Susul Ahok, Susi Pudjiastuti dan Ignasius Jonan Diisukan Jadi Calon Bos BUMN
Nasional

Tidak berlanjutnya masa bakti Susi Pudjiastuti dan Ignasius Jonan di kabinet memang sempat menjadi buah bibir masyarakat. Namun kekinian mereka diisukan siap 'kembali' dengan menjadi bos BUMN.

WowKeren - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tampaknya tak main-main ingin membenahi perusahaan pelat merah. Usai merombak petinggi PT Pertamina (Persero) dan menempatkan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok sebagai Komisaris Utama, kini giliran BUMN lain yang siap "disenggol" Erick.

Isu liar baru yang tengah berkembang saat ini adalah rencana Kementerian BUMN untuk merekrut dua mantan menteri di Kabinet Kerja. Yakni mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Hal ini awalnya diungkapkan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga pada Senin (25/11) kemarin. Ia menyebut pemerintah tengah merekrut sosok-sosok mantan menteri dan wakil menteri untuk menduduki jabatan strategis di BUMN.

"Ada mantan menteri, wamen (yang akan mengisi jabatan di perusahaan BUMN). Pokoknya ada lagi (mantan menteri dan wamen) yang lain," ujar Arya di kantornya, Jakarta Pusat. "Kita lagi cari-cari untuk melengkapi BUMN kita, tapi yang cocok ya."


Walau demikian, Arya enggan memberi bocoran siapa-siapa saja mantan pejabat publik yang akan dijadikan petinggi BUMN. "Pokoknya seluruh direksi dan komisaris di BUMN akan kita evaluasi," kata Arya, dilansir dari Kompas, Selasa (26/11).

Arya pun tak memberi jawaban gamblang ketika ditanya soal isu Jonan akan ditempatkan sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia. Reaksi serupa juga Arya berikan ketika ditanya soal potensi Susi menjabat sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo). "Nanti kita lihat saja," balas Arya singkat, tak menampik namun tidak juga mengiyakan.

Perekrutan mantan menteri untuk masuk BUMN seperti ini bukanlah yang pertama kali dilakukan Erick seusai menjabat. Sebab tepat sebelum isu Susi dan Jonan ini berkembang, eks Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga disebut-sebut akan bergabung sebagai bos BUMN.

Lebih tepatnya, Rudiantara dikabarkan akan menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Sekretaris Kabinet Pramono Anung membenarkan Rudiantara tengah menjalani serangkaian seleksi untuk bisa menempati posisi tersebut.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru