Jangan Bermalas-Malasan, Lakukan 7 Tips Ini Agar Tetap Produktif Selama Kuliah Online
SerbaSerbi
#dirumahsaja

Kuliah online cenderung membuat mahasiswa bersantai karena tidak harus pergi ke kampus dan bertatap muka dengan dosen. Karena itu sebaiknya simak beberapa tips ini agar kalian tetap produktif dan tidak bermalas-malasan meski kuliah dari rumah atau ko

WowKeren - Wabah virus Corona membuat sejumlah universitas menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, proses perkuliahan dilakukan dengan jarak jauh atau secara online. Sehingga mahasiswa diimbau untuk tetap belajar di kos atau rumah dengan memanfaatkan koneksi internet yang ada.

Namun kuliah online cenderung membuat mahasiswa bersantai. Mereka tak perlu mandi, berdandan atau buru-buru pergi ke kampus untuk menghadiri perkuliahan. Karena kuliah menjadi lebih fleksibel, para mahasiswa bisa belajar sambil mendengarkan musik atau bahkan melakukan berbagai kegiatan yang lain.

Jika terlalu lama terlena dengan situasi ini, bukan tidak mungkin para mahasiswa akan mulai mengabaikan tugas-tugas kuliahnya. Karena itu, penting untuk membiasakan diri agar tetap produktif saat sedang menjalani kuliah online. Penasaran bagaimana caranya? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Manajemen Waktu dengan Baik


Manajemen Waktu dengan Baik

Agar kamu bisa tetap produktif selama menjalani kuliah online, sebaiknya manajemen waktumu dengan baik. Karena meski tidak diwajibkan ke kampus, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Untuk mengantisipasi rasa malas tersebut, sebaiknya buat jadwal kegiatan sehari-hari dan atur waktu belajar dengan teratur.

Misalnya dari jam 7-9 pagi kamu bisa melakukan olahraga ringan atau bersih-bersih kamar. Lalu dari jam 9-11 kamu bisa mempelajari mata kuliah tertentu, istirahat selama 1 jam lalu belajar lagi 2 jam kemudian. Di malam harinya, kamu bisa mengerjakan tugas yang diberikan dosen dan terakhir istirahat yang cukup. Dengan begitu, aktivitas harianmu akan lebih teratur dan kamu bisa tetap produktif.

2. Siapkan Teknologi yang Dibutuhkan


Siapkan Teknologi yang Dibutuhkan

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah soal perkakas teknologi. Para mahasiswa harus mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan demi menunjang kegiatan belajar mengajar secara online. Seperti laptop atau komputer, smartphone hingga jaringan internet yang lancar.

Jika kamu menggunakan paket data, sebaiknya pilih paket data yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau kegiatan perkuliahanmu dilakukan pada pagi hingga sore hari, sebaiknya jangan membeli paket data dengan kuota malam yang banyak. Karena sebaiknya kamu memilih paket reguler yang bisa digunakan kapan saja tanpa harus menunggu malam tiba.

Selain itu, usahakan untuk tidak mematikan koneksi data kecuali waktu istirahat. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa tetap terhubung dengan dosen dan teman-teman kuliah. Sebab jika koneksi data dimatikan, kamu bisa ketinggalan informasi seperti jam perkuliahan, absensi yang waktunya terbatas, tugas mendadak dan masih banyak lagi.

3. Kerjakan Tugas Sebelum Deadline


Kerjakan Tugas Sebelum Deadline

Tips berikutnya agar kamu bisa tetap produktif selama menjalani kuliah online adalah dengan disiplin mengerjakan tugas. Karena tidak bertemu dengan dosen secara langsung, terkadang mahasiswa meremehkan tugas yang diberikan dan menunda-nunda untuk mengerjakannya. Saat waktu deadline tiba, mereka akan sangat kewalahan dan kebingungan.

Karena itulah penting untuk membuat list tugas dan mengatur skala prioritas, mana yang harus dikerjakan sekarang atau nanti. Jika tugas tertentu memakan waktu yang lama dalam proses penyelesaiannya, sebaiknya kerjakan tugas lain yang lebih mudah terlebih dahulu. Dengan catatan tugas tersebut memiliki deadline mendesak yang harus segera dikumpulkan. Dengan begitu, kamu tidak akan kerepotan karena harus mengerjakan banyak tugas sekaligus menjelang deadline tiba.

4. Pahami Karakteristik Dosen


Pahami Karakteristik Dosen

Setiap dosen memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam mengajar mahasiswanya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada materi perkuliahan yang beliau berikan. Karena itulah penting bagi mahasiswa untuk memahami setiap karakteristik dosen. Jika kamu memiliki dosen yang sangat disiplin, jangan lupa untuk memasang alarm agar tidak sampai melewatkan jam kuliah beliau. Karena jika kamu tidak memberikan komentar sebagai bukti presensi, siap-siap saja kehadiranmu tidak dihitung.

Di sisi lain, dosen yang lebih santai biasanya akan memberikan waktu yang lebih fleksibel bagi mahasiswa. Terkadang presensi dilakukan saat tiba waktunya mengumpulkan tugas. Meski demikian, kamu tetap harus disiplin dan jangan bermalas-malasan. Tetap kerjakan tugas dari beliau dan kumpulkan tepat waktu agar kehadiranmu juga dihitung.

5. Jaga Komunikasi dengan Teman-teman dan Dosen


Jaga Komunikasi dengan Teman-teman dan Dosen

Kuliah online bukan halangan untuk tetap berkomunikasi dengan dosen dan teman-teman. Apalagi di era modern saat ini ada banyak media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk tetap terhubung dengan mereka. Gunakan momen ini untuk mengasah keterampilan komunikasi kamu secara daring. Kalau perlu, buat grup khusus dengan teman-temanmu untuk membahas tugas yang diberikan oleh dosen.

Selain berhubungan dengan teman, sebaiknya tetap jalin komunikasi yang baik dengan dosen. Jika ada materi kuliah yang tak bisa dipahami atau ingin melakukan bimbingan skripsi, kamu bisa menanyakannya pada dosen melalui sosial media. Ingat saat berkomunikasi dengan dosen, usahakan untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan dan santun.

6. Jangan Bermalas-Malasan dan Lakukan Kegiatan yang Positif


Jangan Bermalas-Malasan dan Lakukan Kegiatan yang Positif

Kunci penting agar tetap produktif selama menjalani kuliah online adalah dengan tidak bermalas-malasan dan hindari aktivitas yang sia-sia. Jika rasa bosan menghampiri, sebaiknya lakukan berbagai kegiatan produktif dan bermanfaat.

Di antaranya adalah dengan membaca buku hingga menonton film yang berkaitan dengan jurusan kamu. Misalnya jika kamu mengambil jurusan Sejarah, kamu bisa menyaksikan berbagai film yang menceritakan sejarah masa lalu. Dengan begitu, wawasanmu akan bertambah. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kursus online bersertifikat, mengakses situs jurnal ilmiah gratis hingga melakukan hobi tanpa harus keluar rumah.

7. Hindari Terlalu Banyak Rebahan Saat Sedang Belajar


Hindari Terlalu Banyak Rebahan Saat Sedang Belajar

Karena bisa kuliah di rumah, mahasiswa cenderung jadi terlalu santai saat sedang belajar. Alih-alih sambil duduk, banyak dari mereka yang menjalani kuliah sambil rebahan. Perilaku ini tentu tak bisa dibenarkan apalagi jika di dekatmu ada kipas angin atau AC sebab kemungkinan untuk tertidur di tengah perkuliahan tentu sulit dihindari.

Kalau dalam perkuliahan itu dosen banyak memberikan teori tanpa tanya jawab, kamu mungkin akan terselamatkan. Tapi beda halnya jika kegiatan perkuliahan daring disertai dengan kuis atau tugas yang waktu pengumpulannya terbatas. Jika benar-benar ketiduran, tentu kamu akan ketinggalan dan bangun dengan penuh penyesalan. Tak ingin hal itu terjadi? Karena itu, usahakan tidur dengan cukup saat malam dan hindari rebahan saat sedang kuliah online ya.

Demikian tujuh tips agar tetap produktif selama menjalankan kuliah online. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips agar tetap produktif selama bekerja di rumah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menjaga kualitas udara biar makin betah di rumah meski sedang menjalani karantina mandiri.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait