Kaleidoskop 2020: BTS Cetak Sejarah di Billboard Hingga Debut Girl Grup SM aespa
Selebriti
Kaleidoskop 2020

Paruh kedua 2020 dibuka oleh berita cukup menghebohkan tentang bullying di dalam girl grup. Namun akhir tahun juga diwarnai sejumlah berita bahagia dari industri musik K-Pop.

WowKeren - Menjelang tutup tahun, WowKeren merangkum peristiwa menghebohkan yang terjadi di dunia hiburan Korea Selatan sepanjang 2020. Paruh pertama tahun diwarnai beragam kejadian kebanyakan berkaitan dengan pandemi COVID-19. Juli hingga Desember masih tentang COVID-19.

Paruh kedua 2020 dibuka oleh berita cukup menghebohkan tentang bullying di dalam girl grup. Namun akhir tahun juga diwarnai sejumlah berita bahagia dari industri musik K-Pop di mana BTS (Bangtan Boys) mencetak sejarah di tangga Billboard Hot 100 serta debut girl grup baru SM Entertainment aespa.

Tak perlu berlama-lama, yuk intip kejadian heboh apa saja yang mewarnai industri hiburan Korea selama paruh kedua 2020.

(wk/chus)

1. Juli: Konflik Kwon Mina dan Jimin eks AOA


Juli: Konflik Kwon Mina dan Jimin eks AOA

Kwon Mina mengejutkan publik dengan membagikan serangkaian postingan di mana ia menulis bahwa ia telah dibully oleh mantan membernya Jimin selama beberapa tahun. Jimin melanjutkan untuk membagikan permintaan maaf tertulis, yang ditanggapi Mina. Jimin kemudian meninggalkan grup.

Sejak itu, Mina berbicara tentang hubungannya dengan member AOA lainnya dan rasa frustrasinya yang terus berlanjut saat ia mencoba menerima permintaan maaf yang tulus dari member AOA dan FNC Entertainment.

Pada awal Agustus, Mina memposting di Instagram foto pergelangan tangannya yang terluka dan pesan yang mengkhawatirkan. Setelah itu, Woori Actors berbagi bahwa Mina dirawat di rumah sakit. Mina menulis permintaan maaf setelah keluar dari rumah sakit dan menghapus akun Instagram-nya. Namun sekarang ia mulai aktif di industri lagi.

2. Agustus: Industri K-Drama Terdampak COVID-19


Agustus: Industri K-Drama Terdampak COVID-19

Industri K-Drama terdampak pandemi COVID-19 selama Agustus. Salah satu aktor pendukung drama KBS "Men Are Men", Seo Sung Jong , positif terjangkit virus tersebut membuat proses syuting dihentikan.

Menyusul berhentinya syuting "Men are Men" ini, drama KBS lainnya "Do Do Sol Sol La La Sol" juga menghentikan syuting. Aktor Heo Dong Won yang berperan di drama Go Ara dan Lee Jae Wook itu juga dikonfirmasi positif setelah berkontak dengan Seo Sung Jong.

Drama tvN "Start Up" juga terdampak setelah Seo Yi Sook pemain "Do Do Sol Sol La La Sol" mengunjungi lokasi syuting drama tesebut saat Heo Dong Won positif COVID-19. Karena itulah tim produksi "Start Up" memutuskan untuk langsung menunda proses syuting drama yang dibintangi oleh Nam Joo Hyuk dan Suzy tersebut.

JTBC di sisi lain juga menunda proses syuting sederet drama mulai dari "Private Life", "Run On" hingga "More Than Friends" karena aktor dan staf yang terungkap pernah kontak fisik dengan pasien COVID-19.

3. September: BTS Cetak Sejarah di Billboard


September: BTS Cetak Sejarah di Billboard

Single baru BTS (Bangtan Boys) "Dynamite" membuat debut yang luar biasa di Billboard Hot 100. Single tersebut mengambil posisi teratas, mencetak sejarah dengan menjadikan grup sebagai musisi Korea pertama yang merajai tangga lagu bergengsi tersebut.

Billboard telah mengumumkan 10 teratas di Hot 100 untuk minggu yang berakhir pada 5 September, dengan tangga lagu yang memeringkat lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat di semua genre berdasarkan streaming, pemutaran radio, dan data penjualan.

"Dynamite" yang merupakan lagu berbahasa Inggris baru BTS telah memasuki tangga lagu di peringkat pertama. Ini adalah peringkat tertinggi di tangga lagu yang diraih oleh grup yang beranggotakan semua orang Korea.

"Dynamite" memiliki peringkat lebih tinggi dari "Gangnam Style" milik PSY yang mencapai posisi 2 pada 2012. Kyu Sakamoto kelahiran Jepang adalah artis Asia pertama yang menduduki peringkat 1 di tangga lagu dengan "Sukiyaki" selama tiga minggu di 1963. Billboard mencatat bahwa Far*East Movement menduduki puncak Hot 100 selama tiga minggu pada 2010 dengan "Like a G6," dan grup tersebut memiliki dua member keturunan Korea pada saat itu.

4. Oktober: Kontroversi Perilaku Irene Red Velvet


Oktober: Kontroversi Perilaku Irene Red Velvet

Kontroversi perilaku buruk Irene Red Velvet berawal ketika editor Kang Kook Hwa mengunggah postingan tentang bagaimana ia disakiti oleh seorang selebriti. Banyak netizen berspekulasi bahwa orang yang dimaksud adalah Irene karena tagar "Monster" dan "Psycho".

Irene secara pribadi mengakui bahwa ia adalah idol yang dimaksud oleh editor Kang Kook Hwa dalam postingannya. Penyanyi kelahiran 1991 tersebut mengunggah postingan di Instagram untuk meminta maaf.

Bersama permintaan maaf Irene, SM Entertainment selaku agensinya juga turut merilis pernyataan resmi. Mereka memberitahukan bahwa Irene telah bertemu secara pribadi dengan editor Kang Kook Hwa untuk meminta maaf.

Artis SM lainnya, Chanyeol EXO terlibat dalam kontroversi ketika sebuah postingan yang diklaim ditulis oleh mantan pacarnya muncul di situs komunitas. Postingan tersebut menuduhnya diduga selingkuh selama 3 tahun.

SM Entertainment mengungkapkan bahwa mereka menolak untuk membuat pernyataan apa pun terkait postingan tersebut. Agensi tersebut mengungkapkan bahwa postingan tersebut adalah masalah kehidupan pribadi keduanya.

Berita duka juga mewarnai November di mana Park Ji Sun ditemukan meninggal dunia di rumahnya di kawasan Mapo-gu. Komedian yang selama ini kerap memandu berbagai event idol seperti fan meeting dan showcase itu ditemukan meninggal dunia bersama sang ibu.

5. November: Debut Girl Grup Baru SM aespa


November: Debut Girl Grup Baru SM aespa

SM Entertainment mendebutkan girl grup baru mereka aespa dengan lagu bertajuk "Black Mamba" pada 17 November. Girl grup tersebut beranggotakan empat member yaitu Winter, Karina, Ningning dan Giselle.

Debut aespa menuai prestasi membanggakan di YouTube. Video musik debut aespa dilaporkan telah mencapai 10 juta viewers di YouTube. Hal ini menjadikannya sebagai video musik tercepat yang menuai 10 juta viewers. Video musik "Black Mamba" mencapai rekor ini hanya dalam 9 jam sejak dirilis.

Sebagai girl grup pertama yang didebutkan SM sejak Red Velvet, aespa mengusung konsep di mana masing-masing member memiliki avatar dari diri mereka. Nantinya selain menjalani kegiatan promosi secara offline, aespa juga akan berpromosi secara online yang akan dijalani oleh avatar mereka.

Selain debut aespa, November diwarnai torehan sejarah BTS yang menjadi salah satu nominasi Grammy Awards 2021. Single hit mereka "Dynamite" dinominasikan untuk Best Pop Duo/Group Performance bersama "Un Dia (One Day)" J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny dan Tainy, "Intentions" Justin Bieber (menampilkan Quavo), "Rain on Me" Lady Gaga dan Ariana Grande, dan "Exile" Taylor Swift (menampilkan Bon Iver).

6. Desember: Rumor Kencan Tae Yeon SNSD dan Ravi VIXX


Desember: Rumor Kencan Tae Yeon SNSD dan Ravi VIXX

Akhir tahun diwarnai rumor kencan Tae Yeon Girls' Generation dan Ravi VIXX. Outlet media Joy News melaporkan bahwa keduanya telah berpacaran selama lebih dari setahun. Setelah laporan dirilis, SM Entertainment membantah rumor tersebut dan menyatakan bahwa mereka hanyalah teman dekat.

Namun media mengutip pernyataan seorang kenalan Ravi dan merilis artikel lain yang menyatakan bahwa mereka memang berpacaran. Agensi Ravi, GROOVL1N menyatakan mereka hanya berteman, mengakhiri rumor tersebut.

Di sisi lain, reporter yang pertama kali memberitakan rumor kencan Tae Yeon dan Ravi menyatakan bahwa keduanya memang pacaran. Menurut reporter bernama Lee Ye Ji itu, keduanya menghabiskan waktu bersama selama tiga hari dua malam pada 25 hingga 27 Desember.

Buntut rumor kencan, agensi Ravi mengumumkan bahwa penyanyi tersebut membatalkan semua jadwalnya untuk sementara waktu. SM Entertainment di sisi lain telah mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum atas nama Tae Yeon.

Selain rumor kencan Tae Yeon dan Ravi, Desember juga diwarnai ajang penghargaan serta festival musik tahun. Namun tahun ini kebanyakan acara tidak digelar secara normal karena harus mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

You can share this post!

Related Posts