Ikuti 7 Tips Ini Untuk Jaga Berat Badan Selama WFH Karena Virus Corona, Dijamin Timbangan Aman!
Lifestyle

Mengonsumsi camilan adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengusir rasa bosan. Namun, hal ini mungkin saja membuat khawatir jika berat badan akan bertambah.

WowKeren - Wabah virus corona atau COVID-19 saat ini makin meluas. Beberapa negara sudah terinfeksi virus ini yang membuat banyak badan kesehatan kewalahan. Di Indonesia sendiri, jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19 sudah menembus angka 1500 perhari ini, Rabu (1/4).

Pemerintah sudah memberi himbauan kepada masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri untuk mencegah penularan makin meluas. Beberapa sekolah dan universitas telah meliburkan muridnya dan menjalankan pembelajaran online. Tak hanya itu, kantor juga telah menerapkan sistem work from home atau bekerja di rumah.


Menghabiskan waktu di rumah tentu membuat beberapa orang merasa bosan. Oleh karena itu, mengonsumsi camilan adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengusir rasa bosan. Namun, hal ini mungkin saja membuat khawatir jika berat badan akan bertambah.

Kurangnya kegiatan membuat lemak gampang terkumpul di tubuh. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips untuk menjaga berat badan kalian meski sedang beridam diri di rumah untuk WFH atau isolasi mandiri. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Buatlah Jadwal Makan Yang Rutin


Buatlah Jadwal Makan Yang Rutin

Cara menjaga berat badan selama melakukan social distancing dan work from home, bisa kalian lakukan dengan mengatur jam makan secara teratur. Melakukan banyak waktu di rumah bukan berarti kalian bisa makan setiap waktu ya. Mulailah mengatur pola makan sesuai jam kantor yang dilakukan sebelumnya.

Selain itu atur juga menu harian saat melakukan kerja dari rumah. Sebaiknya rencanakan kapan, apa, dan berapa banyak makanan yang akan dikonsumsi dan cobalah untuk berpegang teguh pada rencana itu sebaik mungkin. Jadwal ini akan membantu menghilangkan isyarat yang merupakan bagian dari hari-hari akhir pekan. Hindari juga sering memesan makanan junk food selama di rumah karena akan memperbesar peluang bertambahnya berat badan.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengenyangkan


Konsumsi Makanan Yang Mengenyangkan
Instagram/luis_widarto

Menghabiskan banyak waktu bekerja di rumah terkadang membuat lupa diri untuk makan. Kemudian camilan makanan ringan sering menjadi pelarian untuk menghilangkan rasa lapar. Nyatanya banyak mengonsumsi camilan ringan malah makin menambah peluang meningkatnya berat badan.

Untuk itu, kalian bisa memilih konsumsi makanan yang mengenyangkan, baik saat sarapan, makan siang hingga makan malam. Jika ingin mengonsumsi camilan, pilihlah buah-buahan segar atau kering, atau pun salad. Makanan ini cukup untuk mengganjal rasa lapar yang sering datang. Bahkan makanan ini juga menyehatkan dan tidak banyak memberikan lemak bagi tubuh.

3. Masak Makan Siang Yang Kaya Akan Sayuran


Masak Makan Siang Yang Kaya Akan Sayuran

Makan siang memiliki banyak manfaat untuk berada di rumah. Untuk itu, cobalah menyediakan menu makan siang yang kaya dengan sayuran. Kalian bisa membuat menu sop sayur, sayur bayam bening, soto atau juga sayur asem. Ini akan menghindarkan rasa ngantuk kalian saat setelah makan siang.

Tenaga pun cukup bertambah untuk melanjutkan pekerjaan yang harus diselesaikan. Selain itu, sayuran juga dapat membuat kalian kenyang lebih lama sehingga dapat mempertahankan berat badan supaya tidak naik saat melakukan kerja dari rumah.

4. Jangan Lupa Siapkan Camilan


Jangan Lupa Siapkan Camilan
Pexels/Samfotograffo

Hal ini bukan berarti kalian bisa memakan sembarang camilan. Kalian juga perlu mengatur konsumsi camilan dengan baik. Bukan tanpa alasan, konsumsi camilan yang banyak mengandung pengawet dan MSG bisa menjadi salah satu faktor bertambahnya berat badan dan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan camilan yang tepat, kalian harus perhatikan label rincian kandungan saat membeli camilan atau makanan ringan. Atau untuk lebih sehat, kalian bisa membeli banyak buah untuk dijadikan camilan sehat pengganjal lapar. Hal ini menjadi cara menjaga berat badan selama social distancing dan work from home.

5. Batasi Juga Konsumsi Cafein


Batasi Juga Konsumsi Cafein

Saat bekerja dari rumah ini mungkin membuat kalian sangat mudah untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Hal ini mungkin ini akan membantu kalian dalam memberikan energi tambahan saat mengerjakan pekerjaan.

Namun pertimbangkan juga kandungan gula yang ada dalam kafein yang bisa membuat kalian merasa lelah dan kehabisan energi. Selain itu juga kafein dapat mengganggu kalian saat melakukan istirahat termasuk tidur malam. Jadi pertimbangkan sekali lagi untuk mengonsumsi kafein yang berlebih.

6. Luangkan Waktu Untuk Bergerak Atau Berolahraga


Luangkan Waktu Untuk Bergerak Atau Berolahraga

Sangat direkomendasikan bagi kalian yang bekerja dari rumah untuk menyempatkan diri untuk bergerak atau berolahraga. Kalian bisa melakukan olahraga ringandengan peralatan yang ada di rumah, bermain musik dan mungkin juga melakukan yoga sebentar.

Biasakan diri untuk tidak duduk lebih dari 60 menit pada satu waktu. Dengan melakukan olahraga ringan di rumah, kalian bisa membakar kalori dan lemak dengan baik. Bukan hanya itu, dengan berolahraga kalian juga bisa menambah energi untuk melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Bahkan dengan olahraga, daya tahan tubuh bisa meningkat loh.

7. Tetap Istirahat Yang Cukup


Tetap Istirahat Yang Cukup
Unsplash/Vladislav Muslakov

Cara menjaga berat badan lainnya dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Ironisnya, bekerja dari rumah mungkin menyebabkan tidur lebih sedikit daripada ketika kita harus tidur dan bangun pagi untuk pergi bekerja. Untuk mendapatkan kebutuhan tidur yang cukup, kalian sebaiknya menghindari kebiasaan-kebiasaan yang mengganggu kualitas tidur.

Seperti makan terlalu banyak yang menyebabkan kembung, terlalu banyak konsumsi camilan, juga konsumsi kafein. Bukan hanya itu, aktivitas olahraga ringan yang dilakukan rutin setiap hari juga bisa membantu kalian mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Selain itu, simak juga yuk beberapa olahraga yang dapat kalian lakukan di rumah selama wfh di sini. Intip juga tips menyimpan makanan tanpa kulkas dalam artikel berikut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait