Dalam Mengambil Keputusan


Selalu Hati-hati dan Jangan Buru-buru Dalam Mengambil Keputusan
Pexels

Orang yang sudah lama kita kenal saja belum tentu terpercaya, apalagi orang baru. Ingat, jangan langsung memberikan kepercayaan kalian begitu saja. Percaya boleh, namun harus dalam batas yang sewajarnya. Jangan karena diimingi sesuatu atau diberi janji, kalian jadi mudah terpercaya dengan si dia.

Memang benar enggak semua lelaki yang kamu temui di dating app ini akan berbuat jahat, tapi tetap hati-hati enggak ada salahnya kan? Mintalah waktu untuk saling mengenal terlebih dahulu dan jangan langsung terburu-buru dalam membuat suatu keputusan. Intip juga yuk dating app yang hits di sini. Selain itu simak juga rekomendasi cafe hewan unik di Jawa Timur di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel