Sri Mulyani Cerita Masa Kecil: Tak Pernah Juara Kelas Hingga 'Tanpa Sengaja' Ambil Jurusan Ekonomi
Instagram/smindrawati
Nasional

Kendati demikian, hal ini tidak lantas membuat Menkeu Sri Mulyani larut dalam suasana. Ia yakin jika setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing.

WowKeren - Menteri Keuangan Sri Mulyani berbagi cerita mengenai perjalanan hidupnya. Saat masih duduk di bangku sekolah, ia bercerita tidak pernah menjadi juara kelas.

"Kebetulan kakak-kakak saya sama adik saya itu pintar banget," kata Bendahara Negara dalam webinar, Minggu (20/12). "Di sekolah itu juara kelas. Saya nggak pernah juara kelas waktu SD."

Tak pelak hal ini pun sempat membuat dirinya berkecil hati. Kendati demikian, hal ini tidak membuatnya larut dalam suasana. Ia yakin jika setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Begitu pula dengan kakak-kakaknya, meskipun dibesarkan dalam keluarga yang sama namun karakter setiap orang berbeda.

Ia mencontohkan dirinya yang cenderung lebih senang dengan aktivitas luar ruangan alias outdoor. Bahkan dia sudah bisa mengendarai motor di saat kakak-kakaknya belum bisa.


"Orang tua saya punya vespa saya pinjam terus saya belajar saja naik vespa, padahal badan saya masih kurus kecil, sama motornya itu lebih berat motornya dua kali lipat," kata dia melanjutkan. "Tapi saya suka outdoor, saya suka kegiatan naik gunung, saya suka camping waktu kecil. Kakak saya relatif mungkin nggak, lebih kutu buku barangkali kalau bisa dikatakan."

Ia juga menceritakan ketika dirinya memilih jurusan kuliah. Saat akan kuliah, ia justru tanpa sengaja memilih jurusan ekonomi. Padahal, kakak-kakaknya waktu itu memilih jurusan ilmu pengetahuan alam.

"Waktu saya mahasiswa, semua kakak saya jurusannya IPA. Kalau sekarang disebutnya Sains," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut. "Jadi mereka menjadi dokter atau jadi insinyur kakak-kakak saya. Saya tiba-tiba ngambil (jurusan) ekonomi sendiri."

Tak hanya itu, ia sendiri bahkan tak tahu menahu soal jurusan yang dipilihnya itu. Namun demikian, ia berusaha tetap meyakinkan kedua orang tuanya.

"Saya pun juga nggak cukup tahu untuk menjelaskan ekonomi apa, tapi saya bilang pokoknya saya mau berbeda saja," paparnya melanjutkan. "Saya nggak mau ngambil dokter, saya nggak pengin jadi insinyur, aku kepengin masuk jurusan yang sosial."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait