Pangeran Philip Berpulang, Begini Persiapan Kerajaan Inggris Bila Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia
Instagram/theroyalfamily
Dunia

Serangkaian persiapan telah direncanakan dengan matang bila Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia. Pihak kerajaan Inggris mengatakan akan ada sebuah kode rahasia bila Ratu meninggal, apa?

WowKeren - Kerajaan Inggris tengah berduka atas kepergian Pangeran Philip pada Jumat (9/4). Seluruh pemimpin dunia juga turut berduka dan menyampaikan pesan berbelasungkawa mereka kepada anggota kerajaan Inggris.

Istana Buckingham sendiri lah yang mengabarkan berita kematian Pangeran Philip. "Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," bunyi pernyataan kerajaan Inggris.

Guardian baru-baru ini pun membagikan sejumlah info persiapan yang akan dilakukan pihak kerajaan Inggris bila Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Bila sang Ratu meninggal dunia, pihak kerajaan dilaporkan akan memberikan sebuah kode rahasia kepada Perdana Menteri Inggris yang sedang menjabat saat itu.

Pihak kerajaan Inggris akan menghubungi Perdana Menteri menggunakan kode "Jembatan London Runtuh". Perdana Menteri kemudian akan segera mengetahui bila Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia. Tak lama setelah kabar itu diterima, Perdana Menteri pun akan mengerahkan anak buahnya untuk melakukan serangkaian acara yang dikenal sebagai Operasi Jembatan London.


Setelah kabar kematian Ratu diketahui, pemerintah Inggris pun akan segera meneruskan pesan tersebut kepada 36 negara lain yang berada di Eropa. Kemudian BBC sebagai stasiun TV yang telah ditunjuk pihak kerajaan Inggris akan segera mengumumkan kabar duka tersebut kepada seluruh rakyat. Rencana itu akan diterapkan apabila Ratu meninggal dunia dalam keadaan sakit di Istana.

Sementara itu, lampu biru akan berkedip di sejumlah stasiun radio sebagai penanda bahwa Ratu telah meninggal. Hal itu mengingatkan DJ dan penyiar radio untuk beralih ke berita meninggalnya Ratu dan mulai memainkan musik tanda berkabung.

Seluruh penyiar TV juga diharuskan untuk mengenakan pakaian serba hitam. Hal itu sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Ratu.

Sebelum dimakamkan, jenazah Ratu akan dibaringkan terlebih dahulu di Westminster Hall. Jenazah Ratu akan dibiarkan dahulu di sana selama 23 jam sebelum akhirnya akan dimakamkan. Serangkaian upacara pemakaman dan petinggi-petinggi negara akan mengantarkan peti mati Ratu ke tempat peristirahatan terakhirnya.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait