Dipenuhi Lava Hingga Roh Jahat, 8 Tempat di Dunia Ini  Dijuluki 'Gerbang Neraka'
commons.wikimedia.org/flydime
Travel

Pemberian nama 'gerbang neraka' erat berkaitan dengan legenda yang dipercaya masyarakat setempat. Tak melulu berupa lahar, bahkan beberapa di antaranya berupa lanskap memukau.

WowKeren - Penjelajahan ke tempat-tempat baru di permukaan bumi, tak harus pergi ke tempat-tempat dengan pemandangan cantik seperti pantai atau danau dengan air yang biru kehijauan. Masing-masing tempat di bumi memiliki bentang alam yang berbeda.

Hal ini membuat ada kalanya pemandangan yang memukau di satu tempat tidak bisa dijumpai di tempat lainnya, termasuk sejumlah tempat yang dijuluki sebagai "gerbang neraka". Julukan ini memang terdengar mengerikan, namun tentu saja bukan tanpa alasan.

Julukan tersebut mengacu pada legenda masyarakat sekitar. Tidak jarang, lokasi Gerbang Neraka yang dimaksud justru berupa lanskap indah yang menakjubkan. Berikut beberapa di antaranya.

(wk/zodi)

1. Kawah Gas Darvaza, Turkmenistan


Kawah Gas Darvaza, Turkmenistan
commons.wikimedia.org/Tormod Sandtorv

Kawah ini terletak di tengah Gurun Karakum, yang sekilas jika dilihat memang seakan sesuai dengan julukannya. Tempat ini merupakan sebuah ladang gas alam yang terletak di Derweze, Turkmenistan, yang runtuh dan menjadi lubang besar sehingga membuatnya menjadi kawah gas alam.

Namun sebetulnya, para ahli geologi memang sengaja membakarnya untuk mencegah penyebaran gas metana sejak tahun 1971. Namun kemudian lubang ini terus menyala hingga membesar mencapai diameter sepanjang 69 meter dan kedalaman hingga 30 meter. Lokasi ini telah menjadi destinasi wisata yang populer.

2. Bukit Waipio, Hawaii


Bukit Waipio, Hawaii
commons.wikimedia.org/Paul Hirst

Sekilas, Bukit Waipio merupakan sebuah tempat di Hawaii yang menawarkan lanskap menakjubkan. Sebuah pantai yang indah dengan air terjun dan pasir hitamnya. Namun siapa sangka jika tempat seindah ini dijuluki sebagai Gerbang Neraka.

Menurut cerita rakyat Hawaii, gerbang menuju "dunia bawah", Lua-o-Milu, terletak di sini. Gerbang ini tersembunyi di balik pasir. Menurut legenda setempat, jiwa mereka yang sudah meninggal dapat memasuki land of dead di Hawaii dengan melompat dari salah satu tebing laut.

3. Hellam Township, Pennsylvania


Hellam Township, Pennsylvania
commons.wikimedia.org/Nicholas

Di Pennsylvania, terdapat sebuah kota kecil yang bernama Hellam. Hellam dikenal dengan legenda urban yang mengatakan bahwa kota itu merupakan lokasi Tujuh Gerbang Neraka yang sebenarnya. Ya, sebanyak tujuh Gerbang Neraka dalam satu kota.

Legenda ini memiliki dua versi. Versi pertama melibatkan rumah sakit jiwa yang terbakar dan yang lainnya seorang dokter eksentrik. Keduanya sama-sama menyebutkan adanya Tujuh Gerbang Neraka di daerah hutan yang ada di Hellam Township. Siapa pun yang melewati area tersebut dipercaya akan langsung menuju ke neraka.

4. Fengdu, Tiongkok


Fengdu, Tiongkok
commons.wikimedia.org/Jpbowen

Dalam tradisi Tao, Fengdu memiliki sejarah panjang yang dikenal sebagai portal menuju neraka. Di Gunung Ming terdapat sebuah tempat yang disebut Kota Hantu Fengdu. Daerah itu dianggap sebagai "kota hantu" selama dinasti Han Timur ketika dua penganut Tao mencapai keabadian di Gunung Ming melalui kultivasi diri.

Di waktu yang sama, orang-orang mulai percaya bahwa Raja Neraka telah tinggal di Fengdu. Sementara itu, di Gunung Ming sendiri terdapat Jembatan Naihe, yang dipercaya sebagai penghubung antara dunia ini dengan Dunia Bawah.

5. Hekla, Islandia


Hekla, Islandia
ALAMY

Hekla mengacu pada sebuah gunung berapi yang terletak di bagian selatan Islandia. Gunung setinggi 1491 meter ini merupakan salah satu yang paling aktif di negara tersebut, dan menjadi salah satu gunung yang memproduksi lava tersebar di dunia. Bahkan lebih dari 20 letusan telah terjadi sejak tahun 874.

Tak heran jika orang-orang zaman pertengahan menyebutnya sebagai "gerbang menuju neraka". Alasan lain gunung ini disebut sebagai Gerbang Neraka adalah karena rumor dari biksu lokal selama bertahun-tahun, yang menyebut Hekla sebagai "neraka" dan "penjara Yudas." Terlepas dari legenda itu, Hekla adalah gunung berapi, yang pada dasarnya adalah versi neraka yang lebih kecil.

6. Gunung Osore, Jepang


Gunung Osore, Jepang
commons.wikimedia.org/Daderot

Di Asia Timur selain di Tiongkok, Gerbang Neraka juga dipercaya berada di Jepang. Konon, Gerbang Neraka yang dimaksud terletak di dalam Mount Osore, sebuah gunung di utara Jepang yang dikenal karena mengeluarkan sulfur dioksida. Tak heran mengapa gunung ini disebut osore yang dalam bahasa Jepang berarti "ketakutan".

Di sekitar gunung ini juga terdapat Danau Usori yang menurut legenda dipercaya sebagai Sungai Sanzu. Sungai Sanzu merupakan sungai yang harus diseberangi oleh para arwah orang meninggal sebelum mencapai akhirat.

7. Stull, Kansas


Stull, Kansas
commons.wikimedia.org/Gatsbydog3

Stull merupakan sebuah daerah yang terletak di Douglas County Kansas dan didirikan pada tahun 1857. Stull adalah wilayah lepas yang bukan merupakan bagian dari kabupaten atau kota dari suatu negara. Wilayah ini menjadi terkenal sejak tahun 1970-an berkat legenda yang menyertainya.

Banyak yang percaya bahwa Gerbang Neraka ada di area tersebut. Julukan ini mengacu pada Pemakaman Stull yang ada di dekatnya, yang dipercaya telah dirasuki kekuatan setan. Legenda ini telah menjadi bagian dari budaya populer Amerika dan telah dirujuk di berbagai media.

8. Taman Nasional Gerbang Neraka, Kenya


Taman Nasional Gerbang Neraka, Kenya
commons.wikimedia.org/Ninara

Pemberian julukan "gerbang neraka" benar-benar tercermin dalam namanya. Pintu masuk ke neraka, yang juga merupakan sebuah taman nasional ini, merupakan tempat terjadinya aktivitas panas bumi yang sangat ekstrem. Di sini terdapat gunung berapi dengan gumpalan uap panas dari dalam bumi yang mengepul.

Terletak di barat laut Nairobi, Kenya, taman nasional ini tak hanya memiliki pemandangan yang memukau tetapi juga memiliki keanekaragaman satwa liar. Di taman nasional ini juga terdapat tiga pembangkit listrik tenaga panas bumi di Olkaria. Di sini juga terdapat Pusat Kebudayaan suku Maasai.

Selain Gerbang Neraka, masih ada banyak tempat lain di dunia yang menakjubkan, tentu saja dengan lanskap yang indah. Seperti yang bisa kamu simak di artikel ini. Bagi kamu yang tertarik dengan pemandangan bak negeri dongeng, bisa mengeceknya di sini.

You can share this post!

Related Posts