Bersanding Dengan Ratu Elizabeth, Sri Mulyani Sukses Masuk Jajaran Wanita Paling Powerful di Dunia
Instagram/smindrawati
Nasional

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi satu-satunya tokoh Indonesia yang masuk ke dalam daftar The World's 100 Most Powerful Women alias 100 wanita paling berpengaruh di dunia yang dirilis majalah Forbes.

WowKeren - Menteri Keuangan Sri Mulyani dikenal sebagai sosok mumpuni yang kerap menerima penghargaan di tingkat internasional. Kini, Sri Mulyani sukses masuk ke dalam daftar bertajuk The World's 100 Most Powerful Women alias 100 wanita paling berpengaruh di dunia yang dirilis oleh majalah Forbes.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menjadi satu-satunya tokoh Indonesia yang masuk ke dalam daftar itu. Nama Sri Mulyani bersanding dengan nama-nama tokoh besar dunia. Mulai dari pemimpin Inggris Ratu Elizabeth II, pembawa acara terkenal Oprah Winfrey, hingga sang diva Beyonce Knowles.

Dalam daftar tersebut, Sri Mulyani menempati peringkat ke-76. Sri Mulyani menduduki posisi yang lebih tinggi dari petenis dunia asal Amerika Serikat, Serena Williams, yang berada di peringkat ke-81.

Sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani mampu meningkatkan pendapatan negara lewat reformasi perpajakan. Sri Mulyani juga memperluas layanan e-filing serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak.


Wanita yang memiliki hobi voli tersebut awalnya ditunjuk sebagai Menteri Keuangan di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005 silam. Namun pada 2008, Sri Mulyani diminta untuk menjadi Pelaksana Menko Bidang Perekonomian menggantikan Boediono yang kala itu dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI).

Pada 1 Juni 2010, Sri Mulyani memutuskan untuk bergabung ke Bank Dunia sebagai Direktur Pelaksana. Ia menjadi wanita dan juga orang Indonesia pertama yang menduduki jabatan tersebut. Kala berkarier di Bank Dunia, Sri Mulyani kerap mempromosikan kesetaraan gender.

Setelah 6 tahun berkarier di Bank Dunia, Sri Mulyani pun "dipinang" oleh Presiden Joko Widodo untuk kembali menjadi Menteri Keuangan pada 2016. Sri Mulyani hingga kini masih dipercaya Presiden Jokowi untuk memegang jabatan Menteri Keuangan.

Atas kinerja apiknya, Sri Mulyani diganjar penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) dalam World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates, pada 2018 lalu. Pada tahun yang sama, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan asal Hong Kong, FinanceAsia.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru