Marak PHK Gegara Corona Bikin Bisnis Ternak Lele Makin Diminati, Aplikasi ini Jadi 'Penyelamat'
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Sebuah aplikasi yang telah tersedia di PlayStore akan membantu pemula untuk beternak lele. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki jaringan pecel lele se-Indonesia untuk menjual hasil panen.

WowKeren - Pandemi Corona atau COVID-19 menyebabkan berbagai sektor kehidupan menjadi terganggu, salah satunya perekonomian. Pengusaha yang terdampak lantas memutuskan memberhentikan sejumlah karyawan agar bisnisnya tetap stabil. Akibatnya, jumlah pengangguran semakin tak terkendali.

Kartu Pra Kerja menjadi salah satu solusi yang diberikan Pemerintah. Namun karena keterbatasan kuota yang tak sebanding dengan jumlah peminat, Kartu Pra Kerja tak bisa menjadi satu-satunya solusi. Namun tak perlu khawatir, aplikasi Simbiofish bisa jadi solusi untuk menambah penghasilan di tengah pandemi Corona.

Donny Pasaribu selaku Founder dan CEO Simbiofish yang telah dapat diunduh di Playstore menjelaskan fungsi aplikasi ini melalu Twitter-nya, @dpasaribu00. Simbiofish akan membantu orang-orang yang ingin beternak lele sekaligus menyediakan pembeli melalui jaringan pecel lele se-Indonesia.

"Yang kira2 bakal jadi pengangguran, atau udah nganggur, bisa coba ternak lele, tinggal download apps simbiofish di playstore," tulis Donny pada Rabu (22/4). "Sdh terhubung dengan banyak petani lain se Indonesia. Next akan terhubung juga dengan jaringan pecel lele se Indonesia."

Menurut Donny, ternak lele merupakan bisnis yang menjanjikan karena harganya yang relatif stabil dan permintaan tetap tinggi di situasi seperti saat ini. Nantinya Simbiofish juga akan menyediakan pinjaman untuk usaha ternak lele. Saat ini, jaringan pecel lele untuk menjual hasil panen masih tersedia hanya untuk wilayah Jabodetabek.


Marak PHK Gegara Corona Bikin Bisnis Ternak Lele Makin Diminati, Aplikasi ini Jadi \'Penyelamat\'

Twitter

"Untuk Jabodetabek hasil tani akan dibeli kembali, jadi ga perlu khawatir. Permintaan lele dan harga lele relatif stabil, dibandingkan ayam misalnya. Sampai saat sekarang pun permintaan tetap tinggi," imbuh Donny.

"Daripada ribut kartu prakerja dan kursus2 online berbayar, mending ternak lele. Untuk permodalan, sedang diusahakan, kalau credit scorenya bagus, bisa dapat pinjaman juga," pungkas pria berusia 40 tahun tersebut.

Aplikasi Simbiofish rupanya telah diluncurkan sejak Agustus 2019 lalu. Belakangan ini, Simbiofish mulai dilirik masyarakat karena pertambahan pengguna yang cukup signifikan. Selain disalurkan kepada pedagang pecel lele, makanan olahan frozen berbahan dasar lele ternyata sedang banyak diminati.

"Kalau sebelumnya itu yang beli pedagang pecel lele. Karena mereka pulang kampung, malah industri rumahan seperti lele bumbu kuning banyak," jelas Donny dilansir dari Kumparan.

Harga lele apabila menjadi produk olahan pun naik, dari Rp26 ribu menjadi Rp52 ribu per kilogram. Saat ini, sekitar 2 ribu orang telah memanfaatkan aplikasi Simbiofish dengan pertambahan sekitar 200 pengguna setiap harinya.

(wk/nere)

You can share this post!

Related Posts