Birthday Spotlight: Happy Rose Day
Selebriti

Rose berulang tahun ke-24 pada 11 Februari. Untuk merayakannya, WowKeren akan mengulas tuntas karier idol cantik kelahiran 1997 tersebut melalui rubrik Birthday Spotlight.

WowKeren - Rose BLACKPINK (Black Pink) berulang tahun ke-24 (25 menurut perhitungan Korea) pada 11 Februari. Untuk merayakannya, WowKeren akan mengulas tuntas karier idol cantik kelahiran 1997 tersebut melalui rubrik Birthday Spotlight.

Rose atau Roseanne Park lahir dengan nama Korea Park Chaeyoung di Selandia Baru dan dibesarkan di Australia. Ia bergabung dengan YG Entertainment setelah audisi pada 2012. Setelah berlatih selama empat tahun, ia akhirnya debut sebagai vokalis BLACKPINK pada Agustus 2016.

Rose dikenal karena suaranya yang unik, visual cantik, postur ideal dan bakat melimpah. Ia juga memiliki kepribadian yang sangat menyenangkan. Tak perlu berlama-lama, yuk intip seperti apa perjalanan karier Rose BLACKPINK mulai pra debut hingga kini.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Rose lahir di Auckland, Selandia Baru, dari orangtua imigran Korea Selatan. Ia memiliki seorang kakak perempuan. Pada 2004, tepatnya ketika ia berusia tujuh tahun, Rose dan keluarganya pindah ke Melbourne, Australia.

Rose bersekolah di Sekolah Dasar Kew East lulus pada 2009 dan melanjutkan ke Canterbury Girls' Secondary College di Melbourne untuk sekolah menengahnya. Ia mulai bernyanyi dan belajar bermain gitar dan piano sebagai seorang anak dan tampil di paduan suara gereja.

Pada 2012, Rose yang berusia 16 tahun menghadiri audisi di Australia untuk YG Entertainment atas saran ayahnya dan menduduki peringkat pertama di antara 700 peserta. Dalam dua bulan, ia putus sekolah, menandatangani kontrak dengan label tersebut dan pindah ke Seoul.

Rose awalnya mengira ide ayahnya adalah lelucon karena jarak dan kesulitan menjadi penyanyi di luar negeri, menyatakan, "Di Australia, aku tidak berpikir ada banyak kesempatan bagiku untuk menjadi bintang K-pop. Aku tinggal sangat jauh dari Korea sehingga tidak pernah terpikir olehku sebagai kemungkinan."

Pada tahun yang sama, Rose diberi kesempatan untuk tampil di lagu G-Dragon "Without You". Namanya tidak dipublikasikan pada saat rilis dengan kreditnya terungkap setelah pengumumannya sebagai member BLACKPINK. Lagu ini memuncak di nomor sepuluh di Gaon Music Chart Korea Selatan dan di nomor 15 di Billboard Korea K-pop Hot 100.

2. Debut


Debut

BLACKPINK mulai terbentuk ketika YG Entertainment mengadakan uji coba di seluruh dunia untuk praremaja atau rekrutan remaja untuk membuat grup wanita baru setelah 2NE1. Rose membandingka kompetisi tersebut dengan "The X Factor" versi dengan kamar asrama. Sebagai member yang hidup di luar Korea Selatan, kecepatan pelatihan bersamaan dengan kejutan budaya sangatlah sulit.

Rose adalah member terakhir yang diumumkan pada 22 Juni 2016. Ia menempati peringkat pertama di antara 700 pelamar dalam audisi YG Entertainment 2012 di Australia. Menurut YG, BLACKPINK berarti "cantik bukanlah segalanya" dan melambangkan bahwa "mereka adalah tim yang tidak hanya mencakup keindahan, tapi juga bakat yang hebat."

BLACKPINK memulai debutnya pada Agustus 2016 merilis "Square One" dengan dua lagu utama "Whistle" dan "Boombayah". Dua lagu tersebut menduduki nomor satu dan dua di tangga lagu Penjualan Lagu Digital Dunia Billboard, menjadikan mereka sebagai artis tercepat untuk mencapai hal itu dan artis Korea ketiga yang memegang dua posisi teratas secara bersamaan, setelah Psy dan BIG BANG.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Penampilan musik pertama BLACKPINK ditayangkan pada 14 Agustus 2016 di SBS "Inkigayo". Pada 21 Agustus, Rose dan kawan-kawan memenangkan trofi pertama mereka dengan "Whistle" dalam waktu kurang dari dua minggu sejak debut. Ini menempatkan mereka di urutan teratas daftar sebagai girl grup tercepat yang menang pertama kali dalam musik menunjukkan.

BLACKPINK mengalahkan senior dan mantan pemegang rekor mereka, miss A, yang memenangkannya dalam 22 hari. Setelah membuat rekor baru dan mengklaim trofi pertama mereka, mereka berterima kasih kepada Yang Hyun Suk, serta kepala produser mereka, Teddy yang memimpin produksi "Whistle" dan "Boombayah".

"Whistle" telah menempati slot pertama di delapan situs streaming musik paling populer di Korea Selatan termasuk MelOn, Monkey3, Olleh Music, Naver Music, Bugs, Mnet, Soribada, dan Genie, yang telah membantu meningkatkan skor dalam mengarah ke Inkigayo menang.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Rose tampil di berbagai program siaran seperti acara musik "King of Mask Singer" dan "Fantastic Duo 2". Penampilan vokalnya di "King of Mask Singer" disambut dengan sambutan hangat dari penonton. Saat itu ia membawakan "If it's You" lagu tema drama "Another Miss Oh" yang dinyanyikan Jung Seung Hwan.

Pada 2020, Rose dinobatkan sebagai duta global untuk Yves Saint Laurent oleh Anthony Vaccarello, menjadi duta global pertama dalam 59 tahun. Ia adalah wajah global untuk kampanye Musim Gugur 2020 Saint Laurent. Pada 2021, Rose menjadi inspirasi bagi merek kosmetik mewah Yves Saint Laurent Beaute.

Pada 26 Januari 2021, YG Entertainment merilis teaser promosi debut solo Rose dan mengumumkan bahwa ia akan segera debut solo. Lagu solonya berjudul "Gone" telah ditampilkan dan mendapat umpan balik positif dari situs berita Korea Naver.

5. Kontroversi


Kontroversi

Rose tidak pernah secara langsung terlibat kontroversi. Namun aktivitas media sosialnya serta sang ayah sempat memicu spekulasi tentang perlakuan tidak adil YG Entertainment.

Kembali pada 2019, tagar #StayStrongRose atau #TetapKuatRose mendadak menjadi Trending Topik di Twitter sedunia. Tagar ini dipicu oleh cuitan-cuitan protes dari para penggemar BLACKPINK setelah Rose menyukai dan meninggalkan komentar pada postingan Instagram.

Penggemar mendapati Rose menyukai sebuah tulisan yang mengatakan bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan, kebohongan diyakini sehingga kau hanya dapat mempercayai dirimu sendiri, dan bahwa hal-hal baik mungkin tidak terwujud, tapi hal-hal yang lebih baik mungkin terjadi di masa depan.

Seorang penggemar Rose kemudian memposting di akun Instagram-nya berupa daftar semua kegiatan solo member-member BLACKPINK selama 2019. Namun pemilik nama Park Chaeyoung itu tidak memiliki satu pun kegiatan solo.

Lebih buruk lagi, ayah Rose, Mason Park kedapatan menyukai postingan tersebut. Ini membuat penggemar berpikir bahwa sang ayah tahu bahwa putrinya tidak menerima perlakuan yang sama seperti member lainnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Rose bersama BLACKPINK baru-baru ini sukses mengadakan konser online "The Show" melalui saluran YouTube resmi mereka. Grup besutan YG Entertainment tersebut menampilkan banyak lagu hit serta lagu dari album studio pertama mereka "THE ALBUM" yang dirilis tahun lalu.

Rose dipastikan akan debut solo tahun ini. Ia telah menampilkan "Gone" yang merupakan salah satu lagu barunya dalam album debut solonya mendatang. Kabarnya debut solo Rose akan dirlis Maret mendatang.

Selama siaran V Live terbarunya, Rose mengungkapkan bahwa ia memiliki pemikiran untuk membuka saluran YouTube pribadi. Dirinya berbagi bahwa ia sedang berpikir untuk membukanya setelah debut solo.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru