PM Inggris Tegaskan Ratu Elizabeth II Baik-Baik Saja Meski Disarankan Istirahat 2 Pekan
AFP
Dunia

PM Inggris Boris Johnson mengaku sudah sempat berkomunikasi dengan Ratu Elizabeth II. Menurutnya sang ratu tengah dalam kondisi yang baik meski kini tengah diminta beristirahat selama 2 pekan.

WowKeren - Ratu Elizabeth II diminta untuk menjalani masa istirahat selama setidaknya hingga dua pekan ke depan. Tim dokter masih mengizinkan Ratu Elizabeth II melakukan audiensi virtual ringan, namun tidak diperbolehkan melakukan kunjungan kerja apapun.

Dengan demikian, Ratu Elizabeth II pun tidak akan menghadiri KTT Cop26 di Glasgow pekan depan. Meski demikian, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menegaskan bahwa penguasa monarki terlama dan tertua tersebut dalam kondisi baik-baik saja.

"Saya baru saja berbicara dengan Yang Mulia dan beliau dalam keadaan yang baik," kata Johnson kepada Channel 4, Sabtu (30/10). PM Inggris tersebut memang dijadwalkan memberi laporan mingguan kepada Ratu Elizabeth II setiap hari Rabu.

"Beliau hanya mengikuti arahan dari dokternya untuk mendapat cukup waktu beristirahat, dan saya rasa itu adalah hal yang penting (untuk kesehatannya)," imbuh Johnson. "Saya rasa juga seluruh negeri kini mendoakan kesehatannya."


Belakangan isu kesehatan Ratu Elizabeth II memang terus menjadi sorotan publik. Sebab untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, Ratu Elizabeth II membatalkan kunjungan kerjanya dan diopname di rumah sakit untuk alasan medis yang tidak dispesifikasikan, meski dipastikan tidak terkait dengan COVID-19.

Pihak berwenang hanya menyebut bahwa ibunda Pangeran Charles tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan awal selama masa opname di rumah sakit. Dan kini Ratu Elizabeth II diminta untuk beristirahat lebih lama, sebagaimana turut dikonfirmasi oleh Istana Buckingham.

Istana Buckingham juga memastikan Ratu Elizabeth II tidak akan menghadiri Festival Peringatan Royal British Legion di Royal Albert Hall pada malam Minggu Peringatan (Remembrance Sunday) pada 13 November 2021. "Namun beliau tetap memiliki niat yang kuat untuk hadir dalam kebaktian nasional pada hari Minggu Peringatan, pada tanggal 14 November," ujar Istana Buckingham.

Sedangkan untuk keperluan KTT Cop26 yang berfokus pada isu iklim tersebut kemungkinan akan tetap dihadiri Ratu Elizabeth II dalam bentuk rekaman pidato. Beberapa anggota kerajaan seperti Pangeran William dan Kate Middleton akan hadir di KTT Cop26.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru