Lezat dan Berkhasiat, 7 Makanan Ini Dikenal Ampuh dalam Mempercepat Penyembuhan Luka
pexels.com/cottonbro
Health

Selain dengan obat, kalian juga bisa mempercepat penyembuhan luka dengan mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi. Penasaran makanan apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Mengalami cedera atau luka merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi. Mulai dari yang sepele seperti terkena benturan benda keras atau tidak sengaja teriris saat memotong sayur di dapur hingga luka berat karena kecelakaan atau bahkan operasi. Jika sudah begini, biasanya kita akan menangani bagian yang terluka dengan cairan antiseptik, salep maupun obat-obatan lainnya.

Selain dengan obat, kita juga bisa mempercepat penyembuhan luka dengan mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi. Jenis makanan tersebut biasanya mengandung zat tertentu yang dapat menumbuhkan sel-sel baru di bagian tubuh yang terluka. Dengan begitu, proses pemulihan bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa jenis makanan yang bisa kalian konsumsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Sayuran Hijau


Sayuran Hijau
pexels.com/Elle Hughes

Makanan pertama yang bisa kamu konsumsi untuk mempercepat penyembuhan luka adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran jenis ini kaya akan vitamin C, mangan, magnesium, folat dan provitamin A. Semua kandungan ini berguna untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan.

Di antara jenis sayuran hijau yang bisa kalian konsumsi untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah kangkung, bayam, arugula, sawi dan lobak Swiss. Sayuran ini terbukti memiliki nutrisi yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan serta mempercepat penyembuhan luka. Benar-benar solusi yang sehat dan murah!

2. Kacang dan Biji-Bijian


Kacang dan Biji-Bijian
pexels.com/Pixabay

Nutrisi yang terkandung dalam kacang dan biji-bijian ternyata juga dapat menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Makanan jenis ini mengandung protein nabati, lemak sehat, vitamin serta mineral yang dapat mendukung penyembuhan. Selain itu, kandungan vitamin E yang ada di dalamnya juga dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel serta melawan infeksi dan penyakit.

Salah satu contoh kacang yang baik untuk mempercepat penyembuhan luka adalah vitamin A, C, D, E dan K yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan protein yang ada di dalamnya juga dapat mendukung pembentukan jaringan baru untuk menggantikan jaringan yang rusak saat terluka.

3. Dark Chocholate


Dark Chocholate
pexels.com/Polina Tankilevitch

Dark chocholate tak hanya nikmat, namun juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Menurut Contemporary Reviews in Cardiovascular Medicine, makanan satu ini dapat menstabilkan tekanan darah. Kondisi ini berdampak pada kemampuan tubuh untuk menyalurkan oksigen, vitamin dan berbagai nutrisi lain ke berbagai jaringan, terutama di jaringan yang terluka.

Selain itu, dark chocholate juga dapat memberikan beragam manfaat yang tak kalah menakjubkan lainnya. Seperti menjaga kesehatan kulit, meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya infeksi pada luka.

4. Seafood


Seafood
pexels.com/Naim Benjelloun

Seafood dikenal sebagai salah satu makanan lezat yang mengandung banyak gizi. Salah satunya adalah zinc yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, zinc juga dapat memaksimalkan fungsi imun dan enzim untuk memilah sumber protein untuk diubah menjadi asam amino, yang dapat mendukung pertumbuhan sel-sel otot.

Salah satu jenis seafood yang dapat mempercepat pemulihan adalah kerang. Kerang sarat akan nutrisi, terutama seng, yang dapat menyembuhkan luka dengan lebih cepat sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan menurut penelitian, kekurangan zinc dapat memperlambat proses penyembuhan dan jaringan baru menjadi kurang kuat.

5. Daging dan Telur


Daging dan Telur
pexels.com/Christopher Alonzo

Kolagen merupakan jenis protein yang berperan sebagai zat vital dalam proses penyembuhan luka. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti daging dan telur yang dapat memperbaiki kerusakan otot dengan meregenerasi jaringan dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, telur dan daging juga mengandung zat besi, seng dan glutamin yang sangat berperan dalam pembentukan jaringan-jaringan baru. Bahkan, telur juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar dapat melawan infeksi saat terluka.

6. Buah Beri


Buah Beri
pexels.com/Public Domain Picture

Buah beri memiliki banyak sekali nutrisi yang dapat membantu proses pemulihan saat tubuh sedang terluka. Utamanya, buah ini kaya akan vitamin C yang dapat mempercepat penyembuhan luka dengan merangsang produksi kolagen serta membangun kembali jaringan yang rusak karena luka.

Selain itu, buah-buahan beri juga mengandung antioksidan seperti antosianin yang dapat memberikan efek anti inflamasi, antivirus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mendapatkan sejumlah manfaat tersebut, luka di tubuh akan lebih cepat sembuh dan risiko terserang bakteri penyakit lain dapat diminimalisir.

7. Ubi Jalar


Ubi Jalar
pexels.com/Ela Haney

Makanan terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah ubi jalar. Karbohidrat yang ada di dalamnya menyediakan energi yang dibutuhkan sel untuk penyembuhan. Sedangkan kandungan enzim seperti hexokinase dan sitrat sintase-nya dapat membantu dalam perbaikan bagian yang terluka. Selain itu, ubi jalar juga memiliki sifat anti inflamasi, vitamin, mineral, karotenoid serta mangan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan sekaligus membantu tubuh untuk pulih lebih cepat.

Demikian tujuh makanan sehat yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele yang bisa merusak otak.

You can share this post!

Related Posts