Sering Belanja Online Saat Pandemi? Simak 8 Tips Ini Biar Transaksi Berjalan Aman dan Lancar
Tekno
COVID-19 di Indonesia

Di tengah pandemi virus Corona, belanja online menjadi salah satu pilihan tepat untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Nah agar transaksi yang kamu lakukan berjalan aman dan lancar, sebaiknya simak delapan tips berikut ini.

WowKeren -

Belanja online menjadi salah satu pilihan yang tepat di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini. Sebab dengan melakukan transaksi secara online kita dapat meminimalisir interaksi dengan orang lain dan mencegah penularan virus asal Wuhan tersebut.

Selain itu, belanja online juga lebih praktis dan mudah dilakukan. Karena dengan bermodalkan gadget dan internet, seseorang bisa berbelanja kapanpun dan di manapun. Yang perlu kita lakukan hanya memesan, membayar lalu menunggu barang datang ke rumah.

Namun di balik sejumlah kelebihan tersebut, belanja online juga rawan penipuan. Sudah tak tercatat berapa banyak kasus penipuan berkedok belanja online dan si penjahat memeras banyak uang dari pembeli. Oleh sebab itu, diperlukan kehati-hatian sebelum berbelanja secara online agar kita terhindar dari penipuan. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Gunakan Situs Belanja Online yang Terpercaya


Gunakan Situs Belanja Online yang Terpercaya

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih situs belanja online yang terpercaya. Perhatikan bagaimana tampilan situs tersebut, apakah memiliki desain profesional atau terkesan dibuat-buat. Pilihan terbaik adalah memilih marketplace ternama dan terpercaya yang memiliki aplikasi khusus di Playstore.

Usahakan untuk tidak berbelanja di situs web yang kurang familiar serta periksa nomor telepon si penjual dan hubungi terlebih dulu. Jika situs tujuanmu tidak meyakinkan, coba cari informasinya di mesin pencarian. Carilah ulasan menyeluruh dari konsumen yang pernah membeli di situs tersebut. Jika kamu merasa ada yang tidak beres, cari situs lain yang lebih terpercaya saja.

2. Pilih Seller dengan Reputasi Baik


Pilih Seller dengan Reputasi Baik

Tips berikutnya berkaitan dengan pemilihan seller. Meskipun kamu berbelanja di situs terpercaya dengan sistem marketplace, biasanya akan tetap ada penjual yang tidak profesional. Sehingga jika tak ingin merugi, sebaiknya pilih seller yang memiliki reputasi bagus.

Untuk mencari informasi tersebut sangat mudah, karena hal ini dapat dilihat dari bintang maupun nilai tertentu yang didapatkan oleh seller tersebut. Semakin tinggi nilai atau bintang yang didapatkan, maka semakin baik reputasinya. Namun jika kamu berbelanja online di media sosial, pastikan untuk melihat testimoni dari konsumen sebelumnya.

3. Baca Deskripsi Produk dengan Teliti


Baca Deskripsi Produk dengan Teliti

Sebelum memutuskan untuk membeli, sempatkan untuk membaca deskripsi produk baik-baik. Periksa apakah deskripsi yang disertakan sesuai dengan barang yang dimaksud. Karena dalam berbelanja online, konsumen tentunya tidak langsung melihat kondisi fisik barang.

Terkadang foto barang bisa sangat menipu dan jauh dari kondisi aslinya. Sehingga agar tidak kecewa saat barang datang, perhatikan deskripsi dengan seteliti mungkin. Misalnya jika kamu ingin membeli pakaian, perhatikan ukuran, bahan dan komponen lainnya yang disertakan dalam deskripsi.

4. Jangan Mudah Tergoda dengan Harga Murah


Jangan Mudah Tergoda dengan Harga Murah

Tak dapat dipungkiri jika ada banyak sekali penawaran barang murah di berbagai toko online. Hal ini tentu sangat menggiurkan dan membuat kita terburu-buru membelinya. Namun pastikan untuk selalu berhati-hati dan jangan mudah termakan rayuan tersebut. Periksa testimoni konsumen dan bandingkan dengan harga asli di pasaran. Lebih bijaklah sebelum memutuskan membeli.

Apalagi jika penawaran tersebut datang dari email dengan meminta ID dan password karena hal itu biasanya kerjaan spammer. Sebaiknya, kunjungi situs web belanja online dan langsung belanja dari sana, jangan dari jendela pop-up atau via email.

5. Jangan Pernah Memberikan Informasi yang Bersifat Pribadi


Jangan Pernah Memberikan Informasi yang Bersifat Pribadi

Saat hendak melakukan transaksi, kita biasanya akan diminta mengisi beberapa data yang diperlukan, seperti nama dan alamat. Namun terkadang juga ada toko online yang berusaha mendapatkan lebih banyak informasi pribadi pembeli seperti gaya hidup hingga pemasukan rutin demi meningkatkan penjualan.

Jika kamu merasa diberi pertanyaan yang mencurigakan, lebih baik jangan dijawab. Hal ini bertujuan untuk melindungi data-data pribadi serta menghindari penipuan. Jika sudah demikian, lebih baik cari toko online lain yang aman dan terpercaya saja.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Terbaik


Pilih Metode Pembayaran yang Terbaik

Belanja online biasanya dilakukan dengan menggunakan transfer. Agar lebih aman, gunakan rekening bersama atau rekening penampungan sementara. Saat ini ada banyak situs belanja online yang memberlakukan sistem yang memungkinkan kamu mentransfer uang ke pihak penengah lalu penjual akan mengirimkan barangnya kepadamu. Jika barang sudah sampai ke tanganmu, pihak penengah akan menyetor uangnya ke penjual dan jika barang yang kamu pesan tidak terkirim, maka uang tersebut akan dikembalikan kepadamu.

Untuk sementara waktu, hindari metode COD atau Cash On Delivery. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik dengan kurir serta mengurangi penggunaan uang tunai, salah satu benda yang dikenal sebagai media penularan virus Corona.

7. Simpan Bukti Transaksi dengan Baik


Simpan Bukti Transaksi dengan Baik

Tips selanjutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah selalu memeriksa harga total belanjaan yang meliputi harga barang, ongkos bungkus, ongkos kirim hingga diskon jika ada. Bandingkan harga tersebut dengan total harga dari situs web lainnya.

Setelah yakin dan telah melakukan transaksi, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksinya ya. Hal ini penting dilakukan agar barang pesananmu bisa sampai ke rumah dengan aman dan kamu bisa meminta pertanggungjawaban jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

8. Jangan Menggunakan WiFi Publik Saat Belanja Online


Jangan Menggunakan WiFi Publik Saat Belanja Online

Saat melakukan transaksi belanja online, pastikan untuk tidak menggunakan WiFi publik karena informasi pribadi kamu rentan dicuri. Gunakan jaringan internet pribadi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja. Selain itu, jangan lupa untuk mematikan PC setelah menyelesaikan transaksi. Hal ini penting dilakukan guna menghindari kerjaan hacker yang sudah menanamkan malware dan mengambil alih kendali PC untuk melakukan transaksi menggunakan namamu.

Demikian delapan tips aman belanja online di tengah pandemi Corona yang telah WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman transaksi menggunakan dompet digital di era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai rekomendasi dompet digital.

You can share this post!

Related Posts