Buntut Klaster Corona Secapa AD Bandung, Prabowo Minta TNI Gelar Tes Swab Massal
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Menhan Prabowo Subianto sangat menyoroti 'ledakan' kasus positif COVID-19 di lingkup TNI, seperti di Secapa dan Pusdikpom AD. Prabowo pun meminta dilakukan tes swab massal.

WowKeren - Indonesia saat ini dibuat heboh dengan temuan sejumlah besar kasus positif COVID-19 di lingkup militer. Seperti diketahui, 1.262 orang di lingkup Sekolah Calon Perwira TNI AD Bandung, Jawa Barat dikonfirmasi positif terjangkit virus Corona.

Belum tuntas masalah itu, Kota Cimahi ikut merasakan hal serupa. Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) AD baru saja mengonfirmasi 99 orang terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akhirnya memerintahkan semua prajurit TNI untuk dites swab. Pasalnya saat ini TNI ikut diterjunkan untuk mengendalikan wabah Corona, sehingga setiap personelnya harus dalam kondisi prima.

"Terkait dengan hal tersebut, Pak Prabowo meminta ada tes swab massal memang kepada seluruh prajurit TNI, agar semuanya selalu siap sedia menjalankan tugas," ujar Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, Jumat (10/7). "Apalagi saat ini TNI menjadi salah satu ujung tombak penanganan COVID-19 di lapangan."


Dahnil mengungkap sang menteri sudah mengetahui perihal pengadaan tes PCR di beberapa unit dan kesatuan. Namun harapannya pemeriksaan ini dilakukan secara berkesinambungan kepada setiap prajurit TNI.

"Beberapa kali (tes swab) sudah dilakukan di beberapa unit dan kesatuan," tutur Dahnil, seperti dilansir dari Detik News. "Beliau minta bisa dilakukan secara berkesinambungan dan lebih luas, karena prajurit TNI banyak turun, terlibat langsung dalam penanganan COVID-19, termasuk yang di Wisma Atlet dan di banyak tempat lainnya."

Selain Prabowo, Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad juga meminta agar persoalan "panen raya" kasus COVID-19 di lingkup militer Indonesia ini bisa segera dibereskan. Ia meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAD Jenderal Andhika Perkasa turun tangan memastikan setiap personel TNI menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

"Imbauan saya kepada seluruh masyarakat tidak hanya kepada TNI AD, TNI AL dan AU, di mana pun berada dalam masa-masa seperti ini marilah kita sama-sama tidak lepas dari protokol COVID yang ketat, untuk kita lakukan agar penyebaran itu bisa kemudian diminimalisir," kata Dasco.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts