Sehat dan Bugar, 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Aktivitas Berjalan Jadi Lebih Menyenangkan
Unsplash/Claudio Schwarz
Health

Berjalan kaki setiap pagi dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan memperkuat jantung. Namun ada kalanya, aktivitas ini jika dilakukan terus-menerus bisa memicu rasa bosan.

WowKeren - Berjalan kaki merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh tetap bugar. Selain itu, aktivitas olahraga yang satu ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja tanpa membutuhkan peralatan apa pun. Dengan menyempatkan waktu di pagi hari untuk berjalan kaki secara rutin, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

Dengan berjalan kaki setiap pagi, dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan memperkuat jantung. Namun ada kalanya, aktivitas yang satu ini jika dilakukan terus-menerus bisa memicu rasa bosan. Sama seperti makan hal yang sama setiap hari bisa menjadi hal membosankan, begitu pula melakukan satu jenis olahraga. Untuk itu, kamu perlu menghadirkan perubahan kecil untuk membuatnya berbeda. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan.

(wk/zodi)

1. Ambil Rute Berbeda


Ambil Rute Berbeda
Unsplash/Arek Adeoye

Pemandangan sama yang kamu lihat sehari-hari tentu bisa memicu rasa bosan saat berjalan di pagi hari. Oleh sebab itu, hadirkan perubahan dengan mengambil rute yang berbeda. Akan lebih baik jika rute yang kamu ambil lebih jauh, sehingga kamu bisa berjalan lebih lama.

Namun ingat, untuk opsi yang satu ini pastikan kamu tidak terburu-buru berangkat ke kantor. Jika memang kamu tidak memiliki cukup waktu, cobalah untuk bangun lebih pagi. Dengan begitu, kamu tidak akan terlambat pergi ke kantor. Selain itu dengan mengambil rute baru di sekitar kompleks perumahan, bisa membuka peluang untuk berinteraksi dengan orang baru.

2. Ajak Teman untuk Bergabung


Ajak Teman untuk Bergabung
Unsplash/Levi Guzman

Bisa jadi, kamu merasa bosan saat berjalan kaki di pagi hari karena merasa kesepian. Jika memang ini masalahnya, maka tak ada salahnya mengajak saudara atau teman untuk melakukan aktivitas jalan pagi bersama. Mengobrol bersama bisa membuat rute berjalan terasa lebih dekat.

Selain itu, mengobrol bersama bisa jadi bisa membantu menurunkan stres. Salah satu studi menunjukkan jika orang dewasa yang lebih tua, yang berolahraga dengan kelompok mampu meningkatkan atau mempertahankan kesehatan fungsional mereka dan lebih menikmati hidup. Hal ini juga bisa meningkatkan hubungan pertemanan antara kamu dan temanmu.

3. Gunakan Earphone untuk Meditasi


Gunakan Earphone untuk Meditasi
Unsplash/Jaz King

Menurut Survei Wawancara Kesehatan Nasional 2017, yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, meditasi tengah menjadi tren yang mulai banyak dilakukan dan tentu saja untuk alasan yang baik. Para peneliti menilai bahwa praktik relaksasi pikiran dan tubuh dapat mengurangi inflamasi, mengatur ritme sirkadian, dan metabolisme glukosa, serta menurunkan tekanan darah.

John Paul H. Rue, seorang dokter medis olahraga di Mercy Medical Center di Baltimore mengatakan jika segala bentuk olahraga bisa menjadi upaya meditasi, bahkan berjalan kaki. Hal ini didukung dengan tempat yang kamu lalui, baik itu berupa taman hijau, jalan setapak, maupun dengan memblokir dunia luar dengan memasang earphone untuk mendengarkan podcast kesehatan.

4. Lakukan Aktivitas Berjalan Fartlek


Lakukan Aktivitas Berjalan Fartlek
Unsplash/Gervyn Louis

Berasal dari bahasa Swedia, fartlek merupakan bentuk latihan dengan mengombinasikan berbagai kecepatan. Fartlek banyak diterapkan untuk olahraga lari. Untuk melakukan jalan fartlek, cobalah berjalan dengan kecepatan yang ditingkatkan selama 3 menit, perlambat selama 2 menit, dan ulangi lagi.

5. Tambah Kecepatan Langkah Secara Bertahap


Tambah Kecepatan Langkah Secara Bertahap
Unsplash/Fitsum Admasu

Jika kamu belum terbiasa dengan olahraga ini, mungkin saat awal memulainya akan terasa berat. Untuk itu, mulailah dengan langkah yang ringan. Namun seiring berjalannya waktu, tambah kecepatan berjalanmu. Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan jika berjalan lebih cepat berkaitan dengan risiko penyakit paru obstruktif kronik dan penyakit pernapasan yang lebih rendah.

Misalnya, mulailah dengan berjalan cepat selama sekitar 10 menit per hari. Lakukan selama 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Kemudian secara bertahap tambah durasi waktunya setelah beberapa minggu, hingga menjadi 30 menit per hari.

6. Manfaatkan Anak Tangga


Manfaatkan Anak Tangga
Unsplash/Lindsay Henwood

Jika di kantormu terdapat anak tangga darurat untuk menuju ke lantai atas, manfaatkan hal ini. Meskipun kamu bisa memakai lift, namun tak ada salahnya kamu berjalan untuk bisa sampai ke atas. Lakukan secara selang-seling. Datanglah lebih pagi agar kamu tidak terlambat.

Memilih berjalan melalui tangga darurat di setiap lantai gedung untuk menuju ruangan kantormu memungkinkan tubuhmu untuk membuat lebih banyak gerakan. Ini juga cara untuk meningkatkan langkah maupun staminamu. Saat awal-awal mungkin kamu akan merasa kehabisan tenaga namun seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa.

7. Lakukan Sambil Membawa Beban di Tangan


Lakukan Sambil Membawa Beban di Tangan
Unsplash/Kelly Sikkema

Latihan kardio sambil menambah kekuatan bisa kamu lakukan dengan menambah beban di tangan saat berjalan. Namun perlu diperhatikan, disarankan untuk berhati-hati karena membawa dumbbell di tangan saat berjalan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan cedera. Jadi sesuaikan porsinya, ya.

Selain merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan kapan saja, berjalan kaki juga bisa mendatangkan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk mengetahui manfaat lainnya, kamu bisa menyimaknya pada artikel ini.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tubuh tetap bugar. Tak harus melakukan aktivitas fisik yang berat, kegiatan sederhana tertentu bisa kamu jadikan alternatif sebagai latihan fisik. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa menyimaknya di sini.

You can share this post!

Related Posts